Sosialisasi Pemanfaatan Kawasan Rumah Pangan Lestari Pada Masa Covid-19 Sebagai Upaya Peningkatan Ketahanan Masyarakat

Penulis

  • Hikmah Universitas Gajah Putih

DOI:

https://doi.org/10.55266/pkmradisi.v1i2.30

Abstrak

Pengembangan Kawasan Rumah Pangan Lestari  (KRPL)  bertujuan untuk pengoptimalan pemanfaatan lahan perkarangan rumah dengan tujuan pemenuhan kebutuhan gizi  dan pangan keluarga sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat oleh sebab itu  kegiatan yang dilakukan ini meliputi pelatihan, perkenalan konsep KRPL, dan pendampingan untuk mengolah perkarangan di tingkat rumah tangga, dan diharapkan hasil yang diperoleh dalam kegiatan ini dapat mengembangkan kemampuan masyarakat dan keluarga secara sosial dan ekonomi untuk pemenuhan kebutuhan, pangan dan gizi secara berkelanjutan untuk mewujudkan masyarakat dan keluarha yang sehat dan sejahtera. Pangan juga berasal dari sumber hayati minsalnya bersumber dari kehutanan, pertanian dan perikanan serta peternakan, baik yang telah diolah ataupun yang belum diolah sama sekali dengan tujuan untuk  pemenuhan konsumsi manakan dan minuman bagi masyarakat. Kondisi ini terlihat dari ketersediaan pangan yang cukup, jumlah yang terpenuhi, mutu yang baik, dan aman untuk dikonsumsi. Selain itu dalam rangka mewujudkan ketahan pangan, swasembada pngan juga diperlukan kemampuan untuk menyediakan pangan yang diproduksi sendiri mulai dari rumah tangga dengan memanfaatkan lahan perkarangan apalagi pada masa pandemi Covid 19.

Kata Kunci:

Pangan Lestari, Covid-19, Ketahanan Pangan

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Adawiyah, C. R. (2011) ‘Memperkokoh KetahananPangan dengan Penganekaragaman pangan’, Warta Penelitian dan PengembanganPertanian, 33(6), pp. 5–7.

Arifin, H. S. (2012) Manajemen LasnkapPekarangan bagi Kesehatan Pangan Keluarga. Bogor: IPB Press.

Juli, N. J., Syahril, M. and Marnita, Y. (2021) ‘Sumber Pendapatan Keluarga Dalam Menghadapi Pandemi Covid -19’, Global Science Society : Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), pp. 57–63.

Mardiharini, M. (2011) ‘Model kawasan rumah pangan lestari dan pengembangannya ke seluruh provinsi di Indonesia’, Warta Penelitian dan Pengembangan Pertanian, 33(6), pp. 3–5.

Saliem, H. P. (2011) ‘Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL): Sebagai Solusi Pemantapan Ketahanan Pangan’, in Kongres Ilmu Pengetahuan Nasional (KIPNAS) di Jakarta tanggal 8-10 November 2011.

Saptana, N., Sunarsih, N. and Friyatno, S. (2013) ‘Prospek Model-Kawasan Rumah Pangan Lestari (M-KRPL) Dan Replikasi Pengembangan KRPL’, Forum penelitian Agro Ekonomi. doi: 10.21082/fae.v31n1.2013.67-87.

Yani, A. (2016) ‘Potensi Dan Prospek Pemanfaatan Lahan Pekarangan Untuk Mendukung Ketahanan Pangan’, in. Pusat Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian. Available at: http://ejurnal.litbang.pertanian.go.id/index.php/fae/article/view/3885.

Unduhan

Diterbitkan

31-08-2021

Cara Mengutip

Hikmah (2021) “Sosialisasi Pemanfaatan Kawasan Rumah Pangan Lestari Pada Masa Covid-19 Sebagai Upaya Peningkatan Ketahanan Masyarakat”, Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Radisi, 1(2), hlm. 84–91. doi: 10.55266/pkmradisi.v1i2.30.

Terbitan

Bagian

Artikel