Sosialisasi Praktikum Fisika Materi Suhu dan Kalor di MAS Hajijah Amalia Sari Padangsidimpuan

Penulis

  • Evitamala Siregar Universitas Graha Nusantara
  • Rizki Fadilah Universitas Graha Nusantara
  • Kasmawati Universitas Graha Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v2i4.311

Abstrak

Fisika merupakan pembelajaran yang tidak bisa lebas dari yang namanya praktikum, fisika jika dijelaskan dengan teori saja akan membuat siswa bosan dalam belajar fisika. Sehingga tujuan dilakukannya pengabdian ini adalah untuk memotivasi dan memberikan pengetahuan baru kepada siswa di sekolah MAS Hajijah Amalia Sari Padangsidimpuan mengenai praktikum fisika materi suhu dan kalor dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan ini di ikuti 25 orang siswa. Metode Pelaksanaan kegiatan ini adalah praktek langsung dalam memberikan materi pembelajaran dengan menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) sebagai panduan dalam mengerjakan praktikum dalam setiap materi. Berdasarkan hasil kegitan yang dilakukan dapat disimpulkan dengan menggunakan praktikum membuat siswa lebih antusias dan aktif dalam belajar fisika dan merubah mindset siswa bahwa belajar fisika tidak hanya sedekar hapalan rumus-rumus saja tetapi bisa menjadi pembelajaran yang menyenangkan jika dilakukan dengan praktikum untuk membuktikan teori yang ada. Dan terjadi peningkatan nilai siswa dalam menjawab pertanyaan yang ada di Lembar Kerja Siswa pertama sampai keempat (LKS1-4) sehingga siswa semakin mahir dalam melaksanakan praktikum materi suhu dan kalor sesuai dengan langkah-langkah yang ada di lembar kerja siswa.

Kata Kunci:

Praktikum Fisika, Suhu dan Kalor, sosialisasi

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Astuti, I.A.D. (2015). Penentuan Konduktivutas Termal Logam Tembaga, Kuningan, dan Besi dengan Metode Gandengan. Prosiding Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika (SNFPF) ke 6. 6(1), 31.

Hara, A.K., Astiti, K.A., & Lantik, V. (2023). Analisis Pengua saan Konsep Fisika pada Materi Suhu dan Kalor Pasca Pembelajaran Online di Kelas XI SMA Negeri 12 Kota Kupang. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 14(2), 118.

Jannah, R., & Haryadi, R. (2020). Pembelajaran Daring Fisika Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(2), 355-363.

Lana, K. (2020). Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Menerapkan Metode Problem Solving pada Peserta Didik Kelas VII Albaab Kota Ternate. Kuantum: Jurnal Pembelajaran dan Sains Fisika, 1-16.

Laksanawati, W. D. Kusdiwelirawan, A., & Cianda, F. A. B. (2021). PKM Meningkatkan Minat Siswa SMA di Sekitar Sudin Pendidikan Wilayah 2 Jakarta Timur Terhadap Fisika Melalui Workshop Media Pembelajaran Berbasis Mikrokontroller. Journal Community Service Consortium, 2(2), 1-10.

Muhsin, M. (2019). Application of Talking Stick Learning Model to Improve Students Positif Attitude and Learning Achievement in The Subject of Heat. Jurnal Pendidikan Fisika. 32-48.

Ramil, E.R. (2020). Analisis Lingkungan Belajar Siswa Mata Pelajaran Fisika di Sekolah Menengah Atas Negeri 10 Kota Jambi. Schrodinger: Journal of Physics Eduation, 1(1), 07-12.

Unduhan

Diterbitkan

07/28/2023

Cara Mengutip

Siregar, E., Fadilah, R., & Kasmawati. (2023). Sosialisasi Praktikum Fisika Materi Suhu dan Kalor di MAS Hajijah Amalia Sari Padangsidimpuan. KALANDRA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(4), 161–167. https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v2i4.311

Terbitan

Bagian

Artikel