Peningkatan Higienitas Proses Produksi Kelompok Usaha Roti Di Desa Sidomulyo Kecamatan Binjai Kabupaten Langkat

Penulis

  • Syamsul Gultom Universitas Negeri Medan
  • Dewi Endriani Universitas Negeri Medan
  • Abil Mansyur Universitas Negeri Medan
  • Winsyahputra Ritonga Universitas Negeri Medan
  • Mukti Hamjah Harahap Universitas Negeri Medan
  • Deo Demonta Panggabean Universitas Negeri Medan
  • Dedy Husrizal Syah Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.55266/pkmradisi.v4i1.415

Kata Kunci:

Oven Roti, TTG, Pendampingan, Praktikum

Abstrak

Program Kemitraan Masyarakat ini dilaksanakan pada usaha bakery, Novri Bakrie dan Dapoer Bunda B&B, yang berlokasi di Desa Sidomulyo, Kecamatan Binjai, Kabupaten Langkat, sekitar 35 km dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Negeri Medan, dengan jarak tempuh sekitar satu jam perjalanan menggunakan mobil. Para mitra menghadapi beberapa tantangan, yaitu: 1) Produk yang dihasilkan belum mampu memenuhi kebutuhan penjualan karena keterbatasan kapasitas peralatan yang dimiliki, 2) Peralatan produksi yang sudah usang, sederhana, dan tidak higienis, 3) Minimnya modal usaha yang menyebabkan mitra tidak mampu mengganti peralatan yang ada saat ini, 4) Manajemen usaha yang masih sederhana dan catatan pembukuan yang kurang memadai, serta 5) Pembukuan yang masih dilakukan secara manual. Metode pendekatan yang digunakan dalam program pengabdian ini meliputi pelatihan, pendampingan, dan demonstrasi penggunaan alat. Hasil dari kegiatan ini adalah penyerahan alat Teknologi Tepat Guna (TTG) berupa oven roti, disertai praktik penggunaannya, serta pelatihan dan pendampingan dalam manajemen usaha dan pembukuan yang lebih terstruktur, rapi, dan praktis.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Amri, A. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap Umkm Di Indonesia. Brand Jurnal Ilmiah Manajemen Pemasaran, 2(1), 123-131.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Serdang Bedagai. 2019. Kecamatan Sei Rampah Dalam Angka 2019. Kabupaten Serdang Bedagai : Badan Pusat Statistik

David, Downey dkk. 1992. Manjemen Agribisnis. Jakarta : Erlangga

Drucker, P.F. 1996. Konsep Kewirausahaan Era Globalisasi. Jakarta : Erlangga Terjemahan

Irfandi. 2015. Peningkatan Pendapatan Anggota Kelompok UPPKS Manalagi Kecamatan Bilah Hulu Labuhan Batu Dengan Menggunakan Oven Serbaguna, Jurnal Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat, volume 21 No. 80 tahun XXI Juni 2015, Unimed. Halaman 33-38

Nasution H.A. Bustanul A.N Mukhammad S.. 2001. Membangun Spirit Entrepreneur Muda Indonesia. Jakarta : Gramedia.

Panggabean, D. D., Lubis, I., Hasibuan, A. F., Harahap, M. H., Irfandi, I., & Syah, D. H. (2019). Pendampingan Industri Rumah Tangga Kuliner Roti di Desa Mangga Dua Kecamatan Tanjung Beringin Kabupaten Serdang Bedagai. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(1), 61-69.

Rahmawati, Dini dkk. 2019. Pengembangan Pemasaran Produk Roti Dan Pastry Dengan Bauran Pemasaran 4p Di Sari Good Bakery. Jurnal ABDIMAS BSI. Vol 2. No.. 1.

Ridwan, A. S. 2013. Pembinaan Masyarakat Berbasis IPTEKS, Citapustaka Media Perintis, Bandung.

Sularso dan Saga. 1983. Elemen Mesin. Jakarta : Pradnya Paramita.

Unduhan

Diterbitkan

28-04-2024

Cara Mengutip

Gultom, S. (2024) “Peningkatan Higienitas Proses Produksi Kelompok Usaha Roti Di Desa Sidomulyo Kecamatan Binjai Kabupaten Langkat”, Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Radisi, 4(1), hlm. 20–26. doi: 10.55266/pkmradisi.v4i1.415.

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel Serupa

1 2 3 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.