Praktek Aplikasi Laporan Keuangan Menggunakan Microsoft Excel Pada Anggota Pengembangan Ekonomi Lokal (PEL) Kota Semarang

Penulis

  • Agus Prasetyo Universitas Semarang
  • Wyati Saddewisasi Universitas Semarang
  • Andhy Tri Adriyanto Universitas Semarang

DOI:

https://doi.org/10.55266/pkmradisi.v2i2.159

Abstrak

Praktek pembuatan laporan keuangan berbasis microsoft excel untuk pengelolaan proses bisnis bagi dunia industri Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) sangat dibutuhkan. Sistem pembukuan berbasiskan microsoft excel yang sangat mudah dipahami saat ini sudah banyak diciptakan dengan tujuan membantu pelaku usaha dalam mendapatkan laporan keuangan yang efektif dan efisien. Atas dasar tersebut, sangat diperlukan waktu untuk meningkatkan kemampuan pelaku usaha UMKM di Kota Semarang dalam menggunakan sistem pembuatan laporan keuangan berbasiskan microsoft excel untuk mengelola laporan bisnisnya.

Tujuan dari pelatihan ini adalah dapat meningkatkan performa bisnis dari mitra, khususnya UMKM batik yang tergabung dalam anggota PEL kota Semarang. Peningkatan kemampuan mitra akan diakomodasi melalui program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan menggunakan metode pelatihan secara tatap muka. Mitra yang tergabung dalam sentra bisnis batik sebagai peserta pelatihan telah mendapatkan pelatihan peningkatan ketrampilan dalam menggunakan sistem pembukuan secara manual.

Berdasarkan permasalahan diatas, maka pelaksanaan kegiatan pengabdian kali ini adalah dengan pemberian praktek langsung yang disertai dengan diskusi mengenai proses pembuatan laporan keuangan berbasis microsoft excel yang meliputi pendampingan, penyempurnaan software serta praktek mengoperasikan secara langsung. Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini diadakan pada semester genap tahun 2021/2022.

Dalam pengabdian kali ini luaran yang dicapai adalah mitra dapat mengetahui manfaat dari sistem dan dapat menggunakan fitur untuk mengolah laporan keuangannya secara langsung. Peserta pelatihan dapat memanfaatkan sistem pembukuan berbasis microsoft excel untuk menjurnal setiap transaksi, sehingga mendapatkan laporan keuangan secara cepat dan efisien.

Kata Kunci:

Praktek, Pembukuan, Laporan Keuangan, UMKM

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Andriyani, O., Cangara, H., & Sadjad, R.S. (2014). Penggunaan Teknologi Informasi Online Dalam Kecepatan Pelayanan dan Pengamanan pada Bank BCA Makassar (Sebuah Studi Komunikasi Organisasi). Jurnal Komunikasi KAREBA, Vol. 3, No. 1, 58.

Baldric Siregar, Suripto Bambang, Hapsoro Dody, Widodo Lo Eko, Kusumasari Lita, dkk. 2013. Akuntansi Biaya, E1. Jakarta: Salemba Empat.

Dunia, F. A., & Wasilah. (2009). Akuntansi Biaya. Jakarta: Salemba Empat.

Damana, A. W. A. & Suardikha, I. M. S. (2016). Pengaruh Keterlibatan Pemakai, Pelatihan, Ukuran Organisasi, dan Keahlian Pemakai Terhadap Kinerja Sistem Informasi Akuntansi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana Vol 14, No. 2, 1452.

Garrison, Nooren dan Brewer. 2005. Akuntansi Manajerial. Jakarta: Salemba Empat.

http://infowisata.ukm.semarangkota.go.id/infouk m/ukm olahan pangan

Istifadah, N dan Tjaraka, H. 2017. Kreativitas dan Inovasi pada Industri Kreatif untuk Meningkatkan Daya Saing dan Kesinambungan Pertumbuhan Ekonomi. Proceeding : Conference on Management and Behavioral Studies Universitas Tarumanagara ISSN NO: 2541-3406 e-ISSN NO: 2541-285X: 89-99.

Kurniawati, L., Akbar, R. O., & Misri, M. A. (2015). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Praktikum Terhadap Keterampilan Berpikir Kristis Matematika Siswa Kelas VIII SMP N 3 Sumber Kabupaten Cirebon. Jurnal EduMa Vol. 4, No. 2. 62.

Riwayadi. (2014). Akuntansi Biaya, Pendekatan Tradisional dan Kontemporer. Jakarta: Salemba Empat.

Rahmanto, B.T., Nurjanah, S, dan Darmo, I.S. 2018. Peran Komunitas Dalam Meningkatkan Kinerja Ukm (Ditinjau Dari Faktor Internal). Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT 3 (1): 18: 1-10.

Sulasni, T., Kridalaksana, A. H., & Arifin, Z. (2014). Sistem Informasi Pengelolaan Koperasi Karyawan PT. XYZ Menggunakan Bahasa Pemrograman Visual Basic. Jurnal Informatika Mulawarman, Vol. 9, No. 3, 1.

Susanti, N. (2014). Sistem Informasi Simpan Pinjam Badan Keswadayaan Masyarakat Studi Kasus BKM Sarana Makmur. Jurnal SIMETRIS, Vol l. 5, No. 1, 41.

Unduhan

Diterbitkan

25-08-2022

Cara Mengutip

Prasetyo, A., Saddewisasi, W. . dan Adriyanto, A. T. (2022) “Praktek Aplikasi Laporan Keuangan Menggunakan Microsoft Excel Pada Anggota Pengembangan Ekonomi Lokal (PEL) Kota Semarang”, Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Radisi, 2(2), hlm. 72–78. doi: 10.55266/pkmradisi.v2i2.159.

Terbitan

Bagian

Artikel