Sosialisasi dan Pelatihan Tata Kelola Administrasi Pemerintahan Kelurahan Batunadua Jae Padangsidimpuan

Penulis

  • Indra Syahputra Marpaung Universitas Graha Nusantara
  • Tri Eva Juniasih Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan
  • Rina Tiur Lona Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan
  • Nurbaya Harianja Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan

DOI:

https://doi.org/10.55266/pkmradisi.v1i2.16

Abstrak

Tata kelola administrasi pemerintahan kelurahan yang baik dalam membangun wilayahnya adalah pengelolaan pemerintahan yang mengatur desa/kelurahan harus menjunjung tinggi transparansi, akuntabilitas, responsibilitas, independensi dan kesetaraan/ kewajaran serta berpegang teguh pada aturan dan prosedur yang berlaku. Tata kelola administrasi kelurahan yang baik akan menjadi faktor penunjang dalam pembangunan kelurahan dan kesejahteraan masyarakat kelurahan yang dipimpinnya. Pengabdian kepada masyarakat ini adalah salah satu pelaksanaan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi berupa sosialisasi dan pelatihan tata kelola administrasi di Kelurahan Batunadua Jae Kecamatan Batuandua Padangsidimpuan Kota Padangsidimpuan. Adapun tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dan pemahaman para pegawai dalam mengelola dan menjalankan tgas dan fungsinya terutama dalam pelayanan masyarakat agar pembangunan desa di wilayah kelurahan tersebut dapat terwujud secara merata. Berdasarkan hasil evaluasi diperoleh kesimpulan bahwa terdapat peningkatan sikap pegawai dalam melayani publik, kemampuan melaksanakan tatakelola administrasi pemerintahan baik dalam pelayanan masyarakat maupun dalam menggunakan komputer sudah meningkat.

Kata Kunci:

Sosialisasi, Pelatihan, Tata Kelola, Administrasi

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Bratakusumah, D. S. and Solihin, D. (2002) Otonomi penyelenggaraan Pemerintahan Daerah. Jakarta: Gramedia.

Daniri, M. A. (2005) Good corporate governance: konsep dan penerapannya dalam konteks Indonesia. Ray Indonesia. Available at: https://books.google.co.id/books?id=UQXtAAAAMAAJ.

Mufiz, A. (2016) ‘Pengantar ilmu administrasi negara’, Jakarta: Graha Ilmu.

Negeri, P. M. D. (2015) Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan. Indonesia.

Pusat, P. (2014) Peraturan Pemerintah (PP) tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Indonesia: LN. 2014 No. 113, TLN No. 5539, LL SETNEG : 71 HLM.

Rachman, N. M., Efendi, A. and Wicaksana, E. (2011) Panduan lengkap perencanaan CSR. Penebar Swadaya.

Yansen (2014) Revolusi dari Desa : saatnya dalam pembangunan percaya sepenuhnya kepada rakyat. Edited by D. Mawardi. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Yusid Toyib, R. N. (2018) Transformasi Public Private Partnership Indonesia. PT Elex Media Komputindo. Available at: https://books.google.co.id/books?id=bEBlDwAAQBAJ.

Zulkarnain, D. (2020) ‘Peranan Camat Dalam Mewujudkan Tata Pemerintahan Yang Baik ( Good Governance ) Di Kantor Kecamatan Buru Kabupaten Karimun Provinsi Kepulauan Riau’, PUBLIKA: Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 6(1). doi: 10.25299/jiap.2020.vol6(1).4998.

Unduhan

Diterbitkan

31-08-2021

Cara Mengutip

Marpaung, I. S., Juniasih, T. E., Lona, R. T. dan Harianja, N. (2021) “Sosialisasi dan Pelatihan Tata Kelola Administrasi Pemerintahan Kelurahan Batunadua Jae Padangsidimpuan”, Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Radisi, 1(2), hlm. 50–56. doi: 10.55266/pkmradisi.v1i2.16.

Terbitan

Bagian

Artikel