Penerapan Pendidikan Literasi Akuntansi Dalam Peningkatan Kinerja UMKM Rengginang Singkong KWT Rukun Makaryo Desa Kedungdowo
DOI:
https://doi.org/10.55266/pkmradisi.v3i3.342Kata Kunci:
UMKM, Rengginang Singkong, Biaya ProduksiAbstrak
UMKM rengginang singkong masih memiliki banyak kendala dalam menjalankan usahanya. Kendala tersebut dapat menimbulkan masalah dalam keberlangsungan UMKM yang perlu di cari solusinya. Pokok permasalahan yang menjadi kendala dalam kelangsungan bisnis mereka adalah tidak adanya pencatatan terhadap biaya produksi. Hal itu di sebabkan oleh kesulitan pelaku UMKM dalam memulai melakukan pencatatan biaya produksi dan kurangnya kesadaran mereka mengenai pentingnya pencatatan pengeluaran. Dalam menjalankan usahanya pelaku UMKM hanya menjual produk mereka dengan harga produk yang menyesuaikan harga pasar dengan begitu mereka tidak memperhitungkan modal yang mereka keluarkan selama masa produksi yang berdampak pada memperoleh keuntungan yang maksimal. Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk meningkatkan kesadaran kepada pelaku UMKM di Desa Keudungdowo untuk mulai melakukan pencatatan keuangan dan memberikan media pencatatan biaya produksi untuk memudahkan pelaku UMKM dalam melakukan pengelolaan keuangan. Dari kegiatan ini diharapkan dapat membantu pemerintah desa dalam mejaga keberlangsungan UMKM masyarakat,
Unduhan
Referensi
Dewi, M. & Riani, E., 2020. Strategi Pemasaran UMKM Dalam Meningkatkan Daya Saing di Pasar Ritel Modern Carrefour (Kasus PT MadaniFood, Jakarta). Jurnal Manajemen IKM, Volume 15(1), pp. 77-83.
Mandasari, D. J., Widodo, J. & Djaja, S., 2019. Strategi Pemasaran Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Batik Magenda Tamanan Kabupaten Bondowoso. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Volume 13(1), pp. 123-128.
Solihin, D. et al., 2020. Penerapan Strategi Pemasaran Sebagai Upaya Meningkatkan Usaha Kecil Dan Menengah Warga di Kelurahan Paninggilan Utara Ciledug. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Volume 1(3), pp. 351-355.
Werdani, R. E. et al., 2020. Pelatihan Pemasaran Produk Homemade Melalui Sosial Media. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, Volume 4(1), pp. 1-5.
Yustita, E. & A., 2022. Pendampingan Penentuan Harga Pokok Produksi (HPP) dan Harga Jual pada UMKM di Desa Sawahkulon. Jurnal Pengabdian Masyarakat, Volume 3(1), pp. 1-9.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Muhammad Edward Putra Armiawan, Dandi Setio Yodanto, Wahyu Tri Handayani, Hanifah Rizqi Azzahra
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.