Pendampingan Pengelolaan Pemasaran Online Kerupuk Bandeng di Kelurahan Sawah Luhur Kecamatan Kasemen Kota Serang
DOI:
https://doi.org/10.55266/pkmradisi.v1i3.81Kata Kunci:
Kerupuk Bandeng, Sawah Luhur, KasemenAbstrak
Kelurahan Sawah Luhur merupakan salah satu kelurahan yang ada di Kecamatan Kasemen Kota Serang Propinsi Banten. Masyarakat di Kelurahan Sawah Luhur memiliki mata pencaharian yang cukup beragam untuk memenuhi kebutuhannya, diantaranya perikanan, usaha warung kopi, jual beli sembako atau kelontong, usaha perternakan, pengrajin makanan olahan kerupuk bandeng, pertukangan, pertanian, dan lainnya. Proses pemasaran dan penjualan yang dilakukan oleh para pengrajin makanan olahan dilakukan hanya dengan membuka lapak di sekitar rumah dan menawarkannya pada konsumen yang singgah pada lapak tersebut. Tim pengabdian memberikan pemahaman tentang administrasi pembukuan, diversifikasi pemasaran dan penjualan dengan memanfaatkan teknologi informasi. Metode yang dilakukan adalah langsung ke lokasi pengabdian dengan tahapan analisis situasi dan identifikasi permasalahan yang dialami para pengrajin, diskusi dengan para pengrajin dan penyusunan rencana kegiatan pendampingan serta implementasi kegiatan. Kegiatan ini dapat memberikan meningkatkan pemahaman mitra tentang rumusan dan manfaat administrasi pembukuan serta pemanfaatan teknlogi informasi dalam kegiatan pemasaran.
Unduhan
Referensi
Cut DM, Damrus. (2020). Dampak Pemasaran Online Di Era Covid-19. Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen. E-ISSN:2657-1544. 4(2). 233-245.
Dadang S, Dadang S. (2018). Optimalisasi Pengelolaan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kerupuk Dorokdok Desa Cibingbin Kecamatan Cibingbin, Kabupaten Kuningan. Empowerment : Jurnal Pengabdian Masyarakat. e-ISSN 2598-2052. 1(1). 45-52.
Lia Y, Irfan FR. (2019). Sosialisasi Manajemen Marketing Online Menggunakan Blog Pada UMKM Jasa Penjahit Baju Di Pasar Padayungan Kota Tasikmalaya. Abdimas Galuh. E-ISSN:2716-0211. 1(1). 16-21.
Lulu N, dkk. (2020). Pentingnya Penyusunan Laporan Keuangan UMKM Bagi Para Pengusaha Bakery, Cake And Pastry (BCP) Di Kota Blitar. Jurnal Graha Pengabdian. E-ISSN: 2715-5714. 2(2). 163-171.
Novia AP. (2016). Desain Strategi Pemasaran Online Pada Fullus Fashion Melalui Evaluasi Benchmarking. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis. 1(1). 118-127.
Nur WS, dkk. (2021). Pelatihan Pembukuan Sederhana Pada Pelaku UMKM Brem. Jurnal SOLMA. e-ISSN: 2614-1531. 10 (1s.). 301-306.
Waluyo, dkk. (2017). Pengaruh Strategi Pemasaran Online (Online Marketing Strategy) Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Pada Toko Online Shop Azzam Store). Jurnal Pemasaran Kompetetitif. E-ISSN:2598-2893. 1(1). 127-138.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Wahyuddin, Deviyantoro, Darpi, Sawitri Nurhayati
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.