Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Pada Guru-guru SMA Negeri 6 Padangsidimpuan Dalam Pengembangan Kompetensi Profesionalisme Guru

Penulis

  • Eni Sumanti Nasution Universitas Graha Nusantara
  • Fauziah Nasution Universitas Graha Nusantara
  • Tinur Rahmawati Harahap Universitas Graha Nusantara
  • Elissa Evawani Tambunan Universitas Graha Nusantara
  • Ali Padang Siregar Universitas Graha Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v2i4.310

Abstrak

Pengabdian masyarakat ini dilakukan sebagai respons terhadap permasalahan yang ditemukan di SMA Negeri 6 Padangsidimpuan, yaitu untuk meningkatkan pengembangan profesionalisme guru. Tujuan dari kegiatan ini adalah pengembangan akademik dan jabatan fungsional guru. Dalam rangka mencapai tujuan tersebut dengan menghasilkan karya ilmiah. Guru-guru mengalami kesulitan dalam menulis karya ilmiah terutama dalam menyusun pendahuluan yang mencakup latar belakang permasalahan, serta metode dan pembahasan yang sesuai dengan penelitian yang mereka lakukan. Oleh karena itu, kegiatan ini bertujuan untuk melatih guru-guru dalam menulis karya ilmiah yang baik dan sesuai dengan standar penelitian. Kegiatan ini dilaksanakan di SMA Negeri 6 Padangsidimpuan dengan dihadiri oleh 30 orang guru. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pelatihan dengan pendekatan kuantitatif untuk mencapai hasil yang optimal. Tahapan kegiatan pengabdian ini dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga analisis. Hasil dari kegiatan pengabdian ini menunjukkan bahwa guru-guru menjadi lebih paham tentang cara menulis karya ilmiah dan mampu menyusunnya sesuai dengan penelitian yang mereka lakukan. Dengan demikian, pengabdian masyarakat ini memberikan manfaat yang signifikan dalam meningkatkan profesionalisme guru dan kemampuan mereka dalam menulis karya ilmiah.

Kata Kunci:

Karya Ilmiah, kompetensi, profesionalisme guru, pelatihan

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Bahri, S. D. (2008). Psikologi Belajar. Rineka Cipta.

Jumono, S., Handayani, S., Abdurrahman, A., & Mala, C. M. F. (2021). PELATIHAN PENYUSUNAN ARTIKEL PUBLIKASI PADA MAHASISWA PERGURUAN TINGGI DI JAKARTA. SEMINAR NASIONAL & CALL OF PAPERS PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT, Jakarta.

Kementerian Pendidikan Nasional. (2010). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2010 Tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Funsional Guru dan Angka Kreditnya.

Kepmendikbud No.02/O/1995. (t.t.). (Juknis Pelaksanaan Angka Kredit Bagi Jabatan Guru,.

SK Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara No. 26/ & MENPAN. (1989). Tentang Angka Kredit bagi Jabatan Guru dalam lingkungan Depdikbud. Kemendikbud.

Soegeng Santoso. (2007). Kiat dan Strategi Menulis Karya Ilmiah. pelatihan penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Dosen-dosen PPSD FIP UNY, Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sugeng. (2010). Pengaruh Pendidikan Dalam Jabatan Dan Kesejahteraan Terhadap Kualitaskinerja Guru Sekolah Dasar [Universitas Pendidikan Indonesia]. http://repository.upi.edu/10064/

Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005. (2005). Tentang Guru dan Dosen. Kloang Klede Putra Timur.

Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003. (2003). Tentang Sistem Pendidikan Nasiona. Departemen Pendidikan Republik Indonesia.

Unduhan

Diterbitkan

07/27/2023

Cara Mengutip

Nasution, E. S., Nasution , F., Harahap, T. R., Tambunan, E. E., & Siregar, A. P. (2023). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Pada Guru-guru SMA Negeri 6 Padangsidimpuan Dalam Pengembangan Kompetensi Profesionalisme Guru. KALANDRA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(4), 145–152. https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v2i4.310

Terbitan

Bagian

Artikel