Website Omah Tinom Jogja sebagai Media Pengenalan Jenis Usaha dan Pemasaran Online
DOI:
https://doi.org/10.55266/pkmradisi.v1i3.65Kata Kunci:
Pemasaran Online, Teknologi Informasi, WebsiteAbstrak
Omah Tinom Jogja merupakan usaha persewaan joglo untuk berbagai kegiatan masyarakat. Akhir tahun 2020, Omah Tinom Jogja menambah jenis usaha dengan membuka kuliner yang bertajuk ‘makanan dan minuman tempo dulu’ serta persewaan homestay di lokasi yang sama. Permasalahan yang dihadapi adalah grand opening yang digelar pada Desember 2020 terkendala aturan pembatasan pergerakan masyarakat oleh pemerintah terkait pandemi covid19. Kondisi ini mengakibatkan dampak diberbagai kegiatan masyarakat, termasuk keberlangsungan jenis usaha masyarakat pada semua skala. Kebijakan pemerintah membuat berbagai kegiatan masyarakat bergerak ke arah ruang virtual dengan memanfaatkan teknologi informasi, pelaku usaha juga harus hadir dalam ruang virtual untuk memperkenalkan jenis usaha dan pemasaran produk. Dengan mempertimbangkan kondisi dan fakta maka Omah Tinom Jogja mengambil solusi yang ditawarkan oleh Tim PkM FTI UMBY untuk memanfaatkan teknologi informasi sebagai media pengenalan jenis usaha dan strategi pemasaran secara online. Sebuah website bagi Omah Tinom Jogja dikembangkan untuk lebih cepat mengenalkan jenis usaha Omah Tinom Jogja kepada masyarakat.
Unduhan
Referensi
Anggoro, D. A., Yuniar, A. E., & Widyanti, T. N. (2019). Jurnal Pengembangan Kompetensi Pembangunan Website Informasi Di Pimpinan Cabang Muhammadiyah Baki, Sukoharjo. Warta LPM, 22(2), 59–66.
Hadi, D. F., & Zakiah, K. (2021). Jurnal Strategi Digital Marketing Bagi UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) untuk Bersaing di Era Pandemi. Competitive, 16, 32–41.
Hanifawati, T., & Listyaningrum, R. S. (2021). Jurnal Peningkatan Kinerja UMKM Selama Pandemi Covid-19 melalui Penerapan Inovasi Produk dan Pemasaran Online. Warta LPM, 24(3), 412–426. https://doi.org/10.23917/warta.v24i3.12615
https://aicd.companydirectors.com.au/membership/company-director-magazine/2020-back-editions/may/how-smes-are-responding-to-the-covid-19-crisis. (2020). How SMEs are responding to the COVID-19 crisis.
https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5103385/menparekraf-ajak-umkm-manfaatkan-teknologi-untuk-jangkau-pasar-online. (2020). Menparekraf Ajak UMKM Manfaatkan Teknologi untuk Jangkau Pasar Online. Detikfinance. https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5103385/menparekraf-ajak-umkm-manfaatkan-teknologi-untuk-jangkau-pasar-online
Leofitri, J. (2021). Jurnal Sosial Media, Bisnis Kuliner dan Pandemi Covid-19. Perspektif, 10(2), 505–514. https://doi.org/10.31289/perspektif.v10i2.4743
Muafani, M. (2021). Pemanfaatan Teknologi Informasi Di Tengah Pandemi Covid-19 Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 8(2), 134–139. https://doi.org/10.32699/ppkm.v8i2.1587
Prihadi, D., & Susilawati, A. D. (2018). Pengaruh Kemampuan E-Commerce dan Promosi di Media Sosial terhadap Kinerja Pemasaraan. Benefit: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(1), 15. https://doi.org/10.23917/benefit.v3i1.5647
Saleh, B., & Hadiyat, Y. D. (2016). Penggunaan Teknologi Informasi di Kalangan Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah di Daerah Perbatasan (Studi di Kabupaten Belu Provinsi Nusa Tenggara Timur). Journal Pekommas, 1(2), 141. https://doi.org/10.30818/jpkm.2016.2010204
Susilawati, S., Falefi, R., & Purwoko, A. (2020). Impact of COVID-19’s Pandemic on the Economy of Indonesia. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 3(2), 1147–1156. https://doi.org/10.33258/birci.v3i2.954
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Indah Susilawati, Imam Raharjo, Putry Wahyu Setyaningsih
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.