Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Media Gambar Pada Anak Taman Kanak-Kanak (TK) Tunas Palma Kerumutan

Penulis

  • Vera Sriwahyuningsih Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Mufadhal Barseli Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Desi Afrianti Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

DOI:

https://doi.org/10.55266/pkmradisi.v2i3.216

Abstrak

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ni dilakukan sebagai kegiatan sosialisasi dan edukasi terhadap anak Taman Kanak-Kanak (TK) Tunas Palma Kerumutan. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM)  ini dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan tentang bagaimana cara meningkatkan kemampuan berbicara anak melalui media gambar. Berdasarkan perkembangan anak bahwa masih banyak ditemukan masalah yang dihadapi oleh anak TK seperti sulitnya berbicara, menyambung kosa kata untuk percakapan dalam bahasa yang baik dan benar pada kegiatan pembelajaran. Tujuan lain dari kegiatan ini yaitu untuk memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan anak secara optimal sehingga anak lebih senang bermain dan bersosialisasi dengan teman sebayanya. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kajian pustaka dan mengamati perubahan dari sebelum diberikan pelatihan dengan setelah diberikan pelatihan. Berdasarkan hasil kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Tim PKM UPI YPTK Padang pada anak didik TK Tunas Palma Kerumutan dapat disimpulkan bahwa media gambar memberikan pengaruh pada kemampuan berbicara anak di taman Kanak-Kanak (TK).

Kata Kunci:

Taman Kanak-Kanak (TK), Kemampuan Berbicara, Media Gambar

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Dewi, A. R. T., Mayasarokh, M. and Gustiana, E. (2020) ‘Perilaku sosial emosional anak usia dini’, Jurnal Golden Age, 4(01), pp. 181–190.

Hanafi, A. H. (2011) ‘Metode penelitian bahasa: untuk penelitian’. Tesis, dan Disertasi.

Hurlock, E. (2007) ‘Perkembangan Anak Edisi Kesebelas Jilid 1’, Jakarta, Erlangga, 50.

Meleong Lexy, J. (2006) ‘Metodologi Penelitian kualitatif, Edisi Revisi, Bandung: PT’, Rosda Karya.

Sugiyono, D. (2013) ‘Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D’. Alfabeta.

Suhartono (2005) Pengembangan Keterampilan Bicara Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Unduhan

Diterbitkan

15-12-2022

Cara Mengutip

Sriwahyuningsih, V., Mufadhal Barseli dan Desi Afrianti (2022) “Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Media Gambar Pada Anak Taman Kanak-Kanak (TK) Tunas Palma Kerumutan”, Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Radisi, 2(3), hlm. 84–89. doi: 10.55266/pkmradisi.v2i3.216.

Terbitan

Bagian

Artikel