Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Tinkercad Kepada Peserta Didik MAN 1 Mandailing Natal

Penulis

  • Rizki Fadilah Universitas Graha Nusantara
  • aisyah Universitas Graha Nusantara
  • Evitamala Siregar Universitas Graha Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v4i1.484

Kata Kunci:

Tinkercad, E-LKPD, Rangkaian Listrik

Abstrak

Pendidikan merupakan proses pembelajaran dan pengembangan potensi diri individu melalui pengajaran, pelatihan dan pembimbingan. Tujuan dari pendidikan adalah mengembangkan kemampuan, pengetahuan dan karakter individu untuk menjadi individu yang produktif dan bertanggung jawab. Salah satu pengabdian yang bisa dilakukan untuk mencapai tujuan pendidikan adalah pelatihan atau sosialisasi yang mendukung pembelajaran dengan bantuan sebuah teknologi. Teknologi memberikan kemudahan dan kecepatan yang efisien dalam proses pembelajaran. Pelatihan dilakukan dibantu dengan sebuah aplikasi yang bernama Tinkercad. Penggunaan aplikasi dalam pelatihan ini dilakukan karena  proses pembelajaran menggunakan laboratorium kurang maksimal. Penggunaan laboratorium yang kurang maksimal menyebabkan praktikum jarang dilaksanakan. Sehinggan dilakukan pelatihan E-LKPD dengan bantuan aplikasi Tinkercad. Lokasi sosialiasi di lakukan di MAN 1 Mandailing Natal di Panyabungan tepatnya pada peserta didik kelas XII. Hasil evaluasi dan testimoni diperoleh bahwa peserta didik merasa lebih semangat untuk melakukan praktikum sehingga pembelajaran lebih aktif. Penggunaan aplikasi Tinkercad yang sederhana membuat peserta didik mudah untuk menggunakannya.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Derlina, Aisyah, Bukit, N., Sahyar, & Hassan, A. (2020). Blended Learning in English and English-medium Physics Classes Using Augmented Reality, Edmodo, and Tinkercad Media. TESOL International Journal, 15(3), 113-136.

Fadilah, R., Siregar, E., Siregar, Y.A., & Siregar, S.U.K.M., (2024). Pengembangan E-LKPD Berbasis Tinkercad Menggunakan Media Canva pada Materi Rangkaian Listrik Searah. EKSAKTA: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA. 9(2): 323-330.

Mirdayanti, R. (2017). Kajian penggunaan laboratorium virtual berbasis simulasi sebagai Upaya mengatasi ketidak-sediaan laboratorium. Visipena, 8(2), 323-330. DOI:10.46244/visipena.v8i2.415.

Novela, D. 2024. Implementasi pembelajaran inovatif melalui media digital di sekolah dasar. Journal of Practice Learning and Educational Development, 4(2), 100–105. https://doi.org/10.58737/jpled.v4i2.283

Rapi, N.K., Suastra, I W., Widiarini, P., & Widiana, I W. (2022). The Influence of Flipped Classroom-Based Project Assessment on Concept Understanding and Critical Thinking Skills in Physics Learning. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 11(3): 351- 362. DOI: 10.15294/jpii.v11i3.38275.

Ratnadewi, Muliady, Prijono, A., Susanthi, Y. (2023). Pemebelajaran Rangkaian Listrik dengan aplikasi TinkerCAD Circuit pada Akademisi di Indonesia. 7(3): 819-829.

Riskawati, Said, S., & Herman, N.M., (2024). Efektivitas Simulasi Pola LED Menggunakan Tingkercad: Pembelajaran Inovatif pada Elektronika Dasar. Jurnal Pendidikan Undiksha. 14(3) 524-531.

Rorimpandey, R., Detu, H., Sangi, N., & Rapar, J. (2022). Peningkatan hasil belajar dengan model pembelajaran berbasis masalah siswa kelas X TITL SMK Cokroaminoto Kotamobagu. Jurnal Edunitro: Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(1), 29–36. https://doi.org/10.53682/edunitro.v2i1.3354

Siregar, Y. A., Siregar, E., & Fadilah, R., dkk., (2024). Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Tracker di SMA AL-Husnayain Panyabungan. KALANDRA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 03 (03), 140-144.

Widiarini, P., Rapi, N.K., & Suma, K., (2024). Efektivitas Penggunaan Laboratorium Virtual Tinkercad Berbasis Penilaian Proyek Terhadap Kreativitas Mahasiswa pada Matakuliah Elektronika Digital. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA. 4(3): 277-286.

Unduhan

Diterbitkan

01/31/2025

Cara Mengutip

Fadilah, R., aisyah, & Siregar, E. (2025). Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Tinkercad Kepada Peserta Didik MAN 1 Mandailing Natal. KALANDRA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 42–48. https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v4i1.484

Terbitan

Bagian

Artikel