PROSES REVIEW

Seluruh naskah yang diterbitkan pada KALANDRA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat terlebih dahulu akan ditelaah dan disetujui melalui proses double-blind peer-review oleh reviewer yang memiliki keahlian pada bidang yang sesuai dengan naskah. Alur penyerahan naskah dari Penulis hingga penerbitan pada Open Journal System (OJS) KALANDRA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat dapat dilihat pada gambar berikut :

Penjelasan rinci tahapan mulai dari submit naskah, proses review, hingga penerbitan naskah diatas sebagai berikut :

Tahap I

Penulis mengirmkan full naskah melalui link SUBMIT Open Journal System (OJS) KALANDRA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat dengan memperhatikan aturan submit naskah yang telah ditetapkan. Naskah yang masuk akan diterima oleh Editor In Chief dan kemudian akan ditinjau kesesuaian naskah dengan FOKUS DAN RUANG LINGKUP jurnal, tingkat plagiarisme naskah dengan KEBIJAKAN PLAGIASI jurnal, dan kesesuaian naskah dengan penggunaan TEMPLATE jurnal. Pada tahap ini Editor In Chief akan memberikan keputusan menerima naskah apabila telah memenuhi standar jurnal dan sebaliknya akan menolak naskah yang tidak memenuhi standar. Editor In Chief juga dapat memberikan keputusan menerima naskah dengan revisi serta memberikan kesempatan kepada penulis untuk merevisi dan mengirimkan kembali naskah yang telah direvisi melalui Open Journal System (OJS) KALANDRA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Bagi setiap naskah yang telah diterima selanjutnya akan dikirim kepada Section Editor yang ditentukan untuk diproses pada tahap selanjutnya (TAHAP II).

Tahap II

Section Editor yang telah ditunjuk akan menerima naskah yang telah melalui proses TAHAP I kemudian akan menentukan Reviewer yang sesuai untuk meninjau naskah tersebut. Selanjutnya Reviewer yang ditunjuk akan menerima naskah dan memberikan masukan serta penilaian berdasarkan aspek substansial dan teknis naskah. Hasil penilaian Reviewer ini akan dikembalikan kepada Section Editor sebagai tolak ukur pertimbangan menerima atau menolak naskah untuk diterbitkan. Secara umum keputusan Section Editor terhadap naskah yang telah direview adalah sebagai berikut :

1. Diterima : Naskah akan diterbitkan dalam bentuk aslinya/tanpa ada perubahan.

2. Diterima dengan Revisi Minor : Naskah akan diterbitkan dengan syarat Penulis harus

    membuat koreksi kecil pada naskah.

3. Diterima dengan Revisi Mayor : Naskah akan diterbitkan dengan syarat Penulis membuat

    perubahan yang disarankan oleh Reviewer dan/atau Section Editor.

4. Ditolak : Naskah tidak akan diterbitkan atau dipertimbangkan untuk diterbitkan meski

    Penulis membuat revisi besar.

Setiap keputusan (diterima, revisi minor/mayor, atau ditolak) yang dibuat oleh Section Editor terhadap naskah akan diberitahukan kepada Penulis. Bagi naskah yang memperoleh keputusan diterima dengan revisi minor/mayor, Penulis dapat mengirimkan kembali versi revisi berdasarkan saran Reviewer. Apabila Reviewer telah setuju dengan hasil revisi tersebut maka Section Editor akan mengirimkan pemberitahuan naskah diterima untuk Penulis. Setiap naskah yang memperoleh keputusan diterima akan diproses ke tahap selanjutnya (TAHAP III).

Tahap III

Naskah memperoleh keputusan diterima pada TAHAP II, maka Editor Section selanjutnya mengirimkan naskah ke Copy Editor untuk pelaksanaan copy editing. Selama naskah dalam masa copy editing, Copy Editor akan melakukan penyesuaian material tertulis naskah dengan Penulis. Apabila proses ini dianggap telah selesai maka akan diproses pada tahap selanjutnya (TAHAP IV)

Tahap IV

Naskah yang telah selesai pada TAHAP III, selanjutnya akan dikirim oleh Editor Section untuk proses layout. Editor section akan mengirimkan naskah ke Layout Editor untuk layout dan proofreading. Apabila tahap proses layout dan proofreading selesai selanjutnya Editor Section akan meminta Editor In Chief untuk menerbitkan naskah pada issue selanjutnya.