Sosialisasi Dampak Penggunaan Smartphone Terhadap Siswa Siswi Mts Ittihadiyah Karang Dapo Musi Rawas Utara

Penulis

  • Deni Apriadi STMIK Bina Nusantara Jaya Lubuklinggau
  • Alfiarini STMIK Bina Nusantara Jaya Lubuklinggau
  • Robi Yanto STMIK Bina Nusantara Jaya Lubuklinggau

DOI:

https://doi.org/10.55266/pkmradisi.v1i3.56

Abstrak

Maraknya pengguna smartphone atau ponsel pintar kian meluas di berbagai kalangan, tak luput juga pengguna smartphone dari kalangan peserta didik dengan berbagai tingkat usia. Hal ini  tak lepas dari dampak pandemi covid 19, yang mengharuskan semua sekolah  melakukan pembelajaran secara daring, dari tingkat Taman kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama  dan Sekolah Menengah ke atas atau sederajat. Berawal dari kebutuhan smartphone untuk kepentingan belajar siswa, namun berujung dengan penyalahgunaan smartphone yang di gunakan untuk mengakses hal-hal  negatif  yang berdampak pada peserta didik. MTS Ittihadiyah Karang Dapo salah satu sekolah yang menerapkan pembelajaran secara daring. 82% siswa siswi memiliki smartphone dan 20% tidak memiliki smartphone. Dari hasil survey, 91% siswa siswi tidak di awasi orang tua dalam penggunaan smartphone. Setelah mengikuti pre test ,  85 % siswa siswi tidak mengetahui dampak yang muncul dari penggunaan smartphone. Setelah mengikuti sosialisasi dan di lakukan post test terjadi peningkatan pemahaman akan dampak dari penggunaan smartphone.

 

Kata Kunci:

Ponsel pintar, dampak smartphone, sosialisasi

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

APJII. (2019). Infografis Penetrasi & Perilaku Pengguna Internet Indonesia Survey 2019 [online]. APJII. https://apjii.or.id/

Humaniora, Z. H. (2021). 89% Penduduk Indonesia Gunakan Smartphone. Mediaindonesia. https://mediaindonesia.com/humaniora/389057/kemenkominfo-89-penduduk-indonesia-gunakan-smartphone

Indah Susilowati. (2019). Penyuluhan Penggunaan Gadget Yang Bijak Dan Aman. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 210–214.

Irawan, E. P. (2021). Sosialisasi Pendamping Penggunaan Smartphone Terhadap Anak. 4(2), 123–131.

Khairun Nisa, A. S. (2019). Dampak Handphone Bagi Pendidikan Di Indonesia Khususnya Anak Anak. Conference.Um.Ac.Id, 2(2), 213–226. http://conference.um.ac.id/index.php/apfip/article/view/398

https://www.liputan6.com/tekno/read/3684841/berapa-batas-usia-minimal-buah-hati-pakai-smartphone

Mandias, G. F. (2017). Analisis Pengaruh Pemanfaatan Smartphone Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Klabat. CogITo Smart Journal, 3(1), 83. Https://doi.org/10.31154/cogito.v3i1.47. 83-90

Novitasari, N. (2019). Strategi Pendampingan Orang Tua terhadap Intensitas Penggunaan Gadget pada Anak. Al-Hikmah : Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 3(2), 167–188. https://doi.org/10.35896/ijecie.v3i2.77

Rahmandani, F., Tinus, A., & Ibrahim, M. M. (2018). Analisis Dampak Penggunaan Gadget (Smartphone) Terhadap Kepribadian Dan Karakter (Kekar) Peserta Didik Di Sma Negeri 9 Malang. Jurnal Civic Hukum, 3(1), 18. https://doi.org/10.22219/jch.v3i1.7726

Suparman, & S, P. (2020). Sosialisasi Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Anak Di Desa Buntu Pema Kecamatan Curio Kabupaten Enrekang. 1, 40–50

Unduhan

Diterbitkan

25-12-2021

Cara Mengutip

Apriadi, D., Alfiarini dan Yanto, R. (2021) “Sosialisasi Dampak Penggunaan Smartphone Terhadap Siswa Siswi Mts Ittihadiyah Karang Dapo Musi Rawas Utara”, Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Radisi, 1(3), hlm. 176–180. doi: 10.55266/pkmradisi.v1i3.56.

Terbitan

Bagian

Artikel