Peningkatan Pemahaman Kecerdasan Buatan (AI) untuk Dakwah Bagi Remaja Masjid Kresen Bantul

Penulis

  • Amir Hamzah Universitas Akprind Indonesia
  • Untung Joko Basuki Universitas Akprind Indonesia
  • Gatot Santosa Universitas Akprind Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55266/pkmradisi.v4i1.385

Kata Kunci:

kecerdasan buatan, chatGPT, HeyGen, Dakwah

Abstrak

Generasi milenial saat ini menghadapi tantangan teknologi informasi dan teknologi kecerdasan buatan yang semakin kreatif dalam menciptakan aplikasi-aplikasinya. Aplikasi kecerdasan buatan, baik yang berbasis teks maupun berbasis video berpeluang untuk digunakan dalam mendukung dakwah bagi generasi muda. Remaja Masjid Al Aman Dusun Kresen Bantul memerlukan peningkatan pemahaman teknologi AI bagi pengembangan dakwah di era milenial. Untuk menjawab kebutuhan tersebut tim pengabdian kepada masyarakat dari IST AKPRIND membuat program pelatihan singkat pemanfaatan aplikasi berbasis AI untuk mendukung dakwah bagi remaja. Materi yang ditawarkan adalah aplikasi berbasis teks, ChatGPT dan aplikasi berbasis video, HeyGen. Aplikasi ChatGPT digunakan untuk mencari referensi bahan dakwah, sedangkan aplikasi HeyGen untuk mengemas konten dakwah agar lebih menarik . Pelatihan diikuti oleh seluruh anggota remaja masjid AL Aman sebanyak 25 orang. Evaluasi dilakukan melalui kusener. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa 87,4% peserta menilai pelatihan ini sangat bermanfaat menambah pengetahuan mereka.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Donggala Putra Thalib, M. J., Musa, P., & Thalib, F. (2024). ROBOT ASISTEN PINTAR DENGAN PERINTAH SUARA BERBAHASA INDONESIA. Action Research Literate, 8(2). https://doi.org/10.46799/arl.v8i2.258

Hakim, L. (2022). Peranan Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) dalam Pendidikan. Kemenristek Dirjen Guru Dan Tenaga Kependidikan.

Hifni, M., & Ahsan, A. N. (2022). Kesiapan Bangsa Indonesia Menghadapi Perkembangan Era Industri 4.0 Dilihat Dari Sudut Pandang Tujuan Dan Cita – Cita Bangsa Indonesia. Mahatvavirya, 9(2).

Jati Jatmika, B., & Amalia, K. (2024). Peran Ergonomi Kognitif Dalam Mengatasi Ancaman Kecerdasan Buatan Terhadap Eksistensi Manusia. Jurnal Ilmu Sosial Humaniora Indonesia, 3(2). https://doi.org/10.52436/1.jishi.120

Naita Novia, S. (2020). Generasi Milenial Di Era Society 5.0 Dalam Bingkai Rahmatan Lil Alamin. Www.Uin-Antasari.Ac.Id.

Nuryani, N., Purnama, B., Legowo, B., Utari, U., Riyatun, R., Suharno, S., Yunianto, M., & Lestari, W. (2023). Diseminasi Riset Kecerdasan Buatan Untuk Diagnosis Medis Berbasis Elektrokardiogram di Universitas Duta Bangsa. SEMAR (Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Seni Bagi Masyarakat), 12(2). https://doi.org/10.20961/semar.v12i2.75521

RAHMAWATI. (2021). Peluang Dan Tantangan Dakwah Di Era Teknologi Modern ( Studi Pada Media Radio Dewi Anjani 104.6 Fm Lombok Timur). Ilmiah Islamic Resource, 14(1).

Sucipto, A. S., Febrianto, A., Rais, Z. M., & Setiabudi, D. I. (2023). DAKWAH DI ERA TEKNOLOGI INFORMASI: MANFAAT, TANTANGAN, DAN STRATEGI PENGGUNAAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) DAN INTERNET OF THINGS (IOT) DALAM DAKWAH. Relinesia: Jurnal Kajian Agama Dan Multikulturalisme Indonesia, 2(1).

Yustiasari Liriwati, F. (2023). Transformasi Kurikulum; Kecerdasan Buatan untuk Membangun Pendidikan yang Relevan di Masa Depan. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2). https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.61

Unduhan

Diterbitkan

16-04-2024

Cara Mengutip

Hamzah, A., Joko Basuki, U. dan Santosa, G. (2024) “Peningkatan Pemahaman Kecerdasan Buatan (AI) untuk Dakwah Bagi Remaja Masjid Kresen Bantul”, Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Radisi, 4(1), hlm. 1–7. doi: 10.55266/pkmradisi.v4i1.385.

Terbitan

Bagian

Artikel