Pendampingan Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Permainan Edukatif Di Paud Ra-Raihan
DOI:
https://doi.org/10.55266/pkmradisi.v1i1.2Kata Kunci:
pendidikan karakter, permainan edukatif, paudAbstrak
Tujuan kegiatan pengabdian untuk menguatkan pedidikan karakter melalui permainan edukatif di PAUD RA-RAIHAN. Langkah-langkah yang dilakukan oleh tim dalam rangka melaksakan kegiatan ini adalah sebagai berikut: (1) Survey, (2) Pemantapan dan penentuan lokasi dan sasaran, (3) Pembelian bahan permainan edukasi, (4) pelaksanaan pendampingan penguatan pendidikan karakter melalui permainan edukatif. Penguatan pendidikan karakter untuk anak PAUD dapat dilakukan dengan menggunakan permainan edukasi. Ketika permainan itu digunakan dengan tepat dan dalam pengawasan guru maupun orang tua dapat ditanamkan nilai- nilai pendidikan karakter religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca dan peduli lingkungan
Unduhan
Referensi
Brissel, L., Dupont, L., & Morel, L. (2013). Contribution to setting up a sustainable learning in an Eco-Neighbourhood development plan based on “serious game.” https://doi.org/10.1109/ITMC.2013.7352607
KEMDIKNAS. (2011). Petunjuk teknis penyelenggaraan Taman Kanak-kanak. http://www.paudni.kemdiknas.go.id/paud/
Peta Jalan Penguatan Pendidikan Karakter, 1 (2017).
Sagala, S. (2010). Konsep dan makna pembelajaran. In Alfabeta.
Suryadi. (2007). Cara Efektif Memahami Perilaku Anak Usia Dini. EDSA Mahkota.
Yulianti, D. (2010). Bermain sambil belajar sains di taman kanak-kanak. Jakarta: PT Indeks.
Zaman, B. (2014). Esensi Sumber Belajar dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. In Universitas Terbuka.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Adek Nilasari Harahap, Nurdalilah, Siti Meutia Sari
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.