Pelatihan Aplikasi Edmodo Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Exact Media Center Kota Padangsidimpuan

Penulis

  • Yusra Fadhillah Universitas Graha Nusantara
  • Muhammad Noor Hasan Siregar Universitas Graha Nusantara
  • Novita Aswan Universitas Graha Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.55266/pkmradisi.v1i2.10

Abstrak

Pembelajaran merupakan hal yang utama dalam sebuah institusi pendidikan, sehingga proses pembelajaran yang baik akan menghasilkan lulusan yang baik pula. Pasca terjadinya penyebaran Covid-19 semua kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat dibatasi dengan cara menerapkan PPK M secara berkala. Hal ini tidak hanya berdampak pada kegiatan social, bidang Pendidikan pun ikut lumpuh. Keadaan ini tentu saja perlu diperbaiki dengan meningkatkan sarana pembelajaran jarak jauh (Daring) melalui penerapan sistem e-learning. Minimnya pengetahuan penggunaan e-learning membuat para tentor dan siswa kesulitan dalam melaksanakan pembelajaran daring. Tujuan kegiatan pengabdian ini dilakukan dalam bentuk pelatihan mulai dari pengenalan terhadap aplikasi e-learning yaitu edmodo sistem kelola pembelajaran, kemudian bagaimana cara menggunakan aplikasi tersebut dengan berbagai fitur-fitur untuk memudahkan bagi tentor dan siswa dalam penyampaian materi. Metode pelaksanaan pengabdian ini dilakukan dengan melalui beberapa tahap yaitu, sosialisasi, pelatihan, praktik dan monitoring. Target kegiatan ini adalah tentor dan siswa EMC di Kota Padangsidimpuan. Hasil evaluasi kegiatan pelaksanaan pelatihan ini menunjukan bahwa kegiatan ini bermanfaat untuk menunjang proses belajar mengajar di bimbel EMC. Pelatihan ini diharapkan mampu meningkatkan keterampilan tentor dan siswa dalam menggunakan media e-learning Edmodo, dan kesimpulan dalam kegiatan ini adalah ilmu dalam penggunaan media e-learning edmodo bagi tentor dan siswa, sehingga diharapkan kedepannya tentor-tentor di EMC dapat menggunakan media e-learning sebagai penunjang kegiatan pembelajaran.

Kata Kunci:

Media Aplikas E-Learning, Edmodo, Covid-19

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

W. Wiryanto (2020). "Proses Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar di tengah pandemi Covid-19", Jurnal Review Pendidikan Dasar Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, Vol. 6. No. 2, pp.125-132

M. Agustina, (2013). "Pemanfaatan E-Learning sebagai media pembelajaran" dalam Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI). Vol.1. No.1.

L. M. Dwiharja, (2015). "Memanfaatkan Edmodo Sebagai Media Pembelajaran Akuntansi", dalam prosiding Seminar Nasional, Vol. 9.

Z. Ainiyah (2015). "Penggunaan Edmodo Sebagai Media Pembelajaran E-Learning Pada Mata Pelajaran Otomatisasi Perkantoran di SMKN 1 Surabaya". Jurnal Admnistrasi Perkantoran (JPAP). Vol. 3, No. 3

I. Irwandani, S.Juariyah. (2016). "Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Komik Fisika Berbantuan Sosial Media Instagram Sebagai Alternatif Pembelajaran". Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni. Vol. 5, No. 1, pp. 33-42.

S. Herlinda, S. Hidayat, I. Djumena (2017). "Manajemen Pelatihan Hantaran Dalam Meningkatkan Kecakapan Hidup Warga Belajar di Lembaga Kursus dan Pelatihan". Journal of Nonformal Education and Comunnity Empowerment, Vol. 1, No. 1, pp. 1-9.

I. Ilfiandra, U. Suherman, S.N. Akhamd, A.Budiamin & S.Setiawati (2016). "Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru SD". Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, Vol. 1, No. 1, pp. 70-81.

S. Mafulah, T.T. R Wilujeng (2018). "Pelatihan Pengenalan Aplikasi Pembelajaran Edmod Bagi Mahasiswa Universitas Kajuruhan Malang". JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat. Vol. 1, No. 1, pp. 70-81.

S. Sukardi, S.Hartanto (2019). "Pelatihan Pemanfaatan Media E-Learning Edmodo di SMKN 2 Tulungagung". J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 6, No. 1

Munir.(2009) Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta. 1-16.

Santoso, S. Lestari (2019) The Roles of Technology Literacy and Technology Integration to Improve Students’ Teaching Competencies. KnE Social Sciences, 3(11): 243-256

Triwibowo, W. (2020). Gagap 3 Aspek Vital: kuliah online di tengah Covid-19 bisa perparah gap akses pembelajaran bermutu bagi mahasiswa miskin.[online]. Tersedia: https://theconversation.com/amp/gagap-3- aspek-vital-kuliah-online-di-tengah-covid-19-bisa-perparah-gap-aksespembelajaran-bermutu-bagi-mahasiswa-miskin-134933.

Hamid, A. R. A. H. (2020). Social responsibility of medical journal: a concern for COVID-19 pandemic. Medical Journal of Indonesia, 29(1), 1–3. https://doi.org/10.13181/mji.ed.204629

Dewi, N., Murtinugraha, R. E., & Arthur, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Kuliah Teori dan Praktik Plambing di Program Studi S1 PVKB UNJ. Jurnal PenSil, 7(2), 25–34. https://doi.org/10.21009/pensil.7.2.6

Education, I. S. for T. in. (2016). ISTE standards teachers. International Society for Technology in Education. [online]. Tersedia: http://www.iste.org/standards/ISTE-standards/standards-for-teachers.pdf

Cheawjindakarn, B., Suwannatthachote, P., dan Theeraroungchaisri, A. (2012). Critical Success Factors for Online Distance Leaning In Higher Education: A Review of the Literature. Creative Education. 3(supplement): 61-66.

Arifa, F, N. (2020) Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar dari Rumah dalam Masa Darurat Covid-19. Kajian Singkat Terhadap isu Aktual dan Strategis. 12(7): 13-18.

Unduhan

Diterbitkan

31-08-2021

Cara Mengutip

Fadhillah, Y., Siregar, M. N. H. dan Aswan, N. (2021) “Pelatihan Aplikasi Edmodo Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Exact Media Center Kota Padangsidimpuan ”, Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Radisi, 1(2), hlm. 57–63. doi: 10.55266/pkmradisi.v1i2.10.

Terbitan

Bagian

Artikel