Implementasi Peningkatan Pemasaran Digital Bagi UKM di Kelurahan Pedurungan Kidul Kota Semarang
DOI:
https://doi.org/10.55266/pkmradisi.v3i3.344Kata Kunci:
Pemasaran Tradisional, Pemasaran Digital, UKM, Peningkatan Omzet PenjualanAbstrak
Di era industri 4.0 dan pasca pandemi Covid-19, digital marketing menjadi strategi alternatif penting untuk mengatasi dampak ekonomi negatif di Indonesia, khususnya dalam pemasaran produk. Ini memudahkan pengawasan dan memenuhi kebutuhan konsumen. Digital marketing juga memudahkan konsumen mencari informasi produk. Namun, banyak UKM belum memanfaatkan sepenuhnya. Tujuan dari pelaksanaan pengadian Masyarakat ini adalah memberikan sosialisasi dalam menggunakan pemasaran digital melalui penggunaan ponsel Android pada Masyarakat UKM Kelurahan Pedurungan Kidul-Kecamatan Pedurang-Kota Semarang. Pelaksanaan ini dilaksanakan dalam dua bentuk. Pertama, dengan pendekatan teoritis yang diterapkan dalam materi pengabdian yang berfokus pada memperluas strategi pemasaran secara digital agar bisnis dapat mencapai kesuksesan. Dan kedua melalui praktik menggunakan ponsel android untuk menciptakan identitas merek, desain logo, mengelola akun media sosial, dan membuat website. dilakukan melalui media online dimana proses menjual dan berkomunikasi dengan calon pembeli dilakukan melalui platform digital. Hasil dari pelaksanaan pengabdian kepada Masyarakat ini yaitu peningkatan pemahaman dalam pemasaran digital, serta memiliki semangat untuk mencapai kesuksesan.
Unduhan
Referensi
Anonim, Undang-Undangtentang Usaha Mikro,Kecildan Menengah,No.20 Tahun 2008
Buchori,Alma.2005.KewirausahaanUntukMahasiswadanUmum.PenerbitAlfabeta.Bandung.
Kolter,philip.Kartajaya,Herman.Setiawan,Iwan.2020. Marjeting4.0.Bergerak dari Tradisional ke Digital.PT Gramesia.Jakarta
Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2012. Principles of Marketing, 14th ed. Pearson Education, Inc., publishing as Prentice Hall, One Lake Street, Upper Saddle River, New Jersey 07458.
Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2008. Prinsip- prinsip Pemasaran. Terjemahan olehAlexander Sindoro. Jilid I. Edisi 12. Jakarta:Erlangga
Naimah, R. J., Wardhana, M. W., & Haryanto, Rudi Febrianto, A. (2020). Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi Pemasara UMKM.JurnalIMPACT: Implementati onand Action,2(2), 39 https://doi.org/10.31961/impact.v2i2.844
Ning Rahayu. 2018. 10 Manfaat Internet Marketing bagi Bisnis. Akses online www.wartaekonomi.co.id/read178295/10-manfaat-internet-marketing-bagi-bisnis. Akses online Senin 23 November 2020
Purwana, D., Rahmi, R., dan Aditya, S. (2017). Pemanfaatan digital marketing bagi usahamikro, kecil, dan menengah (UMKM) di kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal
Purwidiantoro, M. H., SW, D. F. K., dan Hadi, W. (2016). Pengaruh penggunaan me
Rudiantara.2019.Strategi Kewirausahaan Usaha Digital Sebuah Panduan untuk UMKM Startup,dan E-Commerce.Penerbit CFDS
Santoso.Djoko.2016.Gus-Ji-Gang Dalam PraktekBisnis,Studi Kasus Usaha BordirKeluarga di Kecamatan Gebog-Kabupaten Kudus PenerbitUKSW.Salatiga
Saraswati dan Hastasari. 2020. Strategi Digital Content Marketing pada Akun Media Sosial Instagram Mojok.co dalam Mempertahankan Brand Engagement. Jurnal Biokultur, Vol. 9,
Taiminen, H. M., dan Karjaluoto, H. (2015). The usage of digital marketing channels in SMEs. Journal of small business and enterprise development, 22(4), 633-65
Tjiptono, Fandy , 2006, Strategi Pemasaran, Penerbit Andi, Jogjakarta
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Djoko Santoso, Wyati Saddewisasi, Andhy Tri Adriyanto
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.