https://jurnal.radisi.or.id/index.php/JurnalKALANDRA/issue/feed KALANDRA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2024-03-22T19:38:29+07:00 Yulia Rizki Ramadhani contact@radisi.or.id Open Journal Systems Kalandra Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat https://jurnal.radisi.or.id/index.php/JurnalKALANDRA/article/view/383 Peningkatan Kompetensi Literasi Media Guru Sd Desa Situ Udik Cibungbulang Melalui Pelatihan Perancangan E-Game For Learning 2024-03-16T20:08:39+07:00 Zakirman gladyszaveria@gmail.com Siti Aisyah sitia@ecampus.ut.ac.id Widiasih widiasih@ecampus.ut.ac.id Suci Nurhayati suci.nurhayati@ecampus.ut.ac.id Sukma Wahyu Wijayanti sukmawahyu@ecampus.ut.ac.id Danang Budi Setyawan danang.setyawan@ecampus.ut.ac.id Dola Sucianan dola.suciana@ecampus.ut.ac.id Inas Sausan inas.sausan@ecampus.ut.ac.id Rima Yurina Nabila rimayurina@ecampus.ut.ac.id <p>Saat ini dunia Pendidikan menghadapi berbagai tantangan diantaranya tantangan literasi digital dan literasi media. Guru yang memiliki keterampilan literasi yang baik memiliki dampak yang signifikan pada pembelajaran siswa. Siswa SD mengalami perkembangan dari aspek kognitif, emosional, afektif, psikomotor dan social melalui kegiatan bermain dan belajar. Oleh karena itu dibutuhkan media yang mampu memenuhi kebutuhan perkembangan para siswa. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilakukan merupakan bagian dari program desa Binaan Universitas Terbuka. Tujuan dari kegiatan PKM ini untuk memberikan pelatihan perancangan e-game for learning untuk meningkatkan literasi media guru SD Desa Situ Udik Cibungbulang. Fokus pengembangan yang dilakukan adalah peningkatan kapasitas SDM guru-guru tingkat sekolah dasar sebanyak 18 orang untuk merancang elektonik game dalam pembelajaran. Peserta pelatihan dipilih berdasarkan kriteria dengan rincian diantaranya: tingkat pengalaman mengajar, keahlian teknologi, dan minat terhadap integrasi game dalam pembelajaran. Pelatihan daring dilaksanakan melalui platform MOOCs yang interaktif dan melalui zoom. Proses evaluasi dilakukan secara formatif dan sumatif. Peserta dinilai melalui tugas daring, partisipasi dalam sesi luring, dan proyek pengembangan game dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil kegiatan PKM dapat disimpulkan bahwa kegiatan pelatihan electronic-game dalam pembelajaran di sekolah tersebut dapat meningkatkan literasi media peserta pelatihan. Pelatihan dalam merancang electronic games memberikan kesempatan untuk meningkatkan keterampilan teknologi&nbsp; guru yang mencakup pemahaman tentang platform game, perangkat lunak desain game, dan penggunaan elemen-elemen teknologi dalam konteks pembelajaran.</p> 2024-03-22T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2024 Zakirman, Siti Aisyah, Widiasih, Suci Nurhayati, Sukma Wahyu Wijayanti, Danang Budi Setyawan, Dola Sucianan, Inas Sausan, Rima Yurina Nabila