Pendekatan Pencegahan dan Penanggulangan Banjir Melalui Program Kuliah Kerja Nyata di Desa Lewotobi Kecamatan Ile Bura

Penulis

  • Maria M.K Kwuta Universitas Flores
  • Daniel Wolo Universitas Flores
  • Helena Rosalia Parera Universitas Flores
  • Ana Maria Gadi Djou Universitas Flores

DOI:

https://doi.org/10.55266/pkmradisi.v1i3.66

Abstrak

Desa lewotobi memiliki potensi yang besar untuk meningkatkan perekonomian masyarakatnya. Potensi itu terdiri atas dua yaitu sumber daya alam serta sumber daya manusia. Kurangnya pengetahuan serta minimnya motivasi menyebabkan potensi yang ada belum dimanfaatkan secara maksimal. Selain itu permasalahan yang ditemui di masyarakat seperti : rendahnya kesadaran dan partisipasi dari warga terutama dari para pemuda untuk mengikuti kegiatan kerja bakti di lingkungan, tidak ada parit untuk pembuangan aliran air hujan sehingga  beberapa rumah warga terendam air saat musim hujan. Model pemberdayaan yang dilakukan kepada masyarakat adalah bentuk pendekatan partisipatif. Pada kegiatan pengabdian ini melibatkan masyarakat terutama dari kaum muda untuk memajukan desanya. Para orang tua dan pemerintah desa membantu dengan menfasilitasi kegiatan-kegiatan yang bersifat peningkatan kapasitas seperti pelatihan pemandu wisata.

Kata Kunci:

Pemberdayaan masyarakat, pendekatan partisipatif, peningkatan kapasitas

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Pemerintah Desa Lewotobi, 2019, Laporan Tahunan Desa Lewotobi

Banunaek, N. (2019). Perencanaan Parit Resapan Untuk Mengatasi Banjir Di Kupang. Perencanaan Parit Resapan Untuk Mengatasi Banjir Di Kupang, 8(1), 115–126.

Dimas Aldiyanto, D. N., Aulena, M. R., & Reksoprodjo. (2021). PEMBERDAYAAN UNTUK MASYARAKAT TENTANG MODEL PEMASARAN INOVATIF DAN KREATIF DI MASA PANDEMI. Abdi Implementasi Pancasila: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 15–21.

Ngasbun Egar, Donny Anhar Fahmi, Fitri Yulianti, S. M. (2017). PEMBERDAYAAN REMAJA DESA WISATA BENDOSARI KECAMATAN PLANTUNGAN KABUPATEN KENDAL MELALUI PELATIHAN KEPEMANDUWISATAAN. Journal of Dedicators Community, 1(2), 1–12.

Riah, Saleh dan Nasrullah, S., & Purwanti. (2014). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. G-COUNS: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 131–145.

Rohman, F., & Hadi, S. (2020). Pembuatan Papan Nama Jalan Untuk RT 05 RW 16 Desa Ngenep, Kec. Karangploso, Kab. Malang. Jurnal Aplikasi Dan Inovasi Ipteks SOLIDITAS, 3(2), 36–47.

Unduhan

Diterbitkan

04-12-2021

Cara Mengutip

Kwuta, M. M., Wolo, D., Parera, H. R. dan Djou, A. M. G. (2021) “Pendekatan Pencegahan dan Penanggulangan Banjir Melalui Program Kuliah Kerja Nyata di Desa Lewotobi Kecamatan Ile Bura”, Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Radisi, 1(3), hlm. 115–122. doi: 10.55266/pkmradisi.v1i3.66.

Terbitan

Bagian

Artikel