Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Digital Di Madrasah Aliyah Ruhul Islam Anak Bangsa Aceh Besar
DOI:
https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v2i6.338Kata Kunci:
Aplikasi Canva, Guru Madrasah Ruhul Islam Anak Bangsa, Media PembelajaranAbstrak
Canva merupakan platfom desain grafis yang user-friendly, dimana memungkinkan pengguna tanpa latar belakang desain professional untuk membuat karya desain menarik dan berkualitas. Pelatihan Canva pada guru Madrasah Aliyah Ruhul Islam Anak Bangsa (MARIB) bertujuan untuk meningkatkan keterampilan Guru dalam membuat desain presentasi dan desain video pembelajaran yang interaktif. Kegiatan pelatihan dilaksanakan pada Gedung sekolah MARIB, dengan jumlah peserta sebanyak 40 orang. Mekanisme pelaksanaan diawali dengan pemaparan teori sebagai pondasi awal pemahaman materi. Selanjutnya diimplementasikan dengan pendekatan praktis, memberikan peluang bagi peserta untuk langsung mencoba dan berlatih menggunakan platform Canva dalam berbagai konteks pembelajaran. Guru-guru akan diberikan panduan Langkah demi langkah tentang penggunaan fitur-fitur Canva dan strategi desain yang efektif untuk membuat presentasi pembelajaran yang menarik dan relevan bagi siswa. Hasil dari pelatihan ini dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di mana guru dapat mengintegrasikan teknologi dan desain grafis ke dalam metode pembelajaran serta menciptakan suasana pembelajaran yang lebih menyenangkan.
Unduhan
Referensi
Analicia, T., & Yogica, R. (2021). Media Pembelajaran Visual Menggunakan Canva pada Materi Sistem Gerak. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 260–266.
Astuti, D. P., Muslim, A., & Bramasta, D. (2020). Analisis Persiapan Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Di Kelas Iv Sd Negeri Jambu 01. Jurnal Wahana Pendidikan, 7(2), 185–192.
Azis, T. N. (2019). Strategi pembelajaran era digital. The Annual Conference on Islamic Education and Social Science, 1(2), 308–318.
Okra, R., & Novera, Y. (2019). Pengembangan media pembelajaran digital IPA di SMP N 3 Kecamatan Pangkalan. Journal Educative: Journal of Educational Studies, 4(2), 121.
Sari, R. K., Hamzah, I., Wijaya, S. M., & Ikbarfikri, A. M. (2023). Pelatihan Canva sebagai Media Pembelajaran di SMA N 5 Metro. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 4(2), 208–213.
Tambunan, L., & Tambunan, J. (2023). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Matematika Berbantuan Aplikasi Canva pada Materi Grafik Fungsi Eksponen dan Logaritma. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1029–1038.
Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 7(2), 79–85.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Feri Susilawati , Ramadhani, Rachmad Ikhsan, Safwan, Ichsan
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.