Pendampingan Masyarakat Pada Perencanaan Desain Awal Pembangunan Tempat Pengolahan Sampah Guna Mengurangi Volume Sampah

Penulis

  • Dharwati P. Sari Universitas Mulawarman
  • ‪Pandu K. Utomo Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.55266/pkmradisi.v1i2.9

Abstrak

Perencanaan gambar sebagai tahap desain awal dalam konstruksi bangunan diperlukan sebagai acuan kerja bagi pelaksana dan pengawas pembangunan serta deskripsi pekerjaan yang akn dilakukan sebagai transparansi pekerjaan untuk pemilik bangunan dan masyarakat yang terdampak. Desain awal ini berada diantara studi pendahuluan dan ditahap perhitungan anggaran. Saat ini tempat pengelolaan sampah sangat diperlukan bukan hanya didaerah perkotaan namun di daerah pedesaan pun perlu penanganan pengelolaan sampah yang lebih baik. Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah mengintegrasikan ilmu yang ada di kampus untuk diterapkan di masyarakat. Metode yang digunakan adalah pendampingan perencanaan gambar desain awal Tempat Pengolahan Sampah (TPS). Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah gambar 3 dimensi tampak depan dan tampak samping yang dijadikan acuan dalam menghitung rencana anggaran biaya dan pekerjaan pembangunan. Masyarakat berpartipasi dengan berdiskusi tentang desain tempat pengelolaan sampah agar sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan kemudahan konstruksi nantinya.

Kata Kunci:

Desain, Peningkatan Kapasitas Masyarakat, Konstruksi, Pengolahan Sampah

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Asmara, B. H. and Kurniawan, A. (2017) ‘Persepsi masyarakat terhadap sampah dan pengelolaan sampah di kabupaten Karanganyar’.

Pekerjaan Umum dan perumahan rakyat, K. (2016) ‘Petunjuk Teknis TPS 3R’, 53(9), pp. 1689–1699.

Sabaruddin, A. (2011) AZ Persyaratan Teknis Bangunan. Griya Kreasi.

Sahil, J. et al. (2016) ‘Sistem Pengelolaan dan Upaya Penanggulangan Sampah Di Kelurahan Dufa-Dufa Kota Ternate’, Jurnal Bioedukasi, 4(2), pp. 478–487

Unduhan

Diterbitkan

31-08-2021

Cara Mengutip

Sari, D. P. dan Utomo, ‪Pandu K. (2021) “Pendampingan Masyarakat Pada Perencanaan Desain Awal Pembangunan Tempat Pengolahan Sampah Guna Mengurangi Volume Sampah”, Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Radisi, 1(2), hlm. 77–83. doi: 10.55266/pkmradisi.v1i2.9.

Terbitan

Bagian

Artikel