Sosialisasi Dampak Penggunaan Smartphone Terhadap Siswa Siswi Mts Ittihadiyah Karang Dapo Musi Rawas Utara
DOI:
https://doi.org/10.55266/pkmradisi.v1i3.56Kata Kunci:
Ponsel pintar, dampak smartphone, sosialisasiAbstrak
Maraknya pengguna smartphone atau ponsel pintar kian meluas di berbagai kalangan, tak luput juga pengguna smartphone dari kalangan peserta didik dengan berbagai tingkat usia. Hal ini tak lepas dari dampak pandemi covid 19, yang mengharuskan semua sekolah melakukan pembelajaran secara daring, dari tingkat Taman kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah ke atas atau sederajat. Berawal dari kebutuhan smartphone untuk kepentingan belajar siswa, namun berujung dengan penyalahgunaan smartphone yang di gunakan untuk mengakses hal-hal negatif yang berdampak pada peserta didik. MTS Ittihadiyah Karang Dapo salah satu sekolah yang menerapkan pembelajaran secara daring. 82% siswa siswi memiliki smartphone dan 20% tidak memiliki smartphone. Dari hasil survey, 91% siswa siswi tidak di awasi orang tua dalam penggunaan smartphone. Setelah mengikuti pre test , 85 % siswa siswi tidak mengetahui dampak yang muncul dari penggunaan smartphone. Setelah mengikuti sosialisasi dan di lakukan post test terjadi peningkatan pemahaman akan dampak dari penggunaan smartphone.
Unduhan
Referensi
APJII. (2019). Infografis Penetrasi & Perilaku Pengguna Internet Indonesia Survey 2019 [online]. APJII. https://apjii.or.id/
Humaniora, Z. H. (2021). 89% Penduduk Indonesia Gunakan Smartphone. Mediaindonesia. https://mediaindonesia.com/humaniora/389057/kemenkominfo-89-penduduk-indonesia-gunakan-smartphone
Indah Susilowati. (2019). Penyuluhan Penggunaan Gadget Yang Bijak Dan Aman. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 210–214.
Irawan, E. P. (2021). Sosialisasi Pendamping Penggunaan Smartphone Terhadap Anak. 4(2), 123–131.
Khairun Nisa, A. S. (2019). Dampak Handphone Bagi Pendidikan Di Indonesia Khususnya Anak Anak. Conference.Um.Ac.Id, 2(2), 213–226. http://conference.um.ac.id/index.php/apfip/article/view/398
https://www.liputan6.com/tekno/read/3684841/berapa-batas-usia-minimal-buah-hati-pakai-smartphone
Mandias, G. F. (2017). Analisis Pengaruh Pemanfaatan Smartphone Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Klabat. CogITo Smart Journal, 3(1), 83. Https://doi.org/10.31154/cogito.v3i1.47. 83-90
Novitasari, N. (2019). Strategi Pendampingan Orang Tua terhadap Intensitas Penggunaan Gadget pada Anak. Al-Hikmah : Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 3(2), 167–188. https://doi.org/10.35896/ijecie.v3i2.77
Rahmandani, F., Tinus, A., & Ibrahim, M. M. (2018). Analisis Dampak Penggunaan Gadget (Smartphone) Terhadap Kepribadian Dan Karakter (Kekar) Peserta Didik Di Sma Negeri 9 Malang. Jurnal Civic Hukum, 3(1), 18. https://doi.org/10.22219/jch.v3i1.7726
Suparman, & S, P. (2020). Sosialisasi Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Anak Di Desa Buntu Pema Kecamatan Curio Kabupaten Enrekang. 1, 40–50
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Deni Apriadi, Alfiarini, Robi Yanto
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.