Pembangunan Berbasis Masyarakat Tentang Perubahan Perilaku Menjadikan Tepian Sungai Musi Sebagai Tujuan Wisata Di Kota Palembang

Penulis

  • Lisdiana STISIPOL Candradimuka Palembang
  • Nopriawan Mahriadi STISIPOL CANDRADIMUKA

DOI:

https://doi.org/10.55266/pkmradisi.v1i3.58

Abstrak

Peranan sektor pariwisata menjadi salah satu sektor andalan bagi pendapatan devisa non-migas. Palembang dikenal dengan kota sungai batang hari sembilan atau yang sering disebut dengan sungai musi, wisata kawasan sungai musi menjadi salah satu tujuan utama para wisatawan yang datang ke Palembang, dengan melihat potensi sungai musi yang dijadikan destinasi wisata sayang sekali jika tidak dimanfaatkan dengan baik maka dari itu penulis mengagas pembuatan homestay tepatnya di kawasan 7 ulu Palembang, hal ini merupakan suatu upaya dalam membangun kesadaran masyarakat akan pemanfaatan wisata tepian sungai sebagai sumber penghasilan bagi masyarakat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya meningkatkan kesadaran masyarakat tentang potensi destinasi pariwisata yang dimiliki. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang potensi destinasi pariwisata yang dimiliki. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif subyek dalam penelitian ini adalah informan yang memberikan data melalui wawancara, hasil dari penelitian ini adalah pembuatan homestay sebagai wisata tepi Sungai Musi.

Kata Kunci:

Pembangunan, Tepi Sungai, Wisata

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Mardikanto. (2009). Sistem Penyuluhan pertanian. UNS pres.

Rock, T. C., & Wilson, C. (2005). Improving teaching through lesson study. Teacher Education Quarterly, 32(1), 77–92.

Unduhan

Diterbitkan

28-12-2021

Cara Mengutip

Lisdiana dan Mahriadi, N. (2021) “Pembangunan Berbasis Masyarakat Tentang Perubahan Perilaku Menjadikan Tepian Sungai Musi Sebagai Tujuan Wisata Di Kota Palembang”, Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Radisi, 1(3), hlm. 225–232. doi: 10.55266/pkmradisi.v1i3.58.

Terbitan

Bagian

Artikel