Optimasi Produksi dan Pemasaran Kerajinan Tenun Sidingkat sebagai Produk Unggulan Desa Sidingkat di Kabupaten Padang Lawas Utara

Penulis

  • Abdul Rahman Suleman Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
  • Yulia Rizki Ramadhani Universitas Graha Nusantara
  • Muhammad Noor Hasan Siregar Universitas Graha Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.55266/pkmradisi.v3i3.366

Abstrak

Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini dilaksanakan dengan dengan tujuan untuk meningkatkan produksi kerajinan tenun Sidingkat sebagai produk unggulan di Desa Sidingkat, Kecamatan Padang Bolak, Kabupaten Padang Lawas Utara. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pendampingan kepada para pengrajin tenun dalam mengatasi kendala-kendala yang dihadapi, khususnya dalam hal pemasaran dan promosi produk. Metode pelaksanaan PKM dilakukan melalui tahapan persiapan, analisis data, desain materi pelatihan, pelaksanaan, dan evaluasi. Data yang dikumpulkan dianalisis secara deskriptif untuk merancang strategi pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan mitra. Selanjutnya, pelatihan Pemasaran dan Promosi dilaksanakan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pengrajin dalam mengelola pemasaran produk tenun Sidingkat. Hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan produksi kerajinan tenun Sidingkat dan permintaan produk setelah mengikuti pelatihan. Para mitra melaporkan adanya peningkatan popularitas produk mereka di pasaran setelah menerapkan strategi pemasaran dan promosi yang baru. Kesimpulannya, Program PKM ini berhasil memberikan manfaat bagi para mitra dalam mengembangkan industri kerajinan tenun Sidingkat. Keberhasilan ini menegaskan pentingnya peran PKM dalam pemberdayaan masyarakat dan pengembangan potensi lokal. Dukungan dan kerjasama antara akademisi, pemerintah, dan masyarakat menjadi kunci dalam mewujudkan perubahan positif bagi sektor kerajinan dan perekonomian lokal.

Kata Kunci:

optimasi, Kerajinan Tenun , Tenun Sidingkat, pelatihan, pemasaran, promosi

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

ewi, N. C., Tanudjaja, B. B., & Banindro, B. S. (2014). Perancangan Buku Tenun Ikat Bandar Kidul Kediri. Jurnal DKV Adiwarna, 1(4), 12.

Harahap, L. A. (2022). Karakteristik Kerajinan Kain Tenun di Desa Sidingkat Kecamatan Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara. UNIMED.

Sitohang, D. H., Siregar, A., & ayu Nurhidayati, S. (2023). SEJARAH DAN MAKNA ULOS BATAK TOBA. Jurnal Ilmiah Widya Pustaka Pendidikan, 11(2), 27–34

Unduhan

Diterbitkan

31-01-2024

Cara Mengutip

Suleman, A. R. ., Ramadhani, Y. R. dan Siregar, M. N. H. (2024) “Optimasi Produksi dan Pemasaran Kerajinan Tenun Sidingkat sebagai Produk Unggulan Desa Sidingkat di Kabupaten Padang Lawas Utara”, Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Radisi, 3(3), hlm. 125–133. doi: 10.55266/pkmradisi.v3i3.366.

Terbitan

Bagian

Artikel