Metode Drilling: Transformasi Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Bagi Siswa Kelas 6 di Desa Manggari Kec Lebakwangi Kab Kuningan
Transforming the Learning of English Speaking Skills for Grade 6 Students in Manggari Village, Lebakwangi District, Kuningan.
DOI:
https://doi.org/10.55266/pkmradisi.v5i1.509Kata Kunci:
Pengulangan, bermain peran, bernyanyi, pidatoAbstrak
Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara (speaking) dalam bahasa Inggris pada anak-anak usia 10 hingga 12 tahun di Desa Manggari, Kecamatan Lebakwangi, Kabupaten Kuningan. Pendekatan yang digunakan dalam pelatihan adalah teknik drilling yang dikombinasikan dengan metode role play, speech, dan singing. Kegiatan dilaksanakan dalam dua sesi tatap muka yang dirancang untuk membangun kebiasaan berbicara melalui latihan pengulangan, pelafalan, dan interaksi kontekstual. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada pelafalan, intonasi, kelancaran berbicara, serta kepercayaan diri peserta. Selain itu, siswa menunjukkan antusiasme tinggi terhadap proses belajar yang menyenangkan dan kontekstual. Meskipun terdapat keterbatasan waktu dan tantangan dalam penguasaan kosakata baru, metode yang diterapkan terbukti efektif dalam menciptakan suasana belajar yang aktif dan partisipatif. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi model alternatif dalam pengajaran bahasa Inggris yang komunikatif di lingkungan masyarakat.
Unduhan
Referensi
Abrar, A., & Widiati, B. (2024). The Use of Drilling Method in English Speaking Skills. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, 8(3), 436. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v8i3.1000
Agustiana, V., Rahmatunisa, W., Asikin, N. A., & ... (2023). Meningkatkan kemampuan bahasa inggris tutor rintisan kampung Inggris Desa Galaherang Kecamatan Maleber Kabupaten Kuningan melalui pelatihan berbasis …. Abdimas …, 6(1), 72–82. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/abdimas-siliwangi/article/view/14528%0Ahttps://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/abdimas-siliwangi/article/viewFile/14528/4106
Al-Zoubi, A. M., & Suleiman, L. M. (2021). Flipped classroom strategy based on critical thinking skills: Helping fresh female students acquiring derivative concept. International Journal of Instruction, 14(2), 791–810. https://doi.org/10.29333/iji.2021.14244a
Dwiyanti, A., & Lolita, Y. (2023). The Effectiveness of Role Play in Improving Speaking Skill of EFL Students. Prosodi, 17(2), 138–148. https://doi.org/10.21107/prosodi.v17i2.17064
Lestari, I. W., & Hardiyanti, N. (2020). Vocabulary learning autonomy through incorporation of english songs: Indonesian EFL students’ perspectives. 3L: Language, Linguistics, Literature, 26(2), 94–104. https://doi.org/10.17576/3L-2020-2602-07
Putra, M. A., Fridayanto, D., Aji, B. P., Karim, S. A., & Sudiro, S. (2022). ENHANCING EFL LEARNERS’ SPEAKING SKILLS THROUGH THE AUDIO-LINGUAL METHOD. Journal of English Language and Pedagogy, 5(June), 86796.
Semiun, T. T., Wisrance, M. W., Napitupulu, M. H., Seran, Y., Luruk, F. D., & Pale, E. S. (2022). Pelatihan Pidato Bahasa Inggris sebagai upaya Peningkatan Kemampuan Speaking. Empowerment : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(02), 2015–2222. https://doi.org/10.25134/empowerment.v5i02.5516
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Ilham Ariffianto Azis, Vina Agustiana, Helfi Diani Rosa, Inneke Cika Wandira

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.