Sosialisasi Pentingnya Literasi dalam Rangka Mengurangi Penggunaan Gadget pada Anak

Penulis

  • Rini Kesuma Siregar Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan
  • Erni Rawati Sibuea Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan
  • Sri Utami Kholilah Mora Siregar Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan

DOI:

https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v2i3.306

Abstrak

Pembahasan mengenai hubungan antara membaca dengan gadget memiliki pentingnya karena pengaruh gadget terhadap generasi muda saat ini sangat signifikan, terutama dengan adanya teknologi digital. Oleh karena itu, perlu dilakukan metode pendekatan dan komunikasi secara pribadi dengan orangtua dan anak-anak di sekitar kelurahan Padangmatinggi dalam upaya mendidik dan mengarahkan anak-anak sejak dini. Orangtua memiliki peran penting dalam memberikan contoh sikap dan perilaku yang patut dicontoh oleh anak-anak mereka. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menghadapi pengaruh negatif gadget adalah: mendampingi anak, membuat kesepakatan mengenai waktu penggunaan gadget, mengarahkan anak untuk membuka fitur-fitur yang sesuai, memberikan contoh yang baik melalui peran orangtua, dan mengajak anak untuk bermain dan belajar bersama. Penting untuk memberikan pemahaman kepada anak bahwa penggunaan gadget dalam jangka waktu yang lama dapat menimbulkan dampak negatif, seperti masalah kesehatan pada mata dan eksposur terhadap konten yang tidak cocok untuk anak-anak. Orangtua juga harus mendampingi anak saat menggunakan gadget agar waktu yang digunakan sesuai dengan batasan yang telah ditetapkan.

Kata Kunci:

gadget, pendekatan, orangtua

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ahmadi, Farid, Ibda, H. (2019). Konsep dan Aplikasi Literasi Baru di Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0. Pilar Nusantara.

Anggraini, E. (2019). Mengatasi kecanduan gadget pada Anak. Serayu publishing.

Mulyana, D. (2008). Metodologi penelitian kualitatif: Paradigma baru ilmu komunikasi dan ilmu sosial lainnya. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurhakim, S. (2015). Dunia komunikasi dan gadget: Evolusi alat komunikasi, menjelajah jarak dengan gadget. Zikrul Hakim Bestari.

Rizal, C., Rosyidah, U. A., Yusnanto, T., Muh. Rijalul Akbar, L. H., Setiawan, J., Ilham, A., Yunus, R., Anindya Khrisna Wardhani, E. R., Florianus Aloysius Nay, Joseph Dedy Irawan, Y. M., Asari, A., & Novita, Y. (2022). PENGERTIAN LITERASI DIGITAL. Literasi Digital, 1.

Saniyyah, L., Setiawan, D., & Ismaya, E. A. (2021). Dampak penggunaan gadget terhadap perilaku sosial anak di desa jekulo kudus. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2132–2140.

Ulfah, M. (2020). DIGITAL PARENTING: Bagaimana Orang Tua Melindungi Anak-anak dari Bahaya Digital? Edu Publisher.

Unduhan

Diterbitkan

05/23/2023

Cara Mengutip

Siregar, R. K., Sibuea, E. R. ., & Siregar, S. U. K. M. (2023). Sosialisasi Pentingnya Literasi dalam Rangka Mengurangi Penggunaan Gadget pada Anak. KALANDRA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 118–124. https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v2i3.306

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama