Membangun Kepercayaan Diri dan Kemampuan Berbahasa Inggris Melalui Program Role Play dalam English Talent Show di SMPN 4 Kuningan

Penulis

  • Nurul Afla Universitas Kuningan
  • Liza Anggy MZ Universitas Kuningan
  • Mita Salihah Universitas Kuningan
  • Muhammad Husein Universitas Kuningan
  • Muhammad Aprianto Budie Nugroho Universitas Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.55266/pkmradisi.v5i1.522

Kata Kunci:

Drama in ELT, Role Play, English Learning, Affective Learning

Abstrak

Kegiatan pengabdian ini bertujuan meningkatkan kepercayaan diri dan keterampilan berbahasa Inggris siswa melalui program Role Play dalam English Talent Show di SMPN 4 Kuningan. Program berbasis pengalaman ini mendorong siswa menggunakan Bahasa Inggris dalam konteks dramatis dan kolaboratif. Tahapan kegiatan mencakup pemilihan cerita, penugasan peran, penyusunan skenario, pelatihan, pementasan, dan diskusi reflektif, dengan bimbingan mahasiswa PPG Prajabatan dan guru pembina. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dengan guru dan manajemen sekolah, serta dokumentasi visual. Hasilnya menunjukkan peningkatan kelancaran berbicara, pemahaman struktur dialog, serta ekspresi emosional dalam bahasa Inggris. Siswa juga berkembang dalam aspek sosial seperti kolaborasi dan kepemimpinan. Berdasarkan analisis teori Vygotsky, Kolb, Krashen, dan Maley & Duff, program ini membuktikan efektivitas drama sebagai strategi pembelajaran integratif yang menggabungkan aspek linguistik, afektif, dan sosial, dan direkomendasikan untuk diterapkan dalam pembelajaran bahasa di pendidikan menengah.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Agusliana, A., Rachmawati, R., & Hardjono, H. S. (2024). PENGEMBANGAN MATERI PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INGGRIS DI SMP. Tekno - Pedagogi : Jurnal Teknologi Pendidikan, 4(1). https://doi.org/10.22437/teknopedagogi.v4i1.2248

Ishak, S. A., & Abdul Aziz, A. (2022). Role Play to Improve ESL Learners’ Communication Skills: A Systematic Review. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 12(10). https://doi.org/10.6007/IJARBSS/v12-i10/14851

Jenifer, K. S., & Caroline, D. (2021). Drama in English Teaching through Communicative Approach. PSYCHOLOGY AND EDUCATION, 58(3), 3470–3473.

Khasbani, I., & Seli, F. Y. (2021). The Impact of Role-play on Students’ Speaking Performance. Linguists : Journal Of Linguistics and Language Teaching, 7(2), 1. https://doi.org/10.29300/ling.v7i2.5216

Kolb, D. (1984). Experiential Learning: Experience As The Source Of Learning And Development. In Journal of Business Ethics (Vol. 1).

Krashen, S. (1982). Principles and Practice in Second Language Acquisition.

Lemana II, H., Casamorin, D., Aguilar, A., Paladin, L., Laureano, J., & Frediles, J. (2023). Affective Filters’ Extent of Influence on Oral Communication: L2 Learners’ Perceptions. International Journal of Educational Management and Development Studies, 4(1), 88–108. https://doi.org/10.53378/352969

Maley, A., & Maley, D. (1985). Drama Techniques in Language Learning: A Resource Book of Communication Activities for Language Teachers. The Modern Language Journal.

San Martín Galindo, L., Cabrera-Martínez, J. J., Abalos-Labruzzi, C., & Gómez-Galán, J. (2015). Group Methodologies and Simulations for the Development of Transversal Skills: A Pilot Study in Health Sciences Higher Education. International Journal of Educational Excellence, 1(1), 93–109. https://doi.org/10.18562/IJEE.2015.0004

Vygotsky, L. S. (1980). Mind in Society (M. Cole, V. Jolm-Steiner, S. Scribner, & E. Souberman, Eds.). Harvard University Press. https://doi.org/10.2307/j.ctvjf9vz4

Unduhan

Diterbitkan

29-04-2025

Cara Mengutip

Afla, N. (2025) “Membangun Kepercayaan Diri dan Kemampuan Berbahasa Inggris Melalui Program Role Play dalam English Talent Show di SMPN 4 Kuningan”, Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Radisi, 5(1), hlm. 14–19. doi: 10.55266/pkmradisi.v5i1.522.

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

1 2 3 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.