Pendampingan Strategi Beradaptasi Pada UMKM Kudapan Mungil di Masa Pandemi Covid 19

Penulis

  • Iwan Prasetyo Poltekinik Rukun Abdi Luhur
  • Anindya Khrisna Wardhani Poltekinik Rukun Abdi Luhur

DOI:

https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v1i4.151

Kata Kunci:

Kudapan, Covid-19, UMK

Abstrak

Pada masa pandemi Covid 19 sangat berpengaruh pada penurunan penjualan mitra UMKM Kudapan Mungil, hal tersebut di karenakan mitra belum maksimal dalam melakukan pemasaran secara online serta belum melakukan analisis usaha secara matematis dengan penentuan harga jual produk. Tujuan pengabdian ini untuk meningkatkan penjualan UMKM Kudapan mungil melalui pelatihan pemasaran secara online dan penentuan harga jual produk. Metode pengabdian yang digunakan adalah Ceramah, Tanya jawab dan praktek secara langsung, dimana tim pengabdian memberikan ceramah dilanjut dengan sharing knowledge setelah itu praktik secara langsung. Hasil pengabian mitra UMKM Kudapan mungil dapat melakukan pemasaran secara on line serta menentukan harga secara matematis sehinggga mampu meningkatkan penjualan dan profit UMKM Kudapan mungil. 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Cao, Y., Ajjan, H., Hong, P., & Le, T. (2018). Using social media for competitive business outcomes. Journal of Advances in Management Research, 15(2), 211–235. https://doi.org/10.1108/JAMR-05-2017-0060

Fadillaha, M. N., & Subchan, M. (2021). Dampak Covid-19 Terhadap Perilaku Konsumen Dalam Penggunaan Marketplace Di Indonesia. JURNAL MITRA MANAJEMEN, 12(1).

Johnson, C. Y., Sun, L. H., & Freedman, A. (2020). Social distancing could buy U.S. valuable time against coronavirus. The Washington Post.

Mutiara, N. (2020). Hadapi Covid-19, Strategi Pemasaran Pengembang Harus Beradaptasi. Https://Ekonomi.Bisnis.Com/Read/20200416/47/1228015/Hadapi-Covid-19-Strategi-Pemasaran-Pengembang.

Nababan, H. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Jual, Layanan Purna Jual, Penjualan Angsuran Terhadap Volume Penjualan. Widyatama University.

Ramadhan, B. (2020). Perubahan Perilaku Belanja Konsumen Indonesia Saat Covid-19. Https://Teknoia.Com/Perilaku-Konsumen-Indonesia-Saat-Covid-19-Ee51b041464e.

Ritala, P., Olander, H., Michailova, S., & Husted, K. (2015). Knowledge sharing, knowledge leaking and relative innovation performance: An empirical study. Technovation, 35, 22–31. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.technovation.2014.07.011

Sayuti Pono, W. (2013). Buku Pegangan Hasil Hutan Bukan Kayu.

Schwarzl, S., & Grabowska, M. (2015). Online marketing strategies: The future is here. Journal of International Studies, 8(2), 187–196. https://doi.org/10.14254/2071-8330.2015/8-2/16

Soelaiman, L., & Utami, A. R. (2021). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ADOPSI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DAN DAMPAKNYA TERHADAP KINERJA UMKM. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis; Vol 5, No 1 (2021): Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan BisnisDO - 10.24912/Jmieb.V5i1.11104 . https://journal.untar.ac.id/index.php/jmieb/article/view/11104

Sunardi, N., AM, E. N., Sarwani, S., Lesmana, R., & Hasbiayah, W. (2021). Peran Digital Marketing Dan Manajemen Keuangan dalam Upaya Peningkatan Pendapatan UMKM yang Berdampak Pada Kesejahteraan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 2(2).

Worldometer. (2022). Covid 19 Corona Virus Pandemic. Https://Www.Worldometers.Info/Coronavirus/.

Yunus, N., & Rezki, A. (2020). Kebijakan Pemberlakuan Lock Down Sebagai Antisipasi Penyebaran Corona Virus Covid-19. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i3.15083

Yusup, D. K., Badriyah, M., Suyandi, D., & Asih, V. S. (2020). Pengaruh bencana Covid-19, pembatasan sosial, dan sistem pemasaran online terhadap perubahan perilaku konsumen dalam membeli produk retail. Http://Digilib. Uinsgd. Ac. Id, 1(1), 1–10.

Unduhan

Diterbitkan

07/27/2022

Cara Mengutip

Prasetyo, I., & Wardhani, A. K. . (2022). Pendampingan Strategi Beradaptasi Pada UMKM Kudapan Mungil di Masa Pandemi Covid 19. KALANDRA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 78–85. https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v1i4.151

Terbitan

Bagian

Artikel