Glokalisasi Pendidikan Akhlak Untuk Mempersiapkan Generasi Emas Indonesia 2045

Penulis

  • Heny Kusmawati Sekolah Tinggi Agama Islam Pati

DOI:

https://doi.org/10.55266/pkmradisi.v1i2.14

Abstrak

Glokalisasi dimaknai sebagai globalization with local flavor melalui pendekatan global value chain dan upgrading tercipta produk berakhlakul karimah di Indonesia tahun 2045. Implementasi perubahan yang dilakukan pada globalisasi didominasi kapitalisme dan sosialisme sehingga budaya barat mengubah akhlak remaja usia 15-17 yang sedang mencari identitas. Desa Babalan adalah subjek penelitian dimana salah satu wilayah yang mewadahi tentang bagaimana pembentukan dengan Akhlak ISLAMI (Ikhlas-Sabar-Lillah-Amanah-Maunah-Islah) yang memiliki ilmu teknologi dan kualitas yang mampu bersaing dalam globalisasi tanpa meninggalkan budaya daerah dan akhlak Islami. Tujuan penulisan artikel ini adalah mendeskripsikan tahapan pelaksanaan glokalisasi pendidikan akhlak untuk mempersiapkan generasi emas Indonesia tahun 2045 . Metode penelitian adalah penelitian kualitatif dengan mengumpulkan data-data melalui pendekatan grounded theory. Hasil tulisan artikel ini memetakan  tahapan pelaksanaan glokalisasi pendidikan akhlak untuk mempersiapkan generasi emas Indonesia Tahun 2045.

Kata Kunci:

Glokasilasi, Pendidikan, Akhlak, Generasi Emas Indonesia, Tahun 2045

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Budiasih, I. G. A. N. (2013) ‘Metode Grounded Theory Dalam Riset Kualitatif’, Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis; Vol 9 No 1 (2014). Available at: https://ojs.unud.ac.id/index.php/jiab/article/view/10869.

Creswell, J. W. (2014) Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications. Available at: https://books.google.co.id/books?id=4uB76IC_pOQC.

Hasanah, N. (2018) Glokalisasi kurikulum Cambridge di sekolah dasar yang berbabis Islam. Sekolah Pascasarjana UIN Jakarta. Available at: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/44934.

Hidayat, R. and Abdillah, A. (2019) ‘Ilmu Pendidikan: Konsep, Teori Dan Aplikasinya’. Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).

Kusmawati, H. and Surachman, A. I. (2019) ‘Glokalisasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Madrasah Aliyah Keagamaan Di Era Revolusi Industri 4.0’, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(2). doi: http://dx.doi.org/10.30659/pendas.6.2.98-115.

Marimba, A. D. (1964) Pengantar filsafat pendidikan Islam. Penerbit Alma ́arif. Available at: https://books.google.co.id/books?id=XcruEBKNDJIC.

Patel, F. and Lynch, H. (2013) ‘Glocalization as an Alternative to Internationalization in Higher Education : Embedding Positive Glocal Learning Perspectives’, International Journal of Teaching and Learning in Higher Education.

Sylvestre, R. and Paez, T. (2015) ‘The effects of single-parenting on children’s educational success’, Journal of Psychology Research Proposals, 6, pp. 22–28.

Maragustam (2020) Webinar Nasional “Kurikulum Akhlak dalam Mempersiapkan Generasi Emas Indonesia 2045”. PPTX diikuti tanggal 9 Agustus 2020.

Unduhan

Diterbitkan

31-08-2021

Cara Mengutip

Kusmawati, H. (2021) “Glokalisasi Pendidikan Akhlak Untuk Mempersiapkan Generasi Emas Indonesia 2045”, Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Radisi, 1(2), hlm. 69–76. doi: 10.55266/pkmradisi.v1i2.14.

Terbitan

Bagian

Artikel