Pelatihan Bahasa Inggris Aktif Bagi Peserta Kejar Paket B Di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Rinjani Kota Mataram Nusa Tenggara Barat

Penulis

  • Etika Ariyani Muhammadiyah University of Mataram

DOI:

https://doi.org/10.55266/pkmradisi.v2i1.121

Abstrak

Penguasaan bahasa inggris adalah sesuatu yang sangat berperan penting di era globalisasi. Program pengabdian masyarakat  terselenggara  untuk menambah  kualitas sumber daya manusia melalui pelatihan bahasa inggris komunikatif bagi peserta Kejar Paket B di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Rinjani, Lingkungan Kekalik Jaya, Kota Mataram – Nusa Tenggara Barat. Pelatihan ini  bertujuan memberikan keterampilan bahasa inggris aktif  bagi peserta pelatihan sehingga  nantinya mereka dapat menggunakan keterampilan tersebut untuk mendapatkan pekerjaan  yang lebih baik di masa depan. Pelatihan ini diikuti oleh 20 peserta dan dilaksanakan dua kali dalam seminggu selama 3 bulan. Metode pembelajaran yang diterapkan dalam pelatihan ini adalah  permainan dan diskusi guna mengidentifikasi pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan. Metode ceramah digunakan saat proses belajar bagi pengembangan kosakata dan tata bahasa dalam bahasa inggris. Ketercapaian program pengabdian masyarakat ini  terlihat dari peningkatan hasil belajar, hasil  pada siklus I 60.71 % bertambah secara signifikan menjadi 79.17 % pada siklus II. Indikator pencapaian sudah terpenuhi 75 %. Peserta pelatihan terlihat sangat antusias dan gembira mengikuti kegiatan ini, dapat disimpulkan bahwa pelatihan bahasa inggris  yang disajikan secara menyenangkan dan komunikatif dapat memberi pengaruh  signifikan bagi kemampuan peserta pelatihan.

Kata Kunci:

Pelatihan, Kejar Paket B, Bahasa Inggris Aktif

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arikunto, S. (2006) ‘Prosedur penelitian tindakan kelas’, Bumi Aksara.

Gorys Keraf, D. (2009) Diksi dan Gaya Bahasa. Gramedia Pustaka Utama. Available at: https://books.google.co.id/books?id=2zm9pAbUHP8C.

Harmer, J. (2001) The practice of English language teaching. [Essex, England]: Longman.

Lauder, A. (2008) ‘the Status and Function of English in Indonesia: a Review of Key Factors’, Makara Human Behavior Studies in Asia, 12(1), p. 9. doi: 10.7454/mssh.v12i1.128.

Littlewood, W. et al. (1981) Communicative Language Teaching: An Introduction. Cambridge University Press (Cambridge Books for Language Teachers). Available at: https://books.google.co.id/books?id=C699JJZEEeAC.

Susanthi, I. G. A. A. D. (2021) ‘Kendala dalam Belajar Bahasa Inggris dan Cara Mengatasinya’, Linguistic Comunity Service Journal, 1(2), pp. 64–70. Available at: https://www.ejournal.warmadewa.ac.id.

Unduhan

Diterbitkan

25-04-2022

Cara Mengutip

Ariyani, E. (2022) “Pelatihan Bahasa Inggris Aktif Bagi Peserta Kejar Paket B Di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Rinjani Kota Mataram Nusa Tenggara Barat”, Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Radisi, 2(1), hlm. 11–18. doi: 10.55266/pkmradisi.v2i1.121.

Terbitan

Bagian

Artikel