Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga Melalui Pengolahan Potensi Lokal Untuk Meningkatkan Ketahanan Ekonomi Di Desa Tenan

Penulis

  • Andarini Diharmi Universitas Riau
  • Siti Khaizatul A’mal Universitas Riau
  • Tiara Kurnia Sari Universitas Riau
  • Irene Charistia Universitas Riau
  • Nola Rahma Aulia Universitas Riau
  • Kristina Natalia Universitas Riau
  • Yuni Afrida Universitas Riau
  • Putri Rahmadani Universitas Riau
  • Agus Syahroni Universitas Riau
  • Rezky Fransiskus Simanjuntak Universitas Riau
  • Fachrul Roji Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v2i5.322

Abstrak

Kegiatan Pengabdian Masyarakat dengan tema “Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga Melalui Pengolahan Potensi Lokal Untuk Meningkatkan Ketahanan Ekonomi”. Menggunakan potensi lokal sagu yang merupakan komoditas produk agroindustri yang cukup banyak ditemukan di Desa Tenan, Kecamatan Tebing Tinggi Barat, Kabupaten Kepulauan Meranti. Pembuatan olahan sagu menjadi produk makanan masih belum berkembang secara maksimal terutama dikalangan ibu-ibu. Oleh karena itu kegiatan pengabdian Masyarakat yang bermitra dengan Ibu-ibu PKK di desa Tenan melakukan kegiatan pemberdayaan Ibu-ibu Rumah Tangga dengan pembuatan produk olahan sagu tumbuk yang dipilih karena pembuatannya dan bahan bahan nya cukup gampang diperoleh. Kegiatan pengabdian ini memperkenalkan produk olahan sagu tumbuk yang kemudian diberi nama SAKUNAN (Sagu Kukerta Tenan) dan dilanjutkan dengan pelatihan pengolahan produk serta memberikan teknik pengemasan yang menarik Masyarakat. Pelatihan pembuatan SAKUNAN memberikan pengetahuan, keterampilan dan nilai tambah produk olahan sagu dengan cara di tumbuk dan menumbuhkan jiwa wirausaha Ibu-ibu PKK dalam pengelolaan potensi lokal di desa Tenan serta menjadikan sagu memiliki nilai ekonomi yang lebih tinggi.

Kata Kunci:

Pengembangan Sagu, Ketahanan Ekonomi, Potensi Lokal

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Elida, S., Kurniati, S. A., & Vaulina, S. (2020). Penyuluhan Manajemen dan Pengembangan Usaha Agroindustri Pengolahan Sagu di Desa Gogok Darussalam. Buletin Pembangunan Berkelanjutan, 4(1), 32-36.

Fidyansari, D., & Fitriyanti, F. (2019). Studi Bisnis Pengolahan Tanaman Sagu Di Kabupaten Desa Waelawi Malangke Barat Kabupaten Luwu Utara. Perbal: Jurnal Pertanian Berkelanjutan, 7(3), 202-206.

Musaid, S. A., Hariyanti, D., Asrida, W., & Hariyati, T. R. (2019). Pengurusan Izin Pangan Indutri Rumah Tangga (Pirt) Produk Sagu Tumbu Pada Kelompok Usaha Sagu Tumbu Di Desa Liang Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Jamak, 2(1), 67-80.

Rahmawati, R., Firmansyah, F., Syarif, A., & Arwati, S. (2020). Penyuluhan dan Pelatihan Olahan Sagu Menjadi Produk Brownies Dan Cookies Pada Tim Penggerak Pkk Desa Purwosari Kecamatan Tomoni Timur Kabupaten Luwu Timur. To Maega: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 23-30.

Unduhan

Diterbitkan

10/08/2023

Cara Mengutip

Diharmi, A., A’mal, S. K., Sari, T. K., Charistia, I., Aulia, N. R., Natalia, K., Afrida, Y., Rahmadani, P., Syahroni, A., Simanjuntak, R. F., & Roji, F. (2023). Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga Melalui Pengolahan Potensi Lokal Untuk Meningkatkan Ketahanan Ekonomi Di Desa Tenan. KALANDRA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(5), 208–214. https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v2i5.322

Terbitan

Bagian

Artikel