MIND Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Budaya https://jurnal.radisi.or.id/index.php/JurnalMIND Mind Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Budaya id-ID Contact@radisi.or.id (Yulia Rizki Ramadhani) yuliadamanik44@gmail.com (Yulia Rizki Ramadhani) Fri, 12 Jan 2024 10:11:48 +0700 OJS 3.3.0.8 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Pengaruh Perkawinan Dini terhadap Pendidikan Anak: Studi Kasus di Desa Widodaren, Kecamatan Sinunukan, Kabupaten Mandailing Natal https://jurnal.radisi.or.id/index.php/JurnalMIND/article/view/381 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh perkawinan dini terhadap pendidikan anak di Desa Widodaren, Kecamatan Sinunukan, Kabupaten Mandailing Natal. Dengan latar belakang prevalensi perkawinan dini di desa tersebut, penelitian ini mengkaji dampaknya terhadap aspek pendidikan anak dalam keluarga yang mengalami perkawinan dini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi langsung, penyebaran angket kepada 20 responden yang telah menikah dini, dan wawancara mendalam dengan pihak-pihak terkait seperti Kepala Desa, tokoh masyarakat, dan bidan desa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar perkawinan dini di Desa Widodaren terjadi lebih dari 20 tahun yang lalu, dengan motivasi yang bervariasi, termasuk keinginan pribadi dan tekanan sosial, sering kali saat masih bersekolah. Dampaknya terhadap pendidikan anak mencakup kurangnya dukungan dari orang tua dalam aspek perhatian dan pemenuhan kebutuhan sarana dan prasarana pendidikan, yang pada akhirnya mempengaruhi prestasi belajar anak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa perkawinan dini memiliki pengaruh sedang terhadap pendidikan anak di Desa Widodaren, dengan implikasi bahwa perlu adanya intervensi dan dukungan lebih lanjut untuk keluarga yang mengalami perkawinan dini agar dapat meningkatkan perhatian terhadap pendidikan anak. Perlunya edukasi dan sosialisasi lebih luas mengenai dampak perkawinan dini terhadap pendidikan anak dan kesejahteraan keluarga, serta pengembangan program pendidikan orang tua dan anak yang berfokus pada keluarga dengan latar belakang perkawinan dini.</p> Helmi Suryana Siregar Hak Cipta (c) 2024 Helmi Suryana Siregar https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://jurnal.radisi.or.id/index.php/JurnalMIND/article/view/381 Wed, 31 Jan 2024 00:00:00 +0700 Struktur Dramatik Skema Hudson pada Naskah Drama “Krakatoa” Karya Mahdiduri https://jurnal.radisi.or.id/index.php/JurnalMIND/article/view/345 <p>Penelitian dilatar belakangi oleh perlu adanya pemahaman dalam naskah drama seperti memahami struktur dramatik yang merupakan komponen utama pada naskah, dengan menggunakan naskah drama berjudul “Krakatoa” karya Mahdiduri yang memiliki cerita menarik sehingga terdapat berbagai pesan moral serta telah menjadi buku arsip lokal Banten yang harus dilestarikan namun nampaknya keberadaan naskah drama “Krakatoa” masih kurang informasi dan publikasi. Maka terdapat tujuan penelitian untuk mengidentivikasi proses penciptaan dan struktur dramatik pada naskah drama “Krakatoa” karya Mahdiduri. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui studi pustaka, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat delapan belas karakter tokoh dan dua babak pada naskah drama “Krakatoa”. Bersamaan dengan cara mengetahui sumber cerita berasal dari keresahan diri pengarang lalu dikembangkan melalui tema yaitu Krakatau dengan pesan moral tentang kewaspadaan bencana Krakatau. Selanjutnya terdapat isi cerita yang utuh menunjukan adanya stuktur dramatik pada naskah drama “Krakatoa” terdiri dari enak tahapan yaitu eksposisi, insiden, pertumbuhan, krisis, penyelesaian, dan keputusan.</p> Meliana Maula, Giri Mustika Roekmana, Syamsul Rizal Hak Cipta (c) 2024 Meliana Maula, Giri Mustika Roekmana, Syamsul Rizal https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://jurnal.radisi.or.id/index.php/JurnalMIND/article/view/345 Fri, 12 Jan 2024 00:00:00 +0700 Pengaruh Penggunaan Media Sosial dalam Proses Pembelajaran terhadap Pemahaman Mahasiswa tentang Strategi Promosi Pemasaran https://jurnal.radisi.or.id/index.php/JurnalMIND/article/view/365 <p><em>Penelitian ini mengeksplorasi dampak penggunaan media sosial dalam pembelajaran terhadap pemahaman mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan tentang strategi promosi pemasaran. Dengan fokus pada peningkatan pemahaman konsep, keterampilan komunikasi, kolaborasi, dan berpikir kreatif, studi ini melibatkan 16 mahasiswa melalui metode kuantitatif, menggunakan pretest dan posttest. Pembelajaran diintegrasikan dengan aktivitas media sosial seperti diskusi kelompok dan presentasi. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman materi, yang didukung oleh data kuesioner yang menegaskan persepsi positif mahasiswa terhadap penggunaan media sosial. Meskipun demikian, temuan tersebut juga menyarankan perlunya strategi yang lebih efektif dalam mengintegrasikan media sosial dalam pendidikan.</em></p> Abdul Rahman Suleman, Yulia Rizki Ramadhani Hak Cipta (c) 2024 Abdul Rahman Suleman, Yulia Rizki Ramadhani https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://jurnal.radisi.or.id/index.php/JurnalMIND/article/view/365 Wed, 31 Jan 2024 00:00:00 +0700