Pelatihan Penerapan Modul Ajar Melalui Strategi Pembelajaran Terdiferensiasi Bagi Guru-Guru SD Negeri Malangrejo
DOI:
https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v2i6.336Kata Kunci:
Modul Ajar, Strategi, Pembelajaran diferensiasiAbstrak
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara diperoleh data terdapat beberapa permasalahan yaitu 1) masih belum terbiasanya siswa dan guru dalam menerapkan pembelajaran dengan strategi pembelajaran terdiferensiasi, 2) belum banyak terlatihnya guru dalam menciptakan pembelajaran dengan strategi pembelajaran terdiferensiasi, 3) menurunya semangat belajar siswa dikarenakan siswa terbiasa dalam pembelajaran secara klasikan pada kurikulum 2013, 4) belum adanya fasilitas yang mendukung pembepem belajaran terdiferensisasi yang disesuaikan dengan karakter dan minat siswa, 5) menjadikan belum maksimalnya pembelaaran yang dilakukan secara berkelompok dan bervariasi. Tujuan dari kegiatan ini yaitu 1) membiasakan guru dan siswa menerapkan modul ajar melalui strategi pembelajaran terdiferensiasi, 2) meningkatkan kesadaran guru dan siswa dalam menerapkan pembelajaran sesuai dengan modul ajar melalui pembelajaran terdiferensiasi. Metode yang dilakukan pada penelitian ini yaitu berupa pelatihan dan angket respon guru tentang pelatihan. Hasil perolehan angket dengan rata-rata sebelum pelatihan yaitu 1,6. Sedangkan hasil angket setelah pelatihan dengan rata-rata hasil angket 3,3.
Unduhan
Referensi
Angga, A., Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Komparasi implementasi kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka di sekolah dasar kabupaten garut. Jurnal basicedu, 6(4), 5877-5889.
Aprima, D., & Sari, S. (2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Matematika SD. Cendekia : Media Jurnal Ilmiah, 13, 95-101.
Ayu Sri. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(2), 118-126. Nusa Tenggara Barat: Pusat Publikasi Ilmiah STKIP Taman Siswa Bima
Farid, I., Yulianti, R., Hasan, A., & Hilaiyah, T. (2022). Strategi Pembelajaran Diferensiasi Dalam Memenuhi Kebutuhan Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 11177-11182.
Faiz, Aiman, dkk. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, 6(2), 2846-2853. Riau: Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
Herwina, Wiwin. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Murid Dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175-182. Jakarta: Universitas Jakarta.
Marlina. (2020). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Inklusif. Padang: Cv. Afifa Utama
Nuryati, S. (2023). “SUPERLADAKU” STRATEGI MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DI SDIT ASSALAMAH. Education Transformation: Jurnal Ilmiah Insan Pendidikan, 1(1).
Ramadan, Z. H., & Ain, S. Q. (2022). Pelatihan Penyusunan Modul Pembelajaran Bagi Guru-Guru SD di Kabupaten Inhil. Journal of Human and Education Research & Learning in Primary Education, 2(1), 34-39
Rizal, M., Iqbal, M., & Rahima, R. (2022). Pelatihan merancang modul projek profil pelajar pancasila bagi guru sdn 6 peusangan selatan melalui in house training sekolah penggerak. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 1574-1580.
Wahyuni, Marlina. (2020). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Inklusif. Padang: Cv. Afifa Utama
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Titi Anjarini, Suyoto, Arum Ratnaningsih, Elis Yohana
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.