Pendampingan Praktikum Asam dan Basa: Upaya Meningkatkan Keterampilan Laboratorium Siswa Kelas 12
DOI:
https://doi.org/10.55266/pkmradisi.v4i3.449Kata Kunci:
Praktikum, Kimia, Laboratorium, PendampinganAbstrak
Pembelajaran kimia yang efektif memerlukan kegiatan praktikum untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa, khususnya dalam materi asam dan basa. Praktikum memiliki peran penting dalam mendukung pembelajaran yang melibatkan pengalaman langsung dan pemahaman konsep secara mendalam. Namun, hambatan seperti keterbatasan fasilitas laboratorium dan kurangnya motivasi sering mengganggu pelaksanaan praktikum. Proragm pengabdian ini bertujuan untuk mendampingi siswa kelas XII SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya dalam melaksanakan praktikum kimia dengan pendekatan kualitatif, melalui kegiatan yang meliputi pengarahan, penjelasan materi, pelaksanaan praktikum, dan evaluasi. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa kegiatan praktikum mendorong siswa untuk belajar aktif dan mengembangkan keterampilan laboratorium, termasuk keterampilan menguji pH menggunakan bahan kimia dan alami uang tersedia di lingkungan sekitar. Diskusi dan presentasi kelompok sebagai bagian dari evaluasi juga membantu meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep asam-basa dan keterampilan komunikasi ilmiah. Pendampingan praktikum ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran kimia di sekolah serta memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa.
Unduhan
Referensi
Candra, R., & Hidayati, D. (2020). Penerapan Praktikum dalam Meningkatkan Keterampilan Proses dan Kerja Peserta Didik di Laboratorium IPA. Edugama: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, 6(1), 26–37. https://doi.org/10.32923/edugama.v6i1.1289
Erliana, D., Sari, M. E., Shari, W., Azizah, K., & Endarwati, W. (2024). AL-KARIM BENGKULU TENGAH. 4(1).
Marta, M. H. C., Suganda, O., & Widiantie, R. (2018). Upaya Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Melalui Metode Praktikum Berbasis Modified Free Inquiry (Mfi) Pada Konsep Animalia Di Kelas X Mipa. Quagga : Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 10(01), 1. https://doi.org/10.25134/quagga.v10i01.802
Mufida, M. (2022). UJI INDIKATOR ALAMI DI SMA NEGERI 1 SINGOSARI.
Nau, G. W., Missa, H., & Ndukang, S. (2024). Pendampingan Praktikum IPA Sederhana Bagi Guru-Guru SMP di Kecamatan Amanatun Selatan Kabupaten Timor Tengah Selatan. Jurnal Vokasi, 8(2), 234. https://doi.org/10.30811/vokasi.v8i2.4985
Numertayasa, I. W. (2021). Berorientasikan Lingkungan Sekitar Untuk Anak Sd Pada Masa Pandemi Covid-19. 4, 928–931.
Wildayati, Sartika R. P, & Lestari I. (2020). Penerapan Metode Praktikum Materi Asam, Basa, Dan Garam Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Smp.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Fatri Najwa, Noor Hujjatusnaini, Yenny Erawaty
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.