Penerapan Desain Repacking dan Digital Marketing Rengginang Singkong Kelompok Wanita Tani Rukun Makaryo Desa Kedungdowo

Penulis

  • Krisdiyanto Pujoningrum Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Eka Risky Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Muhammad Edward Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Aflit Nuryulia Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.55266/pkmradisi.v2i3.218

Abstrak

Pelaku UMKM rengginang singkong masih memiliki banyak kelemahan dalam menjalankan kegiatan usaha. Kelemahan yang dimiliki menimbulkan masalah yang perlu diselesaikan. Permasalahan yang sedang dihadapi yaitu kurangnya pengetahuan terhadap pentingnya desain kemasan dan pemasaran produk. Produk makanan yang diperjualbelikan tidak menggunakan desain kemasan. Selain itu, mereka hanya menggunakan plastik putih yang relatif tipis untuk pengemasan produk. Sementara itu, kemasan yang baik dengan desain menarik merupakan suatu hal penting untuk melindungi produk dan memperkenalkan merek kepada konsumen. Dalam menjalankan kegiatan usaha, pelaku UMKM menjual produk hanya di pasar tradisional dan warung warga setempat. Oleh karena itu, masyarakat luas tidak mengetahui keberadaan produk tersebut. Metode dalam pengabdian ini yaitu melalui wawancara mendalam dengan pelaku UMKM untuk identifikasi masalah dan solusi yang dibutuhkan. Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk memberi pemahaman kepada pelaku UMKM terhadap peran penting desain kemasan dan pemasaran produk. Hasil dari pengabdian ini adalah desain kemasan yang dapat digunakan untuk produk UMKM. Produk dan lokasi UMKM terdaftar pada Google Maps agar dapat diakses oleh masyarakat luas. Selain itu, terbentuknya peta potensi sebagai informasi keberadaan UMKM untuk pengguna jalan maupun pendatang desa. Dari kegiatan ini diharapkan dapat membantu pemerintah desa untuk pengembangan kegiatan usaha masyarakat.

Kata Kunci:

Rengginang Singkong, Desain Repacking, Digital Marketing, Desa Kedungdowo

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Dewi, M., Hubeis, M., & Riani, E. (2020). Strategi Pemasaran UMKM Dalam Meningkatkan Daya Saing di Pasar Ritel Modern Carrefour (Kasus PT Madani Food, Jakarta). Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 15(1), 77-83.

Klimchuk, Mariane, & Krasovec. (2006). Desain kemasan: Perencanaan Merek Produk yang Berhasil Mulai dari Konsep Sampai Penjualan. Jakarta: Erlangga.

Mandasari, D. j., Widodo, J., & Djaja, S. (2019). Strategi Pemasaran Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Batik Magenda Tamanan Kabupaten Bondowoso. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 13(1), 123-128.

Prayogi, A., & Kirom, M. I. (2022, Maret). Pendampingan Pengembangan Digitalisasi UMKM Masyarakat Desa Wonoyoso Pekalongan Menghadapi Era New Normal. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 3(1), 14-24.

Sanjaya, A., Nursandy, F. L., Lisvia, & Nurlita, Y. S. (2021, Juni 02). Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Memasarkan Produk di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Plakat, 3(2), 167-181.

Solihin, D., Susanto, N., Setiawan, R., Ahyani, & Darmadi. (2020). Penerapan Strategi Pemasaran Sebagai Upaya Meningkatkan Usaha Kecil Dan Menengah Warga di Kelurahan Paninggilan Utara Ciledug. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 351-355.

Sukmawan, V. P., Ningsih, S. W., & Sonya, E. R. (2021). Digitalisasi Lokal UMKM Warga Rw 05 Pasir Biru.

Unduhan

Diterbitkan

15-12-2022

Cara Mengutip

Pujoningrum, K., Widyawati, E. R. ., Putra Armiawan, M. E. . dan Praswati, A. N. (2022) “Penerapan Desain Repacking dan Digital Marketing Rengginang Singkong Kelompok Wanita Tani Rukun Makaryo Desa Kedungdowo”, Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Radisi, 2(3), hlm. 119–124. doi: 10.55266/pkmradisi.v2i3.218.

Terbitan

Bagian

Artikel