Pelatihan Penerapan Sistem Integrasi Data Kependudukan Sederhana (SIDaKS) Di Kecamatan Kota Agung Timur Tanggamus

Penulis

  • Dani Al Mahkya Institut Teknologi Sumatera
  • Fery Widhiatmoko Institut Teknologi Sumatera
  • Dian Anggraini Institut Teknologi Sumatera
  • Tirta Setiawan Institut Teknologi Sumatera
  • Febri Dwi Irawati Institut Teknologi Sumatera
  • Meida Cahyo Untoro Institut Teknologi Sumatera

DOI:

https://doi.org/10.55266/pkmradisi.v2i1.68

Abstrak

Salah satu permasalahan yang muncul pada mitra kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah belum tersedianya sistem integrasi data kependudukan dari masing-masing pekon/desa ke kecamatan. Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan pelatihan, pendampingan serta demonstrasi sistem integrasi yang diusulkan. Solusi yang akan ditawarkan adalah dengan melakukan pelatihan dan sosialisasi terkait dengan pengelolaan dan integrasi data kependudukan. Pelatihan dan sosialisasi ini akan menggunakan alat bantu Ms. Excel serta Google Sheets pada prosesnya. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah pelatihan dan pendampingan serta demonstrasi terkait dengan Penerapan Sistem Integrasi Data Kependudukan Sederhana (SIDaKS) di Kecamatan Kota Agung Timur, Tanggamus. Pelaksanaan pelatihan dilaksanakan di aula Kecamatan Kota Agung Timur, Tanggamus dengan dihadiri oleh 43 peserta yang berasal dari beberapa perwakilan setiap pekon/desa di lingkungan Kecamatan Kota Agung Timur. Hasil yang telah dicapai antara lain peningkatan pemahaman peserta yang telah signifikan secara uji statistika serta suatu usulan sistem integrasi data kependudukan.

Kata Kunci:

Pelatihan, Integrasi, Data

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

BPS Kota (2019) Tanggamus, Kota Agung Timur dalam Angka 2019.

Dewi, R. S. (2018) ‘Analisis Dampak Integrasi Data terhadap Kecepatan Pelayanan Publik di Kota Surabaya’, Jurnal Sistem Informasi, 14(2 SE-Articles), pp. 90–97. doi: 10.21609/jsi.v14i2.639.

Ibrahim, A., Rifai, A. and Oktarina, L. (2016) ‘Rancang Bangun Aplikasi Pencatatan Data Kependudukan Kelurahan Pahlawan Berbasis Web’, Sriwijaya Journal of Information Systems, 8(1).

JMC IT Consultant (2020) Contoh Integrasi Sistem, https://www.jmc.co.id/. Available at: https://www.jmc.co.id/blog/contoh-integrasi-sistem/. (Accessed: 30 Januari 2021).

Kustiadi, T. R. and Astuti, N. R. D. P. (2015) ‘Pengembangan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan Untuk Penyusunan Profil Kependudukan Pada Kantor Kecamatan Patikraja Kabupaten Banyumas Berbasis Web’, Jurnal Sarjana Teknik Informatika; Vol 3, No 1 (2015): Februari. Available at: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF/article/view/3035.

Novitasari, D. (2018) ‘Integrasi Data Sistem Informasi Akademik Dan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web’, Jurnal Sistem Informasi dan Bisnis Cerdas, 11(1), pp. 1–8. Available at: http://ejournal.upnjatim.ac.id/index.php/sibc/article/view/11011.

Unduhan

Diterbitkan

25-04-2022

Cara Mengutip

Al Mahkya, D., Widhiatmoko , F., Anggraini , D., Setiawan, T., Dwi Irawati , F. dan Cahyo Untoro , M. (2022) “Pelatihan Penerapan Sistem Integrasi Data Kependudukan Sederhana (SIDaKS) Di Kecamatan Kota Agung Timur Tanggamus”, Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Radisi, 2(1), hlm. 1–5. doi: 10.55266/pkmradisi.v2i1.68.

Terbitan

Bagian

Artikel