Membangun Kepercayaan Diri dan Kemampuan Berbahasa Inggris Melalui Program Role Play dalam English Talent Show di SMPN 4 Kuningan
DOI:
https://doi.org/10.55266/pkmradisi.v5i1.522Kata Kunci:
Drama in ELT, Role Play, English Learning, Affective LearningAbstrak
Kegiatan pengabdian ini bertujuan meningkatkan kepercayaan diri dan keterampilan berbahasa Inggris siswa melalui program Role Play dalam English Talent Show di SMPN 4 Kuningan. Program berbasis pengalaman ini mendorong siswa menggunakan Bahasa Inggris dalam konteks dramatis dan kolaboratif. Tahapan kegiatan mencakup pemilihan cerita, penugasan peran, penyusunan skenario, pelatihan, pementasan, dan diskusi reflektif, dengan bimbingan mahasiswa PPG Prajabatan dan guru pembina. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dengan guru dan manajemen sekolah, serta dokumentasi visual. Hasilnya menunjukkan peningkatan kelancaran berbicara, pemahaman struktur dialog, serta ekspresi emosional dalam bahasa Inggris. Siswa juga berkembang dalam aspek sosial seperti kolaborasi dan kepemimpinan. Berdasarkan analisis teori Vygotsky, Kolb, Krashen, dan Maley & Duff, program ini membuktikan efektivitas drama sebagai strategi pembelajaran integratif yang menggabungkan aspek linguistik, afektif, dan sosial, dan direkomendasikan untuk diterapkan dalam pembelajaran bahasa di pendidikan menengah.
Unduhan
Referensi
Agusliana, A., Rachmawati, R., & Hardjono, H. S. (2024). PENGEMBANGAN MATERI PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INGGRIS DI SMP. Tekno - Pedagogi : Jurnal Teknologi Pendidikan, 4(1). https://doi.org/10.22437/teknopedagogi.v4i1.2248
Ishak, S. A., & Abdul Aziz, A. (2022). Role Play to Improve ESL Learners’ Communication Skills: A Systematic Review. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 12(10). https://doi.org/10.6007/IJARBSS/v12-i10/14851
Jenifer, K. S., & Caroline, D. (2021). Drama in English Teaching through Communicative Approach. PSYCHOLOGY AND EDUCATION, 58(3), 3470–3473.
Khasbani, I., & Seli, F. Y. (2021). The Impact of Role-play on Students’ Speaking Performance. Linguists : Journal Of Linguistics and Language Teaching, 7(2), 1. https://doi.org/10.29300/ling.v7i2.5216
Kolb, D. (1984). Experiential Learning: Experience As The Source Of Learning And Development. In Journal of Business Ethics (Vol. 1).
Krashen, S. (1982). Principles and Practice in Second Language Acquisition.
Lemana II, H., Casamorin, D., Aguilar, A., Paladin, L., Laureano, J., & Frediles, J. (2023). Affective Filters’ Extent of Influence on Oral Communication: L2 Learners’ Perceptions. International Journal of Educational Management and Development Studies, 4(1), 88–108. https://doi.org/10.53378/352969
Maley, A., & Maley, D. (1985). Drama Techniques in Language Learning: A Resource Book of Communication Activities for Language Teachers. The Modern Language Journal.
San Martín Galindo, L., Cabrera-Martínez, J. J., Abalos-Labruzzi, C., & Gómez-Galán, J. (2015). Group Methodologies and Simulations for the Development of Transversal Skills: A Pilot Study in Health Sciences Higher Education. International Journal of Educational Excellence, 1(1), 93–109. https://doi.org/10.18562/IJEE.2015.0004
Vygotsky, L. S. (1980). Mind in Society (M. Cole, V. Jolm-Steiner, S. Scribner, & E. Souberman, Eds.). Harvard University Press. https://doi.org/10.2307/j.ctvjf9vz4
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Nurul Afla, Liza Anggy MZ, Mita Salihah, Muhammad Husein , Muhammad Aprianto Budie Nugroho

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.