Bank Soal Matematika (BSM) Hots Berbasis Blended Sebagai Persiapan Menghadapi Kesulitan UNBK Matematika Tahun 2019
DOI:
https://doi.org/10.55266/pkmradisi.v1i1.6Kata Kunci:
bank soal matematika, HOTS, blended, UNBKAbstrak
Mitra dari Program Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini adalah siswa-siswa kelas IX SMP Negeri 7 Padangsidimpuan Tahun Pelajaran 2018-2019. Tim Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) mengadakan Program Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dalam bidang jasa pendidikan Bank Soal HOTS berbasis Blended, yakni berperan sebagai fasilitator, motivator, monitoring dan pembimbing dalam simulasi pembelajaran membahas soal-soal HOTS yang dijadwalkan secara teratur dan online melalui media sosial FB, WA. Selain itu siswa diharapkan melakukan beberapa kegiatan berikut ini:1) membaca ulang materi pembelajaran, mempelajari kisi-kisi dan materi UNBK 2) mengadaptasikan diri dengan komputer, 3) mempersiapkan fisik dan mental, serta kejujuran dan 4) mengerjakan latihan soal-soal HOTS secara rutin. Pelaksanaan program Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini akan menjadi satu dari sejumlah esktrakurikuler siswa kelas IX SMP Negeri 7 Padangsidimpuan. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) menggunakan metode Blended yang dilaksanakan secara berkala dan berkelanjutan dengan mengadakan kontrak belajar antara tim PKM dengan siswa sebanyak 16 kali Pertemuan. Setiap pertemuan dengan alokasi waktu proses pembelajaran soal-soal HOTS sesuai dengan kisi-kisi UNBK Tahun 2019. Agar lebih seru, siswa-siswa yang terbaik akan mendapatkan hadiah berharga dari tim PKM. Dengan pendekatan ini tiap siswa diharapkan akan meningkatkan aktivitas dan minat belajar karena ada dalam suasana berkompetisi.
Unduhan
Referensi
Ceylan, V.K dan Kesici, A.E. (2017). Effect of Blended Learning to Academic Achievement. Journal of Human Science. 14 (1): 308-320.
De Lange J. (1991). Assesment : no change without problem. Proc. Nas. Conf on Assesment in the Mathematical Sciences. Geelong : Victoria
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (1994). Petunjuk Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar.Jakarta. Balai Pustaka.
Gatot, M. (2011). Pembelajaran Matematika SD, Jakarta : Universitas Terbuka.
Kemendikbud, (2014). Permendikbud No. 58 tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/ madrasah tsanawiyah negeri. Jakarta : Kemendikbud
Krulik, S & Rudnick. (1999). Innovative Tasks to Improve Critical-and Creative-Thinking Skill. Developing Mathematica; Reasoning in Grades K-12, pp. 138-145.
Kusumah, S.Yaya, (2018), HOT Skills in Mathematics Education, Seminar Nasional dan Workshop Matematika dan Pendidikan Matematika: STKIP PGRI Padang
Murray, S. (2011). Declining participation in post-compulsory secondary school mathematics: students’ views of and solutions to the problem. Research in Mathematics Education. 13(3): 269 – 285.
Thorndike, E.L., & H.P. Hagen (1997), Measurement and Evaluation in Psychology and Education, New York: John Wiley
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Yuni Rhamayanti, Nova Christina Dewi, Susi Sulastri Lubis
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.