Peningkatan Potensi Destinasi Pariwisata Padangsidimpuan melalui Pelatihan dan Sosialisasi Implementasi Konsep Sapta Pesona bagi Masyarakat Lokal

Penulis

  • Yuswin Harputra Universitas Graha Nusantara
  • Elissa Evawani Tambunan Universitas Graha Nusantara
  • Masnilam Hasibuan Universitas Aufa Royhan
  • Lisa Fitri Meidipa Universitas Graha Nusantara
  • Yulia Rizki Ramadhani Universitas Graha Nusantara
  • Bismar Sibuea Universitas Simalungun

DOI:

https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v3i1.371

Abstrak

Program Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk melaksanakan pelatihan dan sosialisasi mengenai implementasi Sapta Pesona dalam pengembangan destinasi pariwisata di Kota Padangsidimpuan, Sumatera Utara. Melalui program ini, masyarakat lokal diberikan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mengelola destinasi pariwisata dengan lebih efektif dan berkelanjutan. Selain itu, terjadi sosialisasi yang mendalam mengenai pentingnya melestarikan budaya dan lingkungan dalam konteks pariwisata. Hasil dari pelaksanaan program ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam pengetahuan, keterampilan, dan kesadaran masyarakat lokal dalam mengelola dan mempromosikan destinasi pariwisata mereka. Terbentuknya kerjasama yang erat antara masyarakat lokal, pemerintah daerah, dan pihak terkait lainnya juga menjadi salah satu hasil yang penting dari program ini. Dengan demikian, program pengabdian kepada masyarakat ini berhasil menciptakan dampak positif dalam pengembangan pariwisata lokal yang berkelanjutan dan berkualitas.

Kata Kunci:

Sosialisasi, Sapta Pesona, Destinasi Pariwisata, Kesadaran Lingkungan

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Daulay, A.R. (2021) ‘Analisis strategi pemasaran Dinas Pariwisata Kota Padangsidimpuan’. IAIN Padangsidimpuan.

Daulay, L.S., Ginting, R. and Saleh, A. (2020) ‘Komunikasi Pariwisata Pihak Pemerintah, Pengelola, Dan Masyarakat Dalam Mengembangkan Pariwisata Berbasis Kearifan Lokal Di Kota Padangsidimpuan’, in Talenta Conference Series: Local Wisdom, Social, and Arts (LWSA).

Harahap, S. (2023) ‘Pembuatan Kopi Berbahan Dasar Kulit Buah Salak Di Desa Joring Lombang Kota Padang Sidimpuan’, Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(6), pp. 734–737.

Siregar, N.P. (2021) ‘Implementasi Peraturan Daerah No. 13 Tahun 2008 Dalam Rangka Retribusi Izin Usaha Biro Perjalanan Pariwisata di Kota Padang Sidempuan’.

Syaputra, A. and Rahmani, N.A.B. (2024) ‘Peran Media Sosial Dalam Memasarkan Produk Olahan Ud. Bolu Salak Kenanga Di Kota Padangsidimpuan’, Jurnal Ekonomi dan Bisnis Digital, 1(3), pp. 530–534.

Unduhan

Diterbitkan

01/31/2024

Cara Mengutip

Harputra, Y., Tambunan, E. E. ., Hasibuan, M., Meidipa, L. F. ., Ramadhani, Y. R., & Sibuea, B. (2024). Peningkatan Potensi Destinasi Pariwisata Padangsidimpuan melalui Pelatihan dan Sosialisasi Implementasi Konsep Sapta Pesona bagi Masyarakat Lokal. KALANDRA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 70–75. https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v3i1.371

Terbitan

Bagian

Artikel