Standarisasi Kerja Dalam Mengurangi Barang Retur Pada Sub Divisi Mobil Box Sunter PT Dunia Express Transindo

Penulis

  • Edward Rosyidi Politeknik Astra
  • Nensi Yuselin Politeknik Astra
  • Luthfia Putri Politeknik Astra

DOI:

https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v2i1.237

Abstrak

Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui barang apa saja yang paling sering mengalami retur, faktor penyebab barang retur, dan cara mengurangi barang retur pada Sub Divisi Mobil Box Sunter PT Dunia Express Transindo. Metode analisis masalah pada kegiatan ini dimulai dari persentase dan  breakdown data barang retur, analisis Metode Pareto,Diagram Fishbone dan tabel sebab akibat, Dalam menentukan solusi dari masalah digunakan metode 5W + 1H. Dari hasil kegiatan diperoleh susu, makanan ringan (plastic), dan minyak goreng merupakan barang yang sering diretur oleh konsumen. 20% penyebab utama barang retur ini adalah barang penyok, barang terlipat, dan barang tidak sesuai jumlah yang dipesan. Setelah dilakukan analisis Diagram Fishbone, akar masalah diketahui faktor manusia dan faktor metode. Berdasarkan metode 5W + 1H, maka diperoleh rekomendasi untuk melakukan penambahan SOP yang spesifik dan penambahan simbol peringatan pada mobil truk.

Kata Kunci:

Standarisasi Kerja , Mengurangi Barang Retur, PT Dunia Express Transindo

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aprianto, T., Setiawan, I., & Purba, H. H. (2021). Implementasi metode Failure Mode and Effect Analysis pada Industri di Asia – Kajian Literatur. Jurnal Manajemen & Teknik Industri – Produksi, 21(2), 165–174. https://doi.org/10.350587/Matrik

Fernando, V., Setiawan, I., Rizki, Y., Purba, H. H., & Azizah, F. N. (2022). Analysis Capability Process of Fuel Tank Production: A Case Study in Manufacturing Industry. Journal Knowledge Industrial Engineering), 9(1), 24–34. https://doi.org/10.35891/jkie.v9i1.2919

Hendra, Setiawan, I., Hernadewita, & Hermiyetti. (2021). Evaluation of Product Quality Improvement Against Waste in the Electronic Musical Instrument Industry. Jurnal Ilmiah Teknik Elektro Komputer Dan Informatika, 7(3), 402–411. https://doi.org/10.26555/jiteki.v7i3.21904

Irwanto, A., Arifin, D., & Arifin, M. M. (2020). Peningkatan Kualitas Produk Gearbox Dengan Pendekatan DMAIC Six Sigma Pada PT. XYZ. Jurnal Kalibrasi-Karya Lintas Ilmu Bidang Rekayasa Arsitektur Sipil Industri, 3(1), 1–17. https://doi.org/10.37721/kalibrasi.v3i1.638

Setiawan, I., & Setiawan. (2020). Defect reduction of roof panel part in the export delivery process using the DMAIC method: a case study. Jurnal Sistem Dan Manajemen Industri, 4(2), 108–116. https://doi.org/10.30656/jsmi.v4i2.2775

Suratno, & Ichtiarto, B. P. (2021). Reduce Carbon Emissions of Logistic Transportation Using Eight Steps Approach in Indonesian Automotive Industry. Journal Europeen Des Systemes Automatises, 54(6), 819–826.

Unduhan

Diterbitkan

01/31/2023

Cara Mengutip

Rosyidi, E., Yuselin, N., & Putri, L. (2023). Standarisasi Kerja Dalam Mengurangi Barang Retur Pada Sub Divisi Mobil Box Sunter PT Dunia Express Transindo. KALANDRA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 21–29. https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v2i1.237

Terbitan

Bagian

Artikel