Standarisasi Kerja Dalam Mengurangi Barang Retur Pada Sub Divisi Mobil Box Sunter PT Dunia Express Transindo
DOI:
https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v2i1.237Kata Kunci:
Standarisasi Kerja , Mengurangi Barang Retur, PT Dunia Express TransindoAbstrak
Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui barang apa saja yang paling sering mengalami retur, faktor penyebab barang retur, dan cara mengurangi barang retur pada Sub Divisi Mobil Box Sunter PT Dunia Express Transindo. Metode analisis masalah pada kegiatan ini dimulai dari persentase dan breakdown data barang retur, analisis Metode Pareto,Diagram Fishbone dan tabel sebab akibat, Dalam menentukan solusi dari masalah digunakan metode 5W + 1H. Dari hasil kegiatan diperoleh susu, makanan ringan (plastic), dan minyak goreng merupakan barang yang sering diretur oleh konsumen. 20% penyebab utama barang retur ini adalah barang penyok, barang terlipat, dan barang tidak sesuai jumlah yang dipesan. Setelah dilakukan analisis Diagram Fishbone, akar masalah diketahui faktor manusia dan faktor metode. Berdasarkan metode 5W + 1H, maka diperoleh rekomendasi untuk melakukan penambahan SOP yang spesifik dan penambahan simbol peringatan pada mobil truk.
Unduhan
Referensi
Aprianto, T., Setiawan, I., & Purba, H. H. (2021). Implementasi metode Failure Mode and Effect Analysis pada Industri di Asia – Kajian Literatur. Jurnal Manajemen & Teknik Industri – Produksi, 21(2), 165–174. https://doi.org/10.350587/Matrik
Fernando, V., Setiawan, I., Rizki, Y., Purba, H. H., & Azizah, F. N. (2022). Analysis Capability Process of Fuel Tank Production: A Case Study in Manufacturing Industry. Journal Knowledge Industrial Engineering), 9(1), 24–34. https://doi.org/10.35891/jkie.v9i1.2919
Hendra, Setiawan, I., Hernadewita, & Hermiyetti. (2021). Evaluation of Product Quality Improvement Against Waste in the Electronic Musical Instrument Industry. Jurnal Ilmiah Teknik Elektro Komputer Dan Informatika, 7(3), 402–411. https://doi.org/10.26555/jiteki.v7i3.21904
Irwanto, A., Arifin, D., & Arifin, M. M. (2020). Peningkatan Kualitas Produk Gearbox Dengan Pendekatan DMAIC Six Sigma Pada PT. XYZ. Jurnal Kalibrasi-Karya Lintas Ilmu Bidang Rekayasa Arsitektur Sipil Industri, 3(1), 1–17. https://doi.org/10.37721/kalibrasi.v3i1.638
Setiawan, I., & Setiawan. (2020). Defect reduction of roof panel part in the export delivery process using the DMAIC method: a case study. Jurnal Sistem Dan Manajemen Industri, 4(2), 108–116. https://doi.org/10.30656/jsmi.v4i2.2775
Suratno, & Ichtiarto, B. P. (2021). Reduce Carbon Emissions of Logistic Transportation Using Eight Steps Approach in Indonesian Automotive Industry. Journal Europeen Des Systemes Automatises, 54(6), 819–826.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Edward Rosyidi, Nensi Yuselin, Luthfia Putri
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.