Pelatihan Pembukuan Sederhana Berbasis Microsoft Excel Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Semarang

Penulis

  • Andhy Tri Adriyanto Universitas Semarang
  • Wyati Saddewisasi Universitas Semarang
  • Agus Prasetyo Universitas Semarang

DOI:

https://doi.org/10.55266/pkmradisi.v3i2.308

Abstrak

Pembuatan laporan keuangan secara sederhana berbasis microsoft excel untuk pengelolaan proses bisnis bagi dunia industri mikro, kecil dan menengah sangat dibutuhkan demi modernisasi di bidang pembukuan terutama di masa pandemi covid 19 saat ini. Sistem pembukuan berbasiskan microsoft excel yang bersifat sederhana dan mudah dipahami saat ini sudah banyak diciptakan yang memiliki tujuan membantu pelaku unit usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam mendapatkan laporan bisnis yang efisien, cepat, dan akurat. Masalah yang timbul adalah pelaku usaha UMKM ini belum terbiasa menggunakan sistem pembukuan berbasiskan microsoft excel sehingga membuat kinerja pelaku unit usaha UMKM ini menjadi kurang baik. Oleh karenanya, diperlukan waktu dan tempat dalam meningkatkan kemampuan pelaku usaha UMKM di Kota Semarang dalam penggunaan sistem pembukuan berbasiskan microsoft excel untuk mengelola laporan bisnisnya. Tujuan dari pengelolaan sistem pembukuan ini adalah sistem tersebut dapat meningkatkan kinerja bisnis dari pelaku unit usaha kecil mikro dan menengah (UMKM) khususnya di Kota Semarang. Peningkatan kemampuan pelaku usaha UMKM ini akan diakomodasi melalui program Pengabdian kepada Masyarakat menggunakan metode praktek. Pelaku UMKM di Kota Semarang ini sebagai peserta pelatihan telah mendapatkan pelatihan peningkatan ketrampilan dalam menggunakan sistem pembukuan secara sederhana.

Kata Kunci:

pelatihan, sistem pembukuan, laporan keuangan, UMKM

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ananda, A.D dan Susilowati, D. 2017. Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Berbasis Industri Kreatif Di Kota Malang. Jurnal Ilmu Ekonomi X J(X): 120 – 142.

Andriyani, O., Cangara, H., & Sadjad, R.S. (2014). Penggunaan Teknologi Informasi Online Dalam Kecepatan Pelayanan dan Pengamanan pada Bank BCA Makassar (Sebuah Studi Komunikasi Organisasi). Jurnal Komunikasi KAREBA, Vol. 3, No. 1, 58.

Baldric Siregar, Suripto Bambang, Hapsoro Dody, Widodo Lo Eko, Kusumasari Lita, dkk. 2013. Akuntansi Biaya, E1. Jakarta: Salemba Empat.

Dunia, F. A., & Wasilah. (2009). Akuntansi Biaya. Jakarta: Salemba Empat.

Damana, A. W. A. & Suardikha, I. M. S. (2016). Pengaruh Keterlibatan Pemakai, Pelatihan, Ukuran Organisasi, dan Keahlian Pemakai Terhadap Kinerja Sistem Informasi Akuntansi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana Vol 14, No. 2, 1452.

Garrison, Nooren dan Brewer. 2005. Akuntansi Manajerial. Jakarta: Salemba Empat.

http://infowisata.ukm.semarangkota.go.id/infouk m/ukm_olahan_pangan

Istifadah, N dan Tjaraka, H. 2017. Kreativitas dan Inovasi pada Industri Kreatif untuk Meningkatkan Daya Saing dan Kesinambungan Pertumbuhan Ekonomi. Proceeding : Conference on Management and Behavioral Studies Universitas Tarumanagara ISSN NO: 2541-3406 e-ISSN NO: 2541-285X: 89-99.

Kurniawati, L., Akbar, R. O., & Misri, M. A. (2015). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Praktikum Terhadap Keterampilan Berpikir Kristis Matematika Siswa Kelas VIII SMP N 3 Sumber Kabupaten Cirebon. Jurnal EduMa Vol. 4, No. 2. 62.

Mulyadi. (2009). Akuntansi Biaya: Percetakan STIE YKPN.

Riwayadi. (2014). Akuntansi Biaya, Pendekatan Tradisional dan Kontemporer. Jakarta: Salemba Empat.

Rahmanto, B.T., Nurjanah, S, dan Darmo, I.S. 2018. Peran Komunitas Dalam Meningkatkan Kinerja Ukm (Ditinjau Dari Faktor Internal). Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT 3 (1): 18: 1-10.

Sulasni, T., Kridalaksana, A. H., & Arifin, Z. (2014). Sistem Informasi Pengelolaan Koperasi Karyawan PT. XYZ Menggunakan Bahasa Pemrograman Visual Basic. Jurnal Informatika Mulawarman, Vol. 9, No. 3, 1.

Susanti, N. (2014). Sistem Informasi Simpan Pinjam Badan Keswadayaan Masyarakat Studi Kasus BKM Sarana Makmur. Jurnal SIMETRIS, Vo l. 5, No. 1, 41.

Unduhan

Diterbitkan

05-08-2023

Cara Mengutip

Adriyanto, A. T., Saddewisasi, W. . dan Prasetyo, A. (2023) “Pelatihan Pembukuan Sederhana Berbasis Microsoft Excel Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Semarang”, Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Radisi, 3(2), hlm. 46–52. doi: 10.55266/pkmradisi.v3i2.308.

Terbitan

Bagian

Artikel