Aplikasi Terapi Bermain dalam Mengurangi Kecemasan Anak Di Era Pandemi Covid 19
DOI:
https://doi.org/10.55266/pkmradisi.v1i2.12Kata Kunci:
Bermain, Covid-19, Kecemasan, Peran Orang tuaAbstrak
Pertumbuhan dan perkembangan merupakan perubahan yang menjadi perhatian khusus bagi orang tua. Kondisi anak sangat mencerminkan masa depan dari anak. Sehat secara fisik dan psikologis sangat membantu proses pertumbuhan dan perkembangan yang maksimal. Selain masalah fisik dan psikologi masalah lingkungan dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak, salah satunya kondisi pandemi Covid-19. Covid-19 menjadi hal yang paling di takuti oleh masyarakat termasuk orang tua yang mempunyai anak yang masih dalam proses pertumbuhan dan perkembangan. Tanda dan gejala yang muncul akibat Covid-19 pada usia pertumbuhan dan perkembangan sangat bervariasi. Permasalah yang muncul akibat Covid-19 yang terjadi pada anak harus mendapatkan tindakan lebih lanjut agar tidak memperparah kodisi yang akan berpengaruh pada prtumbuhan dan perkembangan anak. Terapi bermain dapat menjadi pencegahan agar anak tidak mengalami masalah yang berat akibat Covid-19. Kegiatan terapi bermain pada anak dimasa pandemi Covid-19 dialkukan dengan pendekatan kepada masayarakat dengan tetap memperhatikan protokol kesehataan. Dari kegiatan yang dilakukan terlihat kreasi anak dan keceria yang muncul pada saat bermain. Covid-19 bukan menjadi hal yang ditakuti oleh anak dalam menjalankan proses bermain dimasa pertumbuhan dan perkembangan. Orang tua merasakan tenang dan senang dengan adanya kegiatan bermain dimasa pandemi Covid-19.
Unduhan
Referensi
Agustino, L. (2020). Analisis Kebijakan Penanganan Wabah Covid-19 : Pengalaman Indonesia Analysis Of Covid-19 Outbreak Handling Policy : The Experience Of Indonesia. Jurnal Borneo Administrator, 16(2), 253–270.
Alfiyati, D., Hartiti, T., & Samiasih, A. (2012). Pengaruh Terapi Bermain Terhadap Tingkat Kecemasan An. Jurnal Keperawatan, 1(1), 35–44.
Anhusadar, L., & Islamiyah, I. (2020). Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Anak Usia Dini di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 463. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.555
Keifer, G., & Effenberger, F. (1967). Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.
Yulianingsih, W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2020). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138–1150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Reni
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.