Metode Drilling: Transformasi Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Bagi Siswa Kelas 6 di Desa Manggari Kec Lebakwangi Kab Kuningan

Transforming the Learning of English Speaking Skills for Grade 6 Students in Manggari Village, Lebakwangi District, Kuningan.

Penulis

  • Ilham Ariffianto Azis Universitas Kuningan
  • Vina Agustiana Universitas Kuningan
  • Helfi Diani Rosa Universitas Kuningan
  • Inneke Cika Wandira Universitas Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.55266/pkmradisi.v5i1.509

Kata Kunci:

Pengulangan, bermain peran, bernyanyi, pidato

Abstrak

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara (speaking) dalam bahasa Inggris pada anak-anak usia 10 hingga 12 tahun di Desa Manggari, Kecamatan Lebakwangi, Kabupaten Kuningan. Pendekatan yang digunakan dalam pelatihan adalah teknik drilling yang dikombinasikan dengan metode role play, speech, dan singing. Kegiatan dilaksanakan dalam dua sesi tatap muka yang dirancang untuk membangun kebiasaan berbicara melalui latihan pengulangan, pelafalan, dan interaksi kontekstual. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada pelafalan, intonasi, kelancaran berbicara, serta kepercayaan diri peserta. Selain itu, siswa menunjukkan antusiasme tinggi terhadap proses belajar yang menyenangkan dan kontekstual. Meskipun terdapat keterbatasan waktu dan tantangan dalam penguasaan kosakata baru, metode yang diterapkan terbukti efektif dalam menciptakan suasana belajar yang aktif dan partisipatif. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi model alternatif dalam pengajaran bahasa Inggris yang komunikatif di lingkungan masyarakat.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abrar, A., & Widiati, B. (2024). The Use of Drilling Method in English Speaking Skills. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, 8(3), 436. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v8i3.1000

Agustiana, V., Rahmatunisa, W., Asikin, N. A., & ... (2023). Meningkatkan kemampuan bahasa inggris tutor rintisan kampung Inggris Desa Galaherang Kecamatan Maleber Kabupaten Kuningan melalui pelatihan berbasis …. Abdimas …, 6(1), 72–82. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/abdimas-siliwangi/article/view/14528%0Ahttps://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/abdimas-siliwangi/article/viewFile/14528/4106

Al-Zoubi, A. M., & Suleiman, L. M. (2021). Flipped classroom strategy based on critical thinking skills: Helping fresh female students acquiring derivative concept. International Journal of Instruction, 14(2), 791–810. https://doi.org/10.29333/iji.2021.14244a

Dwiyanti, A., & Lolita, Y. (2023). The Effectiveness of Role Play in Improving Speaking Skill of EFL Students. Prosodi, 17(2), 138–148. https://doi.org/10.21107/prosodi.v17i2.17064

Lestari, I. W., & Hardiyanti, N. (2020). Vocabulary learning autonomy through incorporation of english songs: Indonesian EFL students’ perspectives. 3L: Language, Linguistics, Literature, 26(2), 94–104. https://doi.org/10.17576/3L-2020-2602-07

Putra, M. A., Fridayanto, D., Aji, B. P., Karim, S. A., & Sudiro, S. (2022). ENHANCING EFL LEARNERS’ SPEAKING SKILLS THROUGH THE AUDIO-LINGUAL METHOD. Journal of English Language and Pedagogy, 5(June), 86796.

Semiun, T. T., Wisrance, M. W., Napitupulu, M. H., Seran, Y., Luruk, F. D., & Pale, E. S. (2022). Pelatihan Pidato Bahasa Inggris sebagai upaya Peningkatan Kemampuan Speaking. Empowerment : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(02), 2015–2222. https://doi.org/10.25134/empowerment.v5i02.5516

Unduhan

Diterbitkan

22-04-2025

Cara Mengutip

Azis, I. A. (2025) “Metode Drilling: Transformasi Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Bagi Siswa Kelas 6 di Desa Manggari Kec Lebakwangi Kab Kuningan: Transforming the Learning of English Speaking Skills for Grade 6 Students in Manggari Village, Lebakwangi District, Kuningan”., Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Radisi, 5(1), hlm. 1–7. doi: 10.55266/pkmradisi.v5i1.509.

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

1 2 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.