Pembinaan Ibu Hamil Dalam Persiapan Meyusui Dengan Pemberian Edukasi Dan Keterampilan Tentang Pijat Laktasi

Penulis

  • Linda Suryani PSD III Kebidanan STIKes Payung Negeri Pekanbaru
  • Eva Santi Hutasoit Kebidanan STIKes Payung Negeri Pekanbaru
  • Yessi Azwar Kebidanan STIKes Payung Negeri Pekanbaru
  • Rika Sri Wahyuni Kebidanan STIKes Payung Negeri Pekanbaru
  • Dewinny Septalia Dale Kebidanan STIKes Payung Negeri Pekanbaru

DOI:

https://doi.org/10.55266/pkmradisi.v1i3.51

Abstrak

Produksi ASI yang tidak cukup membuat ibu mengalami kesulitan dalam proses menyusui terutama diawal pasca kelahiran. Salah satu solusi untuk mengatasi ketidak lancaran produksi ASI adalah dengan cara pijat oksitosin. Upaya yang dapat dilakukan dalam meningkatkan status kesehatan masyarakat dengan memberikan edukasi dan keterampilan. Pemberian demonstrasi memberikan efek positif terhadap pengetahuan dan keterampilan ibu tentang pijat laktasi. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini agar ibu-ibu menyusui tahu dan mengerti bagaimana mengatasi ASI yang tidak keluar pada saat menyusui dengan teknik pijat laktasi sehingga angka ASI Eksklusif semakin meningkat.. Metode pelaksanaan kegiatan secara garis besar meliputi tahapan Penyuluhan, Praktik serta evaluasi. Setelah pemberian edukasi dan dilakukan praktik pijat laktasi, terdapat peningkatan pengetahuan dan keterampilan ibu hamil tentang pijat laktasi. Perlu dilakukan kegiatan pendampingan berkelanjutan terhadap ibu hamil yang bisa dilakukan melalui grop whatsapp atau pun secara langsung, supaya masalah-masalah yang dialami ibu selama hamil sampai menyusui bisa teratasi

Kata Kunci:

edukasi, keterampilan, pijat laktasi

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Kementrian Kesehatan RI. (2021). Profil Kesehatan Indonesia 2020. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Jakarta: Kemenkes RI.

Kristiyanasari Weni. (2011). ASI, Menyusui & Sadari. Yogyakarta: Nuha Medika.

Linda E. (2019). ASI Eksklusif. Jawa Tengah: Yayasan Jmiul Fawaid.

Maita. (2016). Pengaruh Pijat Oksitosin dengan Produksi ASI. Jurnal Penelitian Kesehatan Suara Forikes, vol VII(no 3), 173–175.

Mardiyaningsih, D. (2009). Efektifitas Kombinasi Teknik Marmet dan Pijatan Oksitosin terhadap Produksi ASI Ibu Post Sectio Caesarea di Rumah Sakit Wilayah Jawa. Jurnal Keperawatan Universitas Padjajaran, 4(3), 112–118.

Marmi. (2015). Asuhan Kebidanan pada Ibu Nifas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nurmala dkk. (2018). Promosi Kesehatan. Surabaya: Airlangga University Press.

Roesli Utami. (2012). Inisiasi Menyusui Dini Plus ASI Eksklusif. Jakarta: Pustaka Bunda.

Saudia. (2019). Upaya Peningkatan Pengetahuan Dan Keterampilan Ibu Menyusui Dalam Pemberian Terapy Komplementer Massage Endorphin Dan Pijat Laktasi Di Kelurahan Dasan Cermen. Jurnal Pengamas Kesehatan Sasambo, 1(1), 47–51.

Unduhan

Diterbitkan

12-12-2021

Cara Mengutip

Suryani, L., Hutasoit, E. S., Azwar, Y., Wahyuni, R. S. dan Dale, D. S. (2021) “Pembinaan Ibu Hamil Dalam Persiapan Meyusui Dengan Pemberian Edukasi Dan Keterampilan Tentang Pijat Laktasi”, Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Radisi, 1(3), hlm. 132–139. doi: 10.55266/pkmradisi.v1i3.51.

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama