Pelatihan Pengelolaan Keuangan Bagi Remaja

Penulis

  • Kusuma Bakti Irianti Universitas Islam Batik Surakarta
  • Dwita Sagita Ningrum Universitas Islam Batik Surakarta
  • Tasya Putri Eka Sakti Universitas Islam Batik Surakarta
  • Anisa Hapsari Universitas Islam Batik Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.55266/pkmradisi.v1i3.69

Abstrak

Sosialisasi pengelolaan keuangan dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian dan pengabdian kepada masyarakat. Metode kegiatan yang digunakan ada tiga tahap. Tahap pertama, survei lapangan dengan melihat kondisi serta permasalahan yang dihadapi oleh remaja. Tahap kedua, pembagian tugas kepada tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Dukuh Janten RT 001/RW 002 dengan menentukan topik pembahasan dan menentukan jadwal pelaksanaan. Tahap terakhir yaitu pelaksanaan sosialisasi. Sosialisasi ini dilaksanakan dengan tujuan memberikan edukasi tentang cara melakukan pengelolaan keuangan dengan baik dan benar, serta memberikan beberapa contoh nyata yang dapat diterapkan oleh remaja. Hasil dari kegiatan ini remaja partisipan bisa lebih memahami tentang manfaat dari pengelolaan keuangan dan kesadaran akan mengelola keuangan meningkat.

Kata Kunci:

Keuangan, Sosialisasi, Pengabdian

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anismadiyah, V., Febriana, H., Irnawati, J., Rismanty, V. A., & Suryanto, W. (2021). Financial Planning For Millenials In Pandemic Era. Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen, 2(1), 25-34.

Diananda, A. (2018). Psikologi remaja dan permasalahanya. Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 1(1), 116-133.

Hadistia, A., Afandi, M. F., Karisma, I., Bachtiar, A., & Savitri, S. I. (2021). Penyuluhan Pengelolaan Keuangan Sederhana Dan Pelatihan Manajemen Organisasi Pada Remaja di Yayasan Al Kamilah Bojongsari Serua Depok-Jawa Barat. Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen, 2(3), 86-95.

Kulsum, U. (2019). Analisis pengaruh tingkat literasi keuangan, kecerdasan spiritual, dan ekonomi orang tua terhadap pengelolaan keuangan mahasiswa. Semarang: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Unduhan

Diterbitkan

11-12-2021

Cara Mengutip

Irianti, K. B., Ningrum, D. S. ., Eka Sakti, T. P. dan Hapsari, A. . (2021) “Pelatihan Pengelolaan Keuangan Bagi Remaja”, Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Radisi, 1(3), hlm. 123–126. doi: 10.55266/pkmradisi.v1i3.69.

Terbitan

Bagian

Artikel