Pelatihan Bahasa Inggris Aktif Bagi Peserta Kejar Paket B Di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Rinjani Kota Mataram Nusa Tenggara Barat
DOI:
https://doi.org/10.55266/pkmradisi.v2i1.121Kata Kunci:
Pelatihan, Kejar Paket B, Bahasa Inggris AktifAbstrak
Penguasaan bahasa inggris adalah sesuatu yang sangat berperan penting di era globalisasi. Program pengabdian masyarakat terselenggara untuk menambah kualitas sumber daya manusia melalui pelatihan bahasa inggris komunikatif bagi peserta Kejar Paket B di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Rinjani, Lingkungan Kekalik Jaya, Kota Mataram – Nusa Tenggara Barat. Pelatihan ini bertujuan memberikan keterampilan bahasa inggris aktif bagi peserta pelatihan sehingga nantinya mereka dapat menggunakan keterampilan tersebut untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik di masa depan. Pelatihan ini diikuti oleh 20 peserta dan dilaksanakan dua kali dalam seminggu selama 3 bulan. Metode pembelajaran yang diterapkan dalam pelatihan ini adalah permainan dan diskusi guna mengidentifikasi pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan. Metode ceramah digunakan saat proses belajar bagi pengembangan kosakata dan tata bahasa dalam bahasa inggris. Ketercapaian program pengabdian masyarakat ini terlihat dari peningkatan hasil belajar, hasil pada siklus I 60.71 % bertambah secara signifikan menjadi 79.17 % pada siklus II. Indikator pencapaian sudah terpenuhi 75 %. Peserta pelatihan terlihat sangat antusias dan gembira mengikuti kegiatan ini, dapat disimpulkan bahwa pelatihan bahasa inggris yang disajikan secara menyenangkan dan komunikatif dapat memberi pengaruh signifikan bagi kemampuan peserta pelatihan.
Unduhan
Referensi
Arikunto, S. (2006) ‘Prosedur penelitian tindakan kelas’, Bumi Aksara.
Gorys Keraf, D. (2009) Diksi dan Gaya Bahasa. Gramedia Pustaka Utama. Available at: https://books.google.co.id/books?id=2zm9pAbUHP8C.
Harmer, J. (2001) The practice of English language teaching. [Essex, England]: Longman.
Lauder, A. (2008) ‘the Status and Function of English in Indonesia: a Review of Key Factors’, Makara Human Behavior Studies in Asia, 12(1), p. 9. doi: 10.7454/mssh.v12i1.128.
Littlewood, W. et al. (1981) Communicative Language Teaching: An Introduction. Cambridge University Press (Cambridge Books for Language Teachers). Available at: https://books.google.co.id/books?id=C699JJZEEeAC.
Susanthi, I. G. A. A. D. (2021) ‘Kendala dalam Belajar Bahasa Inggris dan Cara Mengatasinya’, Linguistic Comunity Service Journal, 1(2), pp. 64–70. Available at: https://www.ejournal.warmadewa.ac.id.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Etika Ariyani
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.