Pelatihan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Menggunakan Metode TPR Bagi Anak-Anak Panti Asuhan Al Mim Palangka Raya
DOI:
https://doi.org/10.55266/pkmradisi.v3i1.261Kata Kunci:
Kosakata, Pelatihan, TPRAbstrak
Penguasaan kosakata bahasa Inggris merupakan hal yang tidak mudah, mengingat bahasa Inggris adalah bahasa asing. Untuk menguasai kosakata bahasa Inggris diperlukan metode pembelajaran yang tepat. Hal ini yang menjadi dasar untuk melaksanakan pelatihan penguasaan kosakata bahasa Inggris menggunakan metode Total Physical Response bagi anak-anak Panti Asuhan Al Mim Palangka Raya. Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh 10 peserta pelatihan dan didampingi oleh satu orang instruktur. Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan Juni tahun 2022 selama satu hari yang meliputi persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Materi pelatihan berupa penguasaan kosakata bahasa Inggris menggunakan metode Total Physical Response (TPR). Daftar kosakata bahasa Inggris yang diberikan berkaitan dengan bagian-bagian tubuh dan wajah (parts of body and face). Hasil pelatihan menunjukan bahwa metode Total Physical Response (TPR) dapat diaplikasikan dengan baik dalam penguasaan kosakata bahasa Inggris. Metode ini dapat membuat para peserta pelatihan menjadi sangat antusias, para peserta pelatihan terbantu dengan adanya metode ini, dan suasana pembelajaran kosakata menjadi menyenangkan, sehingga materi kosakata Bahasa Inggris yang diberikan dapat dengan mudah dipahami oleh seluruh peserta pelatihan.
Unduhan
Referensi
Agustina, A & Widya. (2019). Peningkatan Penguasaan Kosakata dengan Metode Total Physical Response (TPR). Prosiding Simposium Nasional Ilmiah "Peningkatan Kualitas Publikasi Ilmiah melalui Hasil Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat", 1187-1194. doi: 10.30998/simponi.v0i0.374
Cameron, L. (2001). Teaching Languages to Young Learners. Cambridge: Cambridge University Press.
Gayanti, R., & Satriani, I. (2020). Teaching Students’ Vocabulary through Total Physical Response. PROJECT (Professional Journal of English Education), 3(3), 414-419. https://doi.org/10.22460/project.v3i3.p414-419
Khakim, L., & Anwar, C. (2020). Improving Students’ Vocabulary Mastery through Total Physical Response Learning Method. Proceedings of the 2nd Social and Humaniora Research Symposium, 506–512. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200225.110
Larsen, D. & Freeman. (2000). Technique and Principles in Language Teaching (2nd ed.). New York: Oxford University Press.
Maili, S. N. N., Pipiet, M., & Ayu, D. M. I. (2022). Pemberian Kosakata dalam Bahasa Inggris dengan Menggunakan Metode Total Physical Response dan Lagu pada Siswa-Siswa Pondok Pesantren Pengasinan Depok. Buletin Abdidaya Cendekia, 1(1), 14-17. https://doi.org/10.25273/bac.v1i1.14887
Misbahillah, A. K. N., Akbar, D. T., Aulia, D. S., Aldila, D. R., Maura, D., Carolina, N., Loka, N. W., Devi, P., Juliansyach, R. R., Ikhsan, S. M., & Utari, T. (2023). Penerapan Metode TPR untuk Meningkatkan Kosakata Berbahasa Inggris pada Siswa SMP di Asrama Yatim Piatu Hidayatullah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 3(1), 91-97. https://doi.org/10.51805/jpmm.v3i1.111
Rejeki, S., & Rahmawati, A. A. (2023). Pelatihan Bahasa Inggris pada Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan Depok dengan Metode TPR. Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian, 3(1), 143-152. https://doi.org/10.37905/dikmas.3.1.143-152.2023
Richards, J. C. & Rodgers, T. S. (2001). Approach, Method, and Technique for English Language Teaching (2nd ed.) Cambridge: Cambridge University Press.
Zur, S., & Selfieni, S. (2022). Students’ Perception of the Implementation on Total Physical Response (TPR) in English Teaching. International Journal of Transdisciplinary Knowledge, 3(2), 26–34. https://doi.org/10.31332/ijtk.v3i2.3
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Nurliana
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.