Bank Soal Matematika (BSM) Hots Berbasis Blended Sebagai Persiapan Menghadapi Kesulitan UNBK Matematika Tahun 2019

Penulis

  • Yuni Rhamayanti Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan
  • Nova Christina Dewi Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan
  • Susi Sulastri Lubis Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan

DOI:

https://doi.org/10.55266/pkmradisi.v1i1.6

Abstrak

Mitra dari Program Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini adalah siswa-siswa kelas IX SMP Negeri 7 Padangsidimpuan Tahun Pelajaran 2018-2019. Tim Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) mengadakan Program Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dalam bidang jasa pendidikan Bank Soal HOTS berbasis Blended, yakni berperan sebagai fasilitator, motivator, monitoring dan pembimbing dalam simulasi pembelajaran membahas soal-soal HOTS yang dijadwalkan secara teratur dan online melalui media sosial FB, WA. Selain itu siswa diharapkan melakukan beberapa kegiatan berikut ini:1) membaca ulang materi pembelajaran, mempelajari kisi-kisi dan materi UNBK 2) mengadaptasikan diri dengan komputer, 3) mempersiapkan fisik dan mental, serta kejujuran dan 4) mengerjakan latihan soal-soal HOTS secara rutin. Pelaksanaan program Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM)  ini akan menjadi satu dari sejumlah esktrakurikuler siswa kelas IX SMP Negeri 7 Padangsidimpuan. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) menggunakan metode Blended yang dilaksanakan secara berkala dan berkelanjutan dengan mengadakan kontrak belajar antara tim PKM dengan siswa sebanyak 16 kali Pertemuan. Setiap pertemuan dengan alokasi waktu proses pembelajaran soal-soal HOTS sesuai dengan kisi-kisi UNBK Tahun 2019. Agar lebih seru, siswa-siswa yang terbaik akan mendapatkan hadiah berharga dari tim PKM. Dengan pendekatan ini tiap siswa diharapkan akan meningkatkan aktivitas dan minat belajar karena ada dalam suasana berkompetisi.

Kata Kunci:

bank soal matematika, HOTS, blended, UNBK

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ceylan, V.K dan Kesici, A.E. (2017). Effect of Blended Learning to Academic Achievement. Journal of Human Science. 14 (1): 308-320.

De Lange J. (1991). Assesment : no change without problem. Proc. Nas. Conf on Assesment in the Mathematical Sciences. Geelong : Victoria

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (1994). Petunjuk Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar.Jakarta. Balai Pustaka.

Gatot, M. (2011). Pembelajaran Matematika SD, Jakarta : Universitas Terbuka.

Kemendikbud, (2014). Permendikbud No. 58 tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/ madrasah tsanawiyah negeri. Jakarta : Kemendikbud

Krulik, S & Rudnick. (1999). Innovative Tasks to Improve Critical-and Creative-Thinking Skill. Developing Mathematica; Reasoning in Grades K-12, pp. 138-145.

Kusumah, S.Yaya, (2018), HOT Skills in Mathematics Education, Seminar Nasional dan Workshop Matematika dan Pendidikan Matematika: STKIP PGRI Padang

Murray, S. (2011). Declining participation in post-compulsory secondary school mathematics: students’ views of and solutions to the problem. Research in Mathematics Education. 13(3): 269 – 285.

Thorndike, E.L., & H.P. Hagen (1997), Measurement and Evaluation in Psychology and Education, New York: John Wiley

Unduhan

Diterbitkan

01-04-2021

Cara Mengutip

Rhamayanti, Y., Dewi, N. C. . dan Lubis, S. S. (2021) “Bank Soal Matematika (BSM) Hots Berbasis Blended Sebagai Persiapan Menghadapi Kesulitan UNBK Matematika Tahun 2019”, Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Radisi, 1(1), hlm. 27–35. doi: 10.55266/pkmradisi.v1i1.6.

Terbitan

Bagian

Artikel