Pelatihan Parenting Melalui Pemanfaatan Internet Sehat Sebagai Upaya Mengurangi Kecanduan Internet (Media Sosial) Pada Yayasan Nurul Islam Sabillurrosyad

Penulis

  • Agustiena Merdekawati Universitas Bina Sarana Informatika
  • Azis Sukma Dhiana Universitas Bina Sarana Informatika
  • Jefina Tri Kumalasari Universitas Bina Sarana Informatika
  • Irwin Sukrisno Sugeng Universitas Bina Sarana Informatika
  • Susi Wahyu Lestari Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.55266/pkmradisi.v1i3.63

Abstrak

Digital parenting merupakan strategi pengasuhan orang tua terkait aturan penggunaan perangkat digital baik online maupun offline untuk melindungi keselamatan anak dari ancaman penggunaannya. Pengabdian masyarakat ini untuk memberikan pelatihan parenting melalui pemanfaatan internet sehat sebagai upaya mengurangi kecanduan internet (media sosial) sehingga dapat mensosialisasikan bagaimana cara menggunakan media internet dan media sosial yang baik dan benar, menyebarkan informasi dan edukasi serta membimbing mereka agar lebih berhati-hati memilih penggunaan internet yang baik dan benar serta bertanggung jawab, sehingga tidak menjadikan kecanduan media sosial. Dalam kegiatan pelatihan ini diadakan di Yayasan Nurul Islam Sabillurrosyad dengan target bagi ibu rumah tangga dan santri. Metode pelaksanaan pada kegiatan yaitu memberikan sosialisasi dan pelatihan parenting melalui pemanfaatan internet sehat untuk mengurangi kecanduan internet (media sosial), melakukan tanya jawab dan diskusi dengan bebagi pengalaman.

Kata Kunci:

Digital Parenting, Internet Sehat, Kecanduan Internet, Media Sosial

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Haryanto, A. T. (2019). Pengguna Internet Indonesia Didominasi Milenial. DetikInet.

Hiryanto. (2017). PEDAGOGI, ANDRAGOGI DAN HEUTAGOGI SERTA IMPLIKASINYA DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT. Dinamika Pendidikan, XXII, N0.0, 65.

Mardatila, A. (2020). Mengenal Tujuan Sosialisasi, Jenis dan Penjelasannya Menurut Para Ahli. Merdeka.Com.

Ramadhan, B. (2020). Data Internet di Indonesia dan Perilakunya Tahun 2020. Teknoia.Com.

Tech, K. (2020). Jumlah Pengguna Internet Indonesia Tahun 2020 Capai 196,7 Juta, Naik karena WFH. KumparanTECH.

Unduhan

Diterbitkan

28-12-2021

Cara Mengutip

Merdekawati, A., Dhiana, A. S., Kumalasari, J. T. ., Sugeng, I. S. . dan Lestari, S. W. . (2021) “Pelatihan Parenting Melalui Pemanfaatan Internet Sehat Sebagai Upaya Mengurangi Kecanduan Internet (Media Sosial) Pada Yayasan Nurul Islam Sabillurrosyad”, Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Radisi, 1(3), hlm. 233–239. doi: 10.55266/pkmradisi.v1i3.63.

Terbitan

Bagian

Artikel