Workshop Marketing Digital Siswa SMK Negeri Rawas Ulu

Penulis

  • Alfiarini STMIK Bina Nusantara Jaya Lubuk Linggau
  • Deni STMIK Bina Nusantara Jaya Lubuk Linggau
  • Robi Yanto STMIK Bina Nusantara Jaya Lubuk Linggau

DOI:

https://doi.org/10.55266/pkmradisi.v2i3.213

Abstrak

Perkembangan teknologi dan munculnya Revolusi industri 4.0 menjadi salah satu tantangan besar yang harus dihadapi. Banyak dampak yang timbul dan   akan berdampak  terhadap penyerapan sumber daya manusia. Salah satu jalan keluar yang dilakukan pemerintah adalah dengan memasukan kurikulum kewirausahaan dalam upaya penguatan program ekonomi. Pemasaran adalah salah satu metode yang dapat digunakan untuk mendukung kurikulum kewirausahaan. Kurikulum kewirausahaan untuk program vokasi sekolah menengah terbatas hanya pada bagaimana menghasilkan produk, namun tidak mengajarkan pemasaran. Keterbatasan pengetahuan terkait pemasaran membuat usaha yang di bangun sulit untuk bersaing, Digital marketing adalah teknik yang dapat digunakan untuk mempromosikan produk melalui internet. Metode pelaksanaan kegiatan ini terdiri dari 3 (tiga) tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Berdasarkan tahapan awal ditemukan bahwa masih kurangnya wawasan siswa siswi SMK Negeri Rawas Ulu mengenai digital marketing dan pengoptimalan penggunaan internet untuk pemasaran. Setelah workshop dilaksanakan  diketahui pengetahuan siswa mengenai digital marketing meningkat menjadi 75,43 % dari data hasil pretest yang semula hanya 45,75 % bertambah sebesar 29,68%.

Kata Kunci:

Workshop Siswa, Marketing Digital, SMK Negeri Rawas Ulu

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

BPS.Go.id. (2022). Statistik Indonesia 2022. Https://Www.Bps.Go.Id/Indicator/12/1975/1/Jumlah-Penduduk-Pertengahan-Tahun.Html

BPS Rawas Ulu. (2022). Kecamatan Rawas Ulu Dalam Angka. Https://Muratarakab.Bps.Go.Id/Publication.html

Hasan, H. A. (2020). Pendidikan Kewirausahaan: Konsep, Karakteristik Dan Implikasi Dalam Memandirikan Generasi Muda. Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 11(1), 99–111.

Islami, N. N., & Fitria, F. L. (2019). Pelatihan Strategi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Kemampuan Softskill Dan Hardskill Bidang Keahlian Pemasaran Pada Siswa Jurusan Pemasaran Smk Nuris Hidayat Desa Curahnongko, Kec. Tempurejo Kab. Jember. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 13(2), 34. Https://Doi.Org/10.19184/Jpe.V13i2.13854

Isnaini, W. (2019). Pelatihan Penguatan Brand Serta Penggunaan Digital Marketing Bagi Kelompok Batik Sariwarni Kabupaten Madiun. Jurnal Pengabdian Dan Pengembangan Masyarakat, 2(2), 305. Https://Doi.Org/10.22146/Jp2m.49046

Setiyani, L., Effendy, F., Jajang, J., & Yulianto, R. M. (2021). Peningkatan Minat Digital Marketing Bagi Siswa Smk Teknologi Karawang Melalui Pelatihan Adobe Photoshop. Jurnal Abdimas: Sistem Dan Teknologi Informasi, 1(1), 23–29. Https://Doi.Org/10.35969/Abdimas.V1i1.90

Unduhan

Diterbitkan

16-12-2022

Cara Mengutip

Alfiarini, Apriadi, D. dan Robi Yanto (2022) “Workshop Marketing Digital Siswa SMK Negeri Rawas Ulu”, Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Radisi, 2(3), hlm. 97–100. doi: 10.55266/pkmradisi.v2i3.213.

Terbitan

Bagian

Artikel