Pelatihan Microsoft Excel Di Kantor Badan Perencanaan Dan Penelitian Pengembangan Daerah Kota Padangsidempuan

Penulis

  • Aris Munandar Harahap Universitas Graha Nusantara
  • Agustalinda Nora Universitas Graha Nusantara
  • Fithra Maharani Universitas Graha Nusantara
  • Nurdelila Universitas Graha Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.55266/pkmradisi.v2i2.157

Abstrak

Dewasa ini perkembangan teknologi yang sangat pesat mengharuskan setiap individu memiliki kemampuan dalam dunia digital. Kemampuan digital ngat dibutuhkan dalam berbagai aspek manusia sekarang ini, khususnya dunia kerja. Dunia kerja saat ini banyak mengandalkan teknologi digital dalam mencapai target dan tujuannya. Saal satu keterampilan yang harus dimiliki oleh pencarai kerja adalah kemamouan daam menggunakan Microsoft Excel. Ms.Excel merupakan program komputer yang digunakan dalam membuat laporan, presentasi serta melakukan perhitungan analisis-analisis sederhana yang biasa digunakan dalam duni kerja. Menyadari hal ini sebagai salah satu kontribusi yang diberikan oleh duni pergurun tinggi adalah melakukan pelatihan bagi nstitusi yang membeutuhkan. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai pelatihan Ms. Excel yang dilaksnakan di kantor BAPLITBANGDA Kota Padangsidimpuan dengan materi dasar-dasar komputer Microsoftt Excel. Tujuan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi tenaga kerja di lingkungan BPLITBANGDA Kota Padangsidimpuan.  Kegiatan pelatihan menggunakan sistem dril yaitu perpaduan teori dengan praktik. Pada sesi praktik peserta mengerjakan latihan yang diberikan dan pendampingan dilakukan untuk memberikan arahan ada peserta. Evaluasi dilakukan diakhir pelaksanaan PkM, dari hasil evaluasi secara statistik menunjukkan pelatihan mampu meningkatkan kompetensi peserta dalam menggunakan Microsoft excel dan mendapatkan tanggapan positif dari peserta pelatihan dengan 62,78% memberikan respon positif.

Kata Kunci:

pelatihan, Microsoft Office, Microsoft Excel

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Fadli, A., Jannah, W. and Juniyati, R. E. (2021) ‘Pelatihan Komputer Menggunakan Aplikasi Microsoft Office untuk mendukung Proses Kegiatan Belajar Mengajar bagi Guru MI Swasta NW 2 Borok’ Tumbuh Kecamatan Suralaga’, KARYA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), pp. 1–6. Available at: https://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/KARYA_JPM/article/view/29.

Jumriadi et al. (2021) ‘Pelatihan Ms. Office Warga Kelurahan Pengembangan Peserta Program Paket C PKBM AZZHARA Kota Banjarmasin’, Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas, 6(April), pp. 421–428. Available at: https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/AIJP/article/view/4627.

Karya, S. M. K. P. et al. (2021) ‘PELATIHAN MICROSOFT OFFICE UNTUK MENINGKATKAN KEGIATAN PEMBELAJARAN PADA’, IV(02), pp. 57–63.

Pungkasanti, P. T. (2018) Peningkatan Keterampilan Penggunaan Perangkat Lunak Perkantoran Bagi Guru PAUD di Kecamatan Tugu. Semarang. Available at: https://repository.usm.ac.id/detail-pengabdian-88.html.

Sari, R., Fitriyani, A. and Prabandari, R. D. (2020) ‘Optimalisasi Penggunaan MS . Word dan MS . Excel pad Siswa SMP PGRI Astra Insani Bekasi’, Jurnal ABDIMAS UBJ, 3(2), pp. 95–104. Available at: https://www.google.com/search?q=Optimalisasi+Penggunaan+MS+.+Word+dan+MS+.+Excel+pad+Siswa+SMP+PGRI+Astra+Insani+Bekasi&rlz=1C1CHBF_enID924ID924&oq=Optimalisasi+Penggunaan+MS+.+Word+dan+MS+.+Excel+pad+Siswa+SMP+PGRI+Astra+Insani+Bekasi&aqs=chrome..69i57.994j0j4&sourceid=chrome&ie=UTF-8.

Yosrita, E. et al. (2018) ‘Pelatihan Ms. Office Word dan Excel bagi Perangkat Desa & masyarakat Desa Ciaruteun Ilir Bogor’, Terang, 1(1), pp. 86–95. Available at: https://stt-pln.e-journal.id/terang/article/view/209.

Unduhan

Diterbitkan

10-08-2022

Cara Mengutip

Harahap, A. M., Nora, A. ., Maharani, F. . dan Nurdelila (2022) “Pelatihan Microsoft Excel Di Kantor Badan Perencanaan Dan Penelitian Pengembangan Daerah Kota Padangsidempuan”, Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Radisi, 2(2), hlm. 50–55. doi: 10.55266/pkmradisi.v2i2.157.

Terbitan

Bagian

Artikel