Pemberdayaan Pendidikan Melalui Pengadaan Buku Bacaan Perpustakaan Desa Jatimulya, Kuningan, Untuk Masa Depan Yang Unggul

Penulis

  • Vina Agustiana Universitas Kuningan
  • Muhammad Aprianto Budie Nugroho Universitas Kuningan
  • Erwin Oktoma Universitas Kuningan
  • Aam Muawanah Universitas Kuningan
  • Alifia Yasmin Universitas Kuningan
  • Arfan Ramanda Universitas Kuningan
  • Elgah Aldy Universitas Kuningan
  • Fina Saeila Azka Universitas Kuningan
  • Nico Saputra Universitas Kuningan
  • Rafika Universitas Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.55266/pkmradisi.v4i2.436

Kata Kunci:

Perpustakaan Desa, Literasi Desa, Pengadaan Buku, Pemberdayaan Pendidikan

Abstrak

Rendahnya tingkat literasi dan numerasi di desa-desa Indonesia menjadi tantangan signifikan dalam pembangunan sosial dan ekonomi. Perpustakaan desa yang seharusnya menjadi pusat literasi sering kali tidak memiliki koleksi buku yang memadai untuk mendukung pendidikan masyarakat. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan literasi di Desa Jatimulya, Kuningan, Jawa Barat, melalui pengadaan buku bacaan dan penataan perpustakaan desa. Metode yang digunakan mencakup penataan taman baca, penyerahan buku bacaan, dan pelaksanaan kegiatan literasi. Kegiatan ini dihadiri oleh 18 siswa sekolah dasar yang menunjukkan antusiasme tinggi dalam sesi pembacaan cerita dan latihan membaca. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pengadaan buku yang tepat dan program literasi yang terarah dapat meningkatkan minat baca serta kemampuan literasi siswa. Dengan fasilitas perpustakaan yang lebih baik dan dukungan berkelanjutan, perpustakaan desa memiliki potensi besar untuk menjadi pusat literasi yang efektif dalam mendukung pemberdayaan pendidikan di desa. Kegiatan ini berhasil mencapai tujuannya dan memberikan dampak positif bagi masyarakat, terutama dalam membangun budaya literasi di kalangan anak-anak.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Afriany Susanti, D., Paulima Hutapea, E., Samuel Gebi, J., & Studi PGSD, P. (n.d.). Pemberdayaan Literasi Rumah Baca Desa Jonggi Manulus Kecamatan Parmaksian. https://doi.org/10.37081/adam.v3i2.2132

Agustiana, V. (2023). Mengoptimalkan literasi masyarakat perdesaan melalui seminar pola asuh: Mendidik anak kembali ke fitrah. Abdimas Siliwangi, 6(3). https://doi.org/10.22460/as.v6i3.20330

Agustiana, V., Rahmatunisa, W., Asikin, N. A., Aprianto, D. M., & Nugroho, B. (n.d.). Meningkatkan kemampuan bahasa inggris tutor rintisan kampung Inggris Desa Galaherang Kecamatan Maleber Kabupaten Kuningan melalui pelatihan berbasis TOEFL. 6(1), 72–82. https://doi.org/10.22460/as.v6i1.14528

Agustiana, V., Rahmatunisa, W., & Octaviansyah, N. (2023). Kamuskun Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Web Untuk Meningkatkan Literasi Masyarakat Kamuskun As A Web-Based English Learning Media To Improve Community Literacy. Journal Of Empowerment, 4(2). https://kamuskun-6k1d.glide.page/dl/3b1bc8.

Agustiana, V., Wulan Rahmatunisa, Endang Darsih, & Nida Amalia Asikin. (2022). Penguatan Literasi Bahasa Inggris Siswa SD Melalui Storytelling Di Desa Kalimanggis Wetan. KALANDRA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(6), 159–164. https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v1i6.212

Atmi, R. T., Gunarti, E., Mutia, F., & Prihatini, I. C. (2022). Peningkatan literasi masyarakat melalui perpustakaan desa berbasis inklusi sosial. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 5(3), 486–497. https://doi.org/10.33474/jipemas.v5i3.15559

Manurung, T. N., Pratiwi, E. A., Hidayah, A. S. 2023. Peningkatan Minat Baca dan Literasi Anak-anak Sekolah Dasar Melalui Program Pojok Baca di SDN 040527 Bersama Mahasiswa KKN UINSU 108 di Desa Tiga Panah Kec.Tiga Panah Kab.Karo. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara. 4(3), 2642–2647. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v4i2.1596

Nugroho, M. A. B., Agustiana, V., Oktoma, E., & Bunaya, A. L. (2024). Digital Reading bagi Anak-Anak di Rumah Cerdas di Desa Kalimanggis Wetan, Kecamatan Kalimanggis, Kabupaten Kuningan. Jurnal Abdimas Mahakam, 8(01), 23–31. https://doi.org/10.24903/jam.v8i01.2355

Oktoma, E., Aprianto, M., Nugroho, B., Agustiana, V., Rofiddin, M., & Linggar Bunaya, A. (n.d.). Menumbuhkan budaya literasi anak melalui rumah baca masyarakat. 6(1), 90–98. https://doi.org/10.22460/as.v6i1.14543

Oktaviani, T.S.L, Putra, L.V., Maftukhah, M., Safitri, I., dan Afianti, M. 2024. Pendampingan Pojok Literasi Sebagai Upaya Peningkatan Literasi Dan Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti. Volume 5(1), 100-113

Rustiarini, N. W., & Dewi, N. K. C. (2021). Penataan Perpustakaan Desa untuk Meningkatkan Literasi Membaca. LOSARI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 8–15. https://doi.org/10.53860/losari.v3i1.35

Subardin, M., Imelda, I., Yuniarti, E., Suhel, S., Teguh, M., Kartasari, S. F., & Sari, K. (2023). Pojok Baca sebagai Inisiasi Sentra Edukasi Menumbuhkan Minat Baca. Jurnal Pemberdayaan Umat, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.35912/jpu.v2i1.1320

Unduhan

Diterbitkan

31-08-2024

Cara Mengutip

Agustiana, V. (2024) “Pemberdayaan Pendidikan Melalui Pengadaan Buku Bacaan Perpustakaan Desa Jatimulya, Kuningan, Untuk Masa Depan Yang Unggul”, Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Radisi, 4(2), hlm. 47–52. doi: 10.55266/pkmradisi.v4i2.436.

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.