Pemberdayaan Pendidikan Melalui Pengadaan Buku Bacaan Perpustakaan Desa Jatimulya, Kuningan, Untuk Masa Depan Yang Unggul
DOI:
https://doi.org/10.55266/pkmradisi.v4i2.436Kata Kunci:
Perpustakaan Desa, Literasi Desa, Pengadaan Buku, Pemberdayaan PendidikanAbstrak
Rendahnya tingkat literasi dan numerasi di desa-desa Indonesia menjadi tantangan signifikan dalam pembangunan sosial dan ekonomi. Perpustakaan desa yang seharusnya menjadi pusat literasi sering kali tidak memiliki koleksi buku yang memadai untuk mendukung pendidikan masyarakat. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan literasi di Desa Jatimulya, Kuningan, Jawa Barat, melalui pengadaan buku bacaan dan penataan perpustakaan desa. Metode yang digunakan mencakup penataan taman baca, penyerahan buku bacaan, dan pelaksanaan kegiatan literasi. Kegiatan ini dihadiri oleh 18 siswa sekolah dasar yang menunjukkan antusiasme tinggi dalam sesi pembacaan cerita dan latihan membaca. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pengadaan buku yang tepat dan program literasi yang terarah dapat meningkatkan minat baca serta kemampuan literasi siswa. Dengan fasilitas perpustakaan yang lebih baik dan dukungan berkelanjutan, perpustakaan desa memiliki potensi besar untuk menjadi pusat literasi yang efektif dalam mendukung pemberdayaan pendidikan di desa. Kegiatan ini berhasil mencapai tujuannya dan memberikan dampak positif bagi masyarakat, terutama dalam membangun budaya literasi di kalangan anak-anak.
Unduhan
Referensi
Afriany Susanti, D., Paulima Hutapea, E., Samuel Gebi, J., & Studi PGSD, P. (n.d.). Pemberdayaan Literasi Rumah Baca Desa Jonggi Manulus Kecamatan Parmaksian. https://doi.org/10.37081/adam.v3i2.2132
Agustiana, V. (2023). Mengoptimalkan literasi masyarakat perdesaan melalui seminar pola asuh: Mendidik anak kembali ke fitrah. Abdimas Siliwangi, 6(3). https://doi.org/10.22460/as.v6i3.20330
Agustiana, V., Rahmatunisa, W., Asikin, N. A., Aprianto, D. M., & Nugroho, B. (n.d.). Meningkatkan kemampuan bahasa inggris tutor rintisan kampung Inggris Desa Galaherang Kecamatan Maleber Kabupaten Kuningan melalui pelatihan berbasis TOEFL. 6(1), 72–82. https://doi.org/10.22460/as.v6i1.14528
Agustiana, V., Rahmatunisa, W., & Octaviansyah, N. (2023). Kamuskun Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Web Untuk Meningkatkan Literasi Masyarakat Kamuskun As A Web-Based English Learning Media To Improve Community Literacy. Journal Of Empowerment, 4(2). https://kamuskun-6k1d.glide.page/dl/3b1bc8.
Agustiana, V., Wulan Rahmatunisa, Endang Darsih, & Nida Amalia Asikin. (2022). Penguatan Literasi Bahasa Inggris Siswa SD Melalui Storytelling Di Desa Kalimanggis Wetan. KALANDRA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(6), 159–164. https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v1i6.212
Atmi, R. T., Gunarti, E., Mutia, F., & Prihatini, I. C. (2022). Peningkatan literasi masyarakat melalui perpustakaan desa berbasis inklusi sosial. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 5(3), 486–497. https://doi.org/10.33474/jipemas.v5i3.15559
Manurung, T. N., Pratiwi, E. A., Hidayah, A. S. 2023. Peningkatan Minat Baca dan Literasi Anak-anak Sekolah Dasar Melalui Program Pojok Baca di SDN 040527 Bersama Mahasiswa KKN UINSU 108 di Desa Tiga Panah Kec.Tiga Panah Kab.Karo. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara. 4(3), 2642–2647. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v4i2.1596
Nugroho, M. A. B., Agustiana, V., Oktoma, E., & Bunaya, A. L. (2024). Digital Reading bagi Anak-Anak di Rumah Cerdas di Desa Kalimanggis Wetan, Kecamatan Kalimanggis, Kabupaten Kuningan. Jurnal Abdimas Mahakam, 8(01), 23–31. https://doi.org/10.24903/jam.v8i01.2355
Oktoma, E., Aprianto, M., Nugroho, B., Agustiana, V., Rofiddin, M., & Linggar Bunaya, A. (n.d.). Menumbuhkan budaya literasi anak melalui rumah baca masyarakat. 6(1), 90–98. https://doi.org/10.22460/as.v6i1.14543
Oktaviani, T.S.L, Putra, L.V., Maftukhah, M., Safitri, I., dan Afianti, M. 2024. Pendampingan Pojok Literasi Sebagai Upaya Peningkatan Literasi Dan Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti. Volume 5(1), 100-113
Rustiarini, N. W., & Dewi, N. K. C. (2021). Penataan Perpustakaan Desa untuk Meningkatkan Literasi Membaca. LOSARI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 8–15. https://doi.org/10.53860/losari.v3i1.35
Subardin, M., Imelda, I., Yuniarti, E., Suhel, S., Teguh, M., Kartasari, S. F., & Sari, K. (2023). Pojok Baca sebagai Inisiasi Sentra Edukasi Menumbuhkan Minat Baca. Jurnal Pemberdayaan Umat, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.35912/jpu.v2i1.1320
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Vina Agustiana, Muhammad Aprianto Budie Nugroho, Erwin Oktoma, Aam Muawanah, Alifia Yasmin, Arfan Ramanda, Elgah Aldy, Fina Saeila Azka, Nico Saputra, Rafika
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.