Penyuluhan Pengolahan Sampah Rumah Tangga (Pembuatan Kompos Dan Biopori) Dari Sisa Limbah Organik Dapur Bagi Tanaman Apotek Hidup Di Desa Baru Tahan

Penulis

  • Iga Maliga STIKES Griya Husada Sumbawa
  • Herni Hasifah STIKES Griya Husada Sumbawa
  • Ana Lestari STIKES Griya Husada Sumbawa
  • Rafi'ah STIKES Griya Husada Sumbawa

DOI:

https://doi.org/10.55266/pkmradisi.v1i3.77

Abstrak

Kegiatan pengabdian ini difokuskan kepada sosialisasi pengolahan sampah rumah tangga dengan metode pengomposan dan biopori. Selain itu, pelatihan ini juga memberikan warga tanaman apotek hidup. Pengabdian ini dilakukan di Desa Baru Tahan, Kecamatan Moyo Utara, Kabupaten Sumbawa pada bulan Desember 2020. Tujuan dalam pengabdian ini adalah meningkatkan minat masyarakat untuk mengolah limbah rumah tangganya sendiri. Guna mencapai tujuan tersebut, digunakan metode penyuluhan dan sosialisasi dengan tahapan kegiatan terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Ada 20 peserta ibu-ibu rumah tangga warga Desa Baru Tahan, Kecamatan Moyo Utara. Persentase pemahaman awal  peserta rata-rata 65% dengan kategori kurang. Setelah sosialisasi dilakukan pengisian kueisoner terkait dengan minat dan keinginan peserta untuk mengaplikasikan ilmu tersebut pada level rumah masing-masing. Mayoritas peserta sebanyak 85% memiliki minat untuk mengimplementasikan ilmu yang didapat tersebut. Hasil kuesioner tersebut memberikan respon yang baik, oleh karena itu kegiatan pengabdian ini diharapkan dapat menyadarkan masyarakat bijaksana mengolah sampah rumah tangganya sehingga menghasilkan produk yang dapat didaur ulang seperti kompos yang dapat bernilai ekonomis. Jika sampah rumah tangga organik sisa dapur tersebut tidak bisa dibuat kompos, cukup dimasukkan ke dalam lubang biopori agar tidak menimbulkan dampak bagi lingkungan.

Kata Kunci:

Biopori, Kompos, Penyuluhan, Sampah rumah tangga

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Agus, R. N., Oktaviyanthi, R. and Sholahudin, U. (2019) ‘3R: Suatu Alternatif Pengolahan Sampah Rumah Tangga’, Kaibon Abhinaya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), pp. 72–77.

Eliana, R., Hartanti, A. T. and Canti, M. (2018) ‘Metode komposting takakura untuk pengolahan sampah organik rumah tangga di Cisauk, Tangerang’, Jurnal Perkotaan, 10(2), pp. 76–90.

FAO (2017) Food and Agriculture Organization of the United Nations, FAOSTAT. Available at: https://www.fao.org/faostat/en/#data.

Saribanon, N. (2009) ‘Perencanaan sosial partisipatif dalam pengelolaan sampah permukiman berbasis masyarakat (Studi kasus di Kotamadya Jakarta Timur)’, Forum Pascasarjana. IPB (Bogor Agricultural University), 32(32), p. 143.

Setyowati, R. and Mulasari, S. A. (2013) ‘Pengetahuan dan Perilaku Ibu Rumah Tangga dalam Pengelolaan Sampah Plastik’, Kesmas: Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional (National Public Health Journal); Vol 7. No. 12 Juli 2013DO - 10.21109/kesmas.v7i12.331 . Available at: http://journal.fkm.ui.ac.id/kesmas/article/view/331.

Wahyono, S., Sahwan, F. and Suryanto, F. (2019) Cara Cerdas Mengurangi dan Mengolah Sampah Makanan di Rumah.

Tim Riset dan Analis Kata Data. 2019. Kelola Sampah Mulai dari Rumah. https://katadata.co.id/analisisdata/2019/11/26/kelola-sampah-mulai-dari-rumah. diakses pada tanggal 10 Februari 2021.

Unduhan

Diterbitkan

04-12-2021

Cara Mengutip

Maliga, I., Hasifah, H., Lestari, A. . dan Rafi'ah (2021) “Penyuluhan Pengolahan Sampah Rumah Tangga (Pembuatan Kompos Dan Biopori) Dari Sisa Limbah Organik Dapur Bagi Tanaman Apotek Hidup Di Desa Baru Tahan”, Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Radisi, 1(3), hlm. 100–106. doi: 10.55266/pkmradisi.v1i3.77.

Terbitan

Bagian

Artikel