Pelatihan Dan Pendampingan Pembuatan Modul Praktikum Berbasis Software Akuntansi

Penulis

  • Muhammad Wildan Affan Universitas Muhammadiyah Malang
  • Dwi Irawan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Malang, Jawa Timur
  • Tasyahadul Fadlatil Laili Universitas Muhammadiyah Malang
  • Agnesia Ruli Ayu Rahmawati Universitas Muhammadiyah Malang
  • Lutfia Fitroh Insani Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.55266/pkmradisi.v1i3.80

Abstrak

Seiring dengan perkembangan teknologi yang memudahkan kegiatan manusia, begitu juga dalam lingkup akuntansi berupa sistem informasi berbasis komputer yang memudahkan seorang akuntan dalam melakukan pencatatan, pemrosesan hingga pelaporan keuangan. Salah satu software akuntansi yang di kembangkan di Indonesia adalah Accurate Accounting yang dirancang untuk memudahkan para penggunanya dan format yang digunakan sesuai dengan yang ada di Indonesia. Mengingat begitu pentingnya teknologi, maka pemahaman teknologi ini dilakukan sedini mungkin khususnya untuk siswa SMK yang dilatih agar menciptakan lulusan yang siap kerja dan dapat meningkatkan skill mereka. SMK Muhammadiyah 2 Malang selaku mitra masih belum melakukan berbagai perubahan dalam hal pembelajaran untuk menyesuaikan dengan pembelajaran sistem akuntansi hanya menggunakan MYOB, bahan ajar yang digunakan oleh Guru SMK Muhammadiyah 2 Malang masih memerlukan  referensi lain untuk pengayaan pengalaman praktik siswa. Oleh karena itu pengabian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman dan pengetahuan mengenai kemajuan teknologi dalam bidang akuntansi berupu software accurate accounting serta menghasilkan modul pembelajaran untuk dapat meningkatkan kualitas pembelajaran.

Kata Kunci:

Teknologi, Perangkat lunak, Akuntansi

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arief, A. (2002). Pengantar Ilmu dan Metodologi pendidikan islam: Ciputat Pers.

Bodnar, G., & William, S. Hopwood, 1995, Accounting Information System: Prentice Hall International.

Firli, A., Rismayani, R., Sitorus, P., & Manuel, B. (2017). Implementing Mixed Method of Peer Teaching and Problem Solving on Undergraduate Students. Journal of Education Research and Evaluation, 1(1), 1-5.

Moedjiono, & Dimyati, M. (1991). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Depdiknas.

Rustiana, R. (2017). Studi Model Penerimaan Tehnologi (Technology Acceptance Model) Novice Accountant.

Winarni, R., & Rahmawati, D. (2015). Pengaruh Karakteristik Tipe Kepribadian dan IPK terhadap Kecemasan Berkomputer Mahasiswa Akuntansi dalam Menggunakan Software Akuntansi dengan Locus of Control sebagai Variabel Moderasi. Nominal: Barometer Riset Akuntansi dan Manajemen, 4(1), 1-16.

Unduhan

Diterbitkan

26-12-2021

Cara Mengutip

Affan, M. W. ., Irawan, D., Laili, T. F. ., Rahmawati, A. R. A. . dan Insani, L. F. . (2021) “Pelatihan Dan Pendampingan Pembuatan Modul Praktikum Berbasis Software Akuntansi”, Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Radisi, 1(3), hlm. 197–202. doi: 10.55266/pkmradisi.v1i3.80.

Terbitan

Bagian

Artikel