Pendampingan Strategi Beradaptasi Pada UMKM Kudapan Mungil di Masa Pandemi Covid 19
DOI:
https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v1i4.151Kata Kunci:
Kudapan, Covid-19, UMKAbstrak
Pada masa pandemi Covid 19 sangat berpengaruh pada penurunan penjualan mitra UMKM Kudapan Mungil, hal tersebut di karenakan mitra belum maksimal dalam melakukan pemasaran secara online serta belum melakukan analisis usaha secara matematis dengan penentuan harga jual produk. Tujuan pengabdian ini untuk meningkatkan penjualan UMKM Kudapan mungil melalui pelatihan pemasaran secara online dan penentuan harga jual produk. Metode pengabdian yang digunakan adalah Ceramah, Tanya jawab dan praktek secara langsung, dimana tim pengabdian memberikan ceramah dilanjut dengan sharing knowledge setelah itu praktik secara langsung. Hasil pengabian mitra UMKM Kudapan mungil dapat melakukan pemasaran secara on line serta menentukan harga secara matematis sehinggga mampu meningkatkan penjualan dan profit UMKM Kudapan mungil.
Unduhan
Referensi
Cao, Y., Ajjan, H., Hong, P., & Le, T. (2018). Using social media for competitive business outcomes. Journal of Advances in Management Research, 15(2), 211–235. https://doi.org/10.1108/JAMR-05-2017-0060
Fadillaha, M. N., & Subchan, M. (2021). Dampak Covid-19 Terhadap Perilaku Konsumen Dalam Penggunaan Marketplace Di Indonesia. JURNAL MITRA MANAJEMEN, 12(1).
Johnson, C. Y., Sun, L. H., & Freedman, A. (2020). Social distancing could buy U.S. valuable time against coronavirus. The Washington Post.
Mutiara, N. (2020). Hadapi Covid-19, Strategi Pemasaran Pengembang Harus Beradaptasi. Https://Ekonomi.Bisnis.Com/Read/20200416/47/1228015/Hadapi-Covid-19-Strategi-Pemasaran-Pengembang.
Nababan, H. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Jual, Layanan Purna Jual, Penjualan Angsuran Terhadap Volume Penjualan. Widyatama University.
Ramadhan, B. (2020). Perubahan Perilaku Belanja Konsumen Indonesia Saat Covid-19. Https://Teknoia.Com/Perilaku-Konsumen-Indonesia-Saat-Covid-19-Ee51b041464e.
Ritala, P., Olander, H., Michailova, S., & Husted, K. (2015). Knowledge sharing, knowledge leaking and relative innovation performance: An empirical study. Technovation, 35, 22–31. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.technovation.2014.07.011
Sayuti Pono, W. (2013). Buku Pegangan Hasil Hutan Bukan Kayu.
Schwarzl, S., & Grabowska, M. (2015). Online marketing strategies: The future is here. Journal of International Studies, 8(2), 187–196. https://doi.org/10.14254/2071-8330.2015/8-2/16
Soelaiman, L., & Utami, A. R. (2021). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ADOPSI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DAN DAMPAKNYA TERHADAP KINERJA UMKM. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis; Vol 5, No 1 (2021): Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan BisnisDO - 10.24912/Jmieb.V5i1.11104 . https://journal.untar.ac.id/index.php/jmieb/article/view/11104
Sunardi, N., AM, E. N., Sarwani, S., Lesmana, R., & Hasbiayah, W. (2021). Peran Digital Marketing Dan Manajemen Keuangan dalam Upaya Peningkatan Pendapatan UMKM yang Berdampak Pada Kesejahteraan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 2(2).
Worldometer. (2022). Covid 19 Corona Virus Pandemic. Https://Www.Worldometers.Info/Coronavirus/.
Yunus, N., & Rezki, A. (2020). Kebijakan Pemberlakuan Lock Down Sebagai Antisipasi Penyebaran Corona Virus Covid-19. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i3.15083
Yusup, D. K., Badriyah, M., Suyandi, D., & Asih, V. S. (2020). Pengaruh bencana Covid-19, pembatasan sosial, dan sistem pemasaran online terhadap perubahan perilaku konsumen dalam membeli produk retail. Http://Digilib. Uinsgd. Ac. Id, 1(1), 1–10.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 iwan prasetyo
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.